15.Jan.2021

Curug Ngebul yang Mantul di Cianjur Selatan


Ngomongin soal curug, Jawa Barat emang nggak ada habisnya. Kali ini Mister akan bahas salah satu curug yang keren di Cianjur. Bahkan saking kerennya, bisa bikin kamu basah walau belum nyebur ke kolam. Namanya Curug Ngebul.

0
0
0

 

Serunya Curug Ngebul

Sumber gambar: https://www.instagram.com/pelangkahkaki/

Nama Curug Ngebul sendiri diambil karena air yang meluncur sangat deras dari atas tebing hingga menimbulkan percikan air atau tampias yang menyerupai asap. Itulah kenapa Mister bilang kamu bisa basah sebelum kamu nyebur ke kolam yang ada di sana.

Curug Ngebul ini sangat indah. Tinggi air terjunnya mencapai 100 meter yang berada di tebing lurus. Sangat menawan, karena tebingnya tak semua tertutup pohon atau lumut sehingga kamu bisa melihat corak tebing yang begitu eksotis. Selain itu, lokasi area curug yang luas membuat kamu lebih leluasa menikmati pemandangan sekitar. Bebatuan besar yang ditumbuhi lumut juga sangat sejuk dilihatnya.

Suasana di sekitar curug masih sangat asri dan hijau. Kamu akan dibuat terpesona degan keindahan pemandangannya, baik di area curug mau pun saat perjalanan menuju curug itu sendiri.  Meski begitu, kamu harus tetap hati-hati. Apalagi jika sudah mendekat ke area curug. Debit air terjun yang sangat deras dari ketinggian membuat batu, tanah, pohon, yang ada di sekitarnya menjadi lembab dan basah.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/zalilashidqy_/

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini bukan cuma menikmati air terjun. Kamu bisa bermain air di sekitar aliran sungai, mendirikan tenda di atas rerumputan hijau dan tentunya berfoto dengan background air terjun Ngebul yang memesona. Kamu juga bisa lho berenang di sekitar kolam. Tapi ingat, bukan di area tepat jatuhnya air terjun ya. Soalnya di area itu cukup berbahaya, debit air yang deras dan cukup dalam membuat titik itu sangat berisiko untuk keselamatan kamu.

Soal fasilitas yang ada di tempat ini juga cukup memadai. Sudah terdapat toilet, area parkir dan juga, spot foto, dan juga saung untuk tempat beristirahat. Fasilitasnya memang belum begitu lengkap, misalnya saja untuk warung. Kamu harus membawa perbekalan sendiri kalau ingin ke sini. Tapi ingat, sampahnya di bawa pulang lagi ya.

 

Lokasi dan Tiket Masuk

Sumber gambar: https://www.instagram.com/amos_pls/

Lokasi Curug Ngebul ini memang cukup jauh. Berada di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Jaraknya sekitar 72 kilometer ke Selatan dari kota Cianjur. Untuk bisa sampai ke Curug Ngebul ini perlu tenaga ekstra. Soalnya akses jalan ketika mendekati lokasi curug cukup menantang. Kamu harus menembus hutan dan jalan yang didominasi tanah. Ukuran jalannya juga tidak terlalu lebar. Mister sarankan agar kamu tidak menggunakan mobil untuk sampai ke sini.

Kalau kamu ingin berkunjung, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang. Sementara untuk jam operasionalnya, curug ini buka setiap hari dari jam 07.00 – 17.00 WIB. Kalau kamu tidak ingin bermalam atau mendirikan tenda, ada baiknya untuk pulang tidak terlalu sore ya karena akses jalan yang masih sulit.

Komentar