Chhaupadi: Tradisi yang Mengancam Nyawa Para Wanita di Nepal


Saat modernisasi terus berkembang, kayaknya masih ada aja beberapa daerah di muka bumi yang warganya terisolasi dari dunia luar. Entah karena budaya, atau lokasi geografisnya. Contohnya kayak beberapa desa di kawasan Kanchanpur, Nepal, Aladiners.

0
0
0

Sumber foto: straitstimes.com.sg

Di desa-desa ini ada tradisi yang namanya Chhaupadi. Tradisi yang udah dipegang selama ratusan tahun ini bisa jadi bikin siapa pun yang ngedenger tercengang. Gimana enggak, di desa ini semua wanita yang lagi datang bulan dianggap ngebawa sial. Anggapan inilah yang bikin para wanita yang lagi datang bulan diperlakuin layaknya hewan ternak.

Sumber foto: www.aljazeera.com

Selama periode datang bulan (5 – 10 hari), wanita-wanita desa yang lagi “merah” diharuskan buat tinggal di satu gubuk kecil yang lebih mirip sama kandang sapi atau kambing. Beberapa di antara mereka malah beneran disuruh tidur sama keluarga mereka di kandang ternak. Ada beberapa peraturan yang harus mereka ikuti selama masa pengasingan ini. Beberapa di antaranya adalah gak diperbolehkannya mereka menggunakan selimut penghangat, kecuali yang berukuran kecil. Udara dingin? Mereka harus tahan!

Sumber foto: www.cnn.com

Selain sama sekali gak boleh keluar atau menampakan diri di luar gubuk, mereka juga gak boleh makan makanan yang bergizi. Alasannya adalah karena warga desa yang lain takut “kesialan” yang wanita-wanita ini bawa terus nempel sama makanan-makanan yang mereka konsumsi. Coba bayangin, deh, selama 5 – 10 hari, para wanita ini cuma diperbolehkan buat makan nasi sama garam. Duh, parah banget ini, sih!

Sumber foto: nationalgeographic.co.id

Karena praktik gak lazim yang lebih mirip jadi ajang penyiksaan ini, udah gak terhitung berapa banyak wanita yang jadi korban jiwa Chhaupadi. Bulan Juli tahun 2016 lalu bahkan ada 4 orang yang meninggal karena digigit ular, kedinginan, serangan jantung, dan menghirup asap dari api pembakaran di dalam gubuk untuk menghangatkan diri. Ngeliat bahaya yang ditimbulkan tradisi ini, pemerintah Nepal pun mutusin buat mengilegalkan Chhaupadi. Peraturan ini bakal dijalankan mulai Agustus 2018, dan siapa pun yang ngelanggar bakal didenda dengan uang setara USD 30 atau kurungan penjara selama 3 bulan. Menurut kamu, hukuman ini bakal mencegah mereka buat ngelakuin Chhaupadi lagi gak, Aladiners?

Komentar

Tinggalkan Komentar: