Sup Kaledo
11.Sep.2019

Cobain Sup Kaledo, Kuliner Lezat Khas Palu yang Rasanya Super Mantul!


Wisata kuliner di Indonesia emang nggak usah diragukan lagi keragamannya. Setiap kota di Indonesia masing-masing punya kuliner dengan ciri khasnya tersendiri. Hal inilah yang membuat kuliner Indonesia semakin bervariasi.  Dari Sabang sampai Merauke pastinya banyak kuliner yang patut dicoba dan dinikmati siapa pun. Salah satunya, kuliner Kota Palu yang kelezatannya super mantul!

0
0
0

Ngomongin kuliner khas Palu, rasanya kurang lengkap kalo berlibur ke Kota Palu belum nyobain kuliner khas daerah ini yang bernama Kaledo. Kuliner ini mirip dengan sup buntut, bedanya tulangnya berasal dari kaki lembu atau iga sapi khas Donggala, lengkap disajikan dengan bongkahan tulang sapi yang di dalamnya ada sumsum tulang yang melimpah. Rasanya? Beuh! Jangan ditanya, pastinya bakal ngemanjain lidah siapa saja yang mencobanya.

Sup Kaledo

Sumber foto: http://ariffadlillah.com/menikmati-kaledo-santapan-khas-kota-palu/

Kaledo ini merupakan singkatan dari Kaki Lembu Donggala (Donggala, nama Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Palu). Kaledo berasal dari Bahasa Kaili, yakni bahasa penduduk Palu. Ka artinya Keras, dan Ledo artinya Tidak, jadi bisa diartikan “Tidak Keras”.

Dalam proses pembuatannya, daging melalui perebusan yang cukup lama sehingga tekstur dagingnya bisa lebih empuk. Sementara kuahnya, terbuat dari kaldu sup biasa tanpa tambahan santan. Bahan-bahan untuk bumbu kuahnya juga nggak ribet, kok, cuma pakai garam, jeruk nipis, cabai segar dan campuran bawang goreng. Sluurpt! Mister jamin saat kamu menyeruput kuahnya pasti bakalan ketagihan dan gak bisa move on sama rasanya.

Sup Kaledo Bukan Disantap dengan Nasi, Tapi dengan...

Sup Kaledo

Sumber foto: http://traveltodayindonesia.com/kesegaran-kaledo-khas-donggala-yang-diam-diam-melegenda/

Cara menyantap satu porsi sup kaledo ini cukup unik. Sup yang mirip-mirip seperti sup sum-sum ini bisa dinikmati dengan satu piring nasi. Tapi kalo sup kaledo ini justru dikonsumsi dengan singkong atau ubi rebus. Ha? Singkong?! Iya, singkong, gimana rasanya, ya?  Jadi, singkongnya direbus terlebih dahulu biar lebih empuk dan disajikan tanpa tambahan bumbu apapun. Biar lebih nikmat, bisa ditambahkan irisan jeruk nipis dan taburan bawang goreng. Duh, kebayang kan segar dan gurihnya gimana Sup Kaledo ini.

Asal Usul Sup Kaledo

Sup Kaledo

Sumber foto: https://eljohnnews.com/kaledo-sup-kaki-lembu-dan-rempah-khas-sulawesi-tengah/

Menurut masyarakat sekitar, pada zaman dahulu, Sup Kaledo merupakan sajian kehormatan bagi kalangan para bangsawan Palu. Pada jamuan makan yang diselenggarakan, para tamu dibagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan status sosial. Tapi seiring berkembangnya zaman, kuliner satu ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dan mudah ditemui di warung-warung yang ada di Donggala dan sekitarnya.

Kalo sekarang, banyak inovasi baru masakan sup kaledo yang disajikan. Nggak cuma pada campuran bumbu, beberapa warung makan yang menyajikan kaledo malah menghilangkan tulang, yang disebut Kaledo Talang atau tanpa tulang. Rasanya pasti nggak kalah enak, Mister jadi ngiler dan gak sabar pengin cobain Sup Kaledo ini.

Komentar