21.Nov.2017

Derinkuyu: Kota Bawah Tanah yang Ukurannya Seluas Jakarta!


 

0
0
0

Kota Bawah Tanah Turki - Hai Aladiners! Apa, ya, rasanya ngedekorasi rumah terus tanpa sengaja nemu benda bersejarah? Coba aja tanya sama seorang bapak di Turki yang nemu salah satu KOTA BAWAH TANAH TERBESAR DI DUNIA pas dia lagi dekorasi rumah. Ini beneran, lho, Aladiners. Pas dia lagi ngebobol dinding bawah tanah rumahnya, gak sengaja dia nemuin satu ruangan tersembunyi yang ternyata nyambung sama terowongan yang mengarah ke kota bawah tanah, Derinkuyu.

Sumber gambar: Wikipedia

Semenjak ditemuin sama sang bapak di tahun 1963, hingga sekarang Derinkuyu masih jadi salah satu tempat wisata paling terkenal di daerah Cappadocia, Turki. Gimana enggak, bukan cuma lokasinya aja yang bikin menarik, tapi juga ukurannya. Kota yang diperkirakan udah berdiri sejak era Byzantium di tahun 780 ini disebut-sebut sempat dihuni hingga 20.000 orang. Pintu masuknya aja ada 600, sodara-sodara! Dengan luas 445 km persegi, Derinkuyu ukurannya hampir sama kayak Jakarta (661,5 km persegi).

Sumber gambar: Wikipedia

Berada di kedalaman hingga 18 lantai di bawah tanah, kota yang namanya lumayan imut ini punya fasilitas lengkap buat warga masyarakatnya. Mulai dari dapur, kandang kuda, gudang makanan, pemakaman, gereja, sumur, hingga sekolah semuanya ada di sini. Sama persis lah dengan kota kebanyakan, tapi lokasinya ada di bawah tanah.

Sumber gambar: thepremierdaily.com

Terus apa, ya, tujuannya orang-orang di zaman dulu bikin kota di bawah tanah? Jadi sebelum agama Islam masuk bersamaan dengan invasi Kerajaan Ottoman, Turki dikuasai sama Kekaisaran Byzantium yang beragaman Nasrani. Nah, saat orang-orang Ottoman dateng, warga Byzantium yang beragama Nasrani pergi menjauh dan ngebangun kota ini di bawah tanah, supaya mereka bisa bersembunyi dari serangan orang-orang Ottoman. Setelah perang berakhir, para arkeolog juga berasumsi kalau kota ini masih dipakai sebagai tempat perlindungan masyarakat saat ada bencana. Wah, pinter juga, ya.

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau kamu udah terkesima sama Derinkuyu, ada yang lebih ajaib lagi, Aladiners. Saat satu perumahan kumuh di NevAYehir digusur, ditemuin juga satu terowongan yang mengarah ke kota bawah tanah raksasa tepat di bawah NevAYehir Castle. Kenapa Mister bilang raksasa? Kalau dibandingin sama Derinkuyu, kota yang baru ditemuin ini ukurannya paling enggak 3 KALI lebih gede! Isinya pun masih lumayan lengkap. Ada banyak banget artefak yang ditemuin di sini, kayak piring-piring keramik, salib batu, sampai perlengkapan keseharian orang-orang yang dulu tinggal di sini. Duh, makin bikin pengen traveling ke Turki gak, sih!

Komentar

Tinggalkan Komentar: