14.Jul.2020

Danau Weekuri, Kolam Renang Alami di Pesisir Laut Sumba


Bosan berenang di kolam renang? Mau berenang seru di kolam besar dengan nuansa alam yang nggak ada tandingannya? Kamu bisa nih datang ke Danau Weekuri yang ada di Sumba. Danau rasa kolam renang ini sangat cocok untuk kamu yang mau berenang seru di dekat pantai.

0
0
0

 

10 Tropical Paradises in Sumba for Your Magical Summer - Indonesia ...

Sumber gambar: https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-tropical-paradise-s-in-sumba-for-your-magical-summer

Danau Weekuri merupakan danau air asin, karena airnya berasal dari air laut yang masuk melalui celah-celah batu karang yang ada di sekelilingnya. Wajar saja, soalnya jarak antara Danau Weekuri dengan garis pantai hanya beberapa meter. Kamu pun bisa sekalian menikmati deburan ombak dari bibir batu karang.

Meski lokasinya berdampingan dengan laut, air di Danau Weekuri ini sangat tenang karena ombak dari pantai akan tertahan oleh dinding batu karang gosong yang mengelilingi danau, jadi kamu bakal nyaman banget kalau berenang di sini. Apalagi dengan ukuran danau yang cukup besar dengan panjang 150 meter dan lebar 50 meter. Kamu bebas deh mau berenang di sebelah mana.

 

Weekuri Lake, Sumba | Indonesia, Paradise, Beautiful

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/11751649011485287/

Air di Danau Weekuri ini relatif dangkal, jadi kamu bisa lihat dasar danau tanpa harus menyelam. Tapi di beberapa bagian ada juga yang cukup dalam apalagi kalau air laut sedang pasang. Jadi kamu tetap harus berhati-hati. Khususnya bagi yang tidak bisa berenang. Lebih baik kamu menyewa ban yang disediakan warga setempat dengan tarif Rp10.000 yang bisa dipakai sepuasnya. Tapi kalau kamu jago berenang, kamu wajib nih coba loncat dari platform kayu yang disediakan. Jarak antara papan dengan air hanya 3 meter, jadi cukup amat kalau kamu mau loncat indah.

 

Sumba Island, Indonesia: Best natural hot springs and pools ...

Sumber gambar: https://www.escape.com.au/destinations/asia/move-over-iceland-this-natural-thermal-pool-is-closer-to-home/news-story/a5d9a10118ae7219e87798b75d503d7e

Airnya yang jernih dengan warna hijau tosca akan memanjakan kamu dan meminta kamu berlama-lama di danau ini. Selain berenang, kamu bisa banget hunting foto, karena ada beragam spot foto yang bisa kamu jadikan foreground maupun background foto kamu. Salah satu spot favorit para pengunjung adalah duduk atau berdiri di atas batu karang yang ada di luar pagar kayu. Nantinya akan terlihat landscape Danau Weekuri yang terlihat memanjang. Meski bagus, kamu harus tetap hati-hati ya saat melangkah. Puas berenang dan berfoto kece, kamu juga bisa lho bersantai dengan duduk di ujung tebing batu karang, melihat indahnya panorama laut dengan deburan ombak merdu di sekelilingnya. Cocok juga untuk dijadikan spot foto.

 

Danau Weekuri, Daya Tarik Perpaduan Wisata Alam Dan Bahari ...

Sumber gambar: https://bisniswisata.co.id/danau-weekuri-daya-tarik-perpaduan-wisata-alam-dan-bahari/

Walaupun datang ke tempat ini tidak dipungut biaya masuk, tapi fasilitas di sini sudah cukup memadai, lho. Jembatan kayu, jalan setapak, kayu platform untuk loncat, toilet, tempat bilas, warung, dan penyewaan ban semua bisa kamu nikmati dengan hanya membayar biaya parkir kendaraan. Meski begitu, kamu harus jaga kebersihan sekitar danau ya, biar keindahannya tetap terjaga.

Komentar