02.Oct.2018

Cerita Unik tentang Asal Muasal Nama Kota Besar di Dunia


Kalau lagi jalan-jalan ke suatu kota, pernah kepikiran gak tentang asal muasal nama kota itu? Kenapa Hong Kong namanya Hong Kong? Kenapa Kuala Lumpur, bukan Kuala Tanah? Apa arti dari Jakarta? Kalau kamu gak penasaran, yuk Mister bikin kepo dengan cerita unik tentang sejarah nama kota-kota besar dunia ini!

0
0
0

1. Hong Kong

sumber foto: pexels.com

Asal muasal nama kota “Hong Kong” ternyata dari penyebutan “pelabuhan yang harum” dalam bahasa Kanton. Kok, bisa? Emangnya kota ini wangi? Rupanya ini gara-gara dulu peran Hong Kong sebagai pelabuhan tempat mengekspor kayu gaharu yang jadi bahan baku parfum atau penambah aroma wine. Hmmm… masuk akal.

2. Chicago

sumber foto: pexels.com

Nama Chicago rupanya udah tua banget, udah ada sejak jaman suku Indian masih jadi tuan rumah di tanah mereka sendiri sebelum dijajah kulit putih. Chicago punya arti “bawang putih liar”. Dinamain demikian karena dulunya Chicago berupa tanah subur yang banyak ditumbuhi bawang merah dan putih.

3. Bangkok

sumber foto: pexels.com

Awalnya, Bangkok punya nama yang panjangnya luaaaarrrr biasa. Dulu, Raja Rama I menamai kota ini “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit”.

Mabok bacanya? Padahal makna sebenernya bagus banget, lho:

“Kota para bidadari, kota agung, tempat bersemayamnya Buddha Zamrud, kota Dewa Indra yang tak tertembus, ibu kota dunia yang diberkati sembilan permata berharga, kota kebahagiaan, berkelimpahan dalam Istana Kerajaan yang menyerupai surga yang menaungi para dewa yang bereinkarnasi, sebuah kota yang dianugerahi oleh Indra dan dibangun oleh Vishnukarn”.

Akhirnya, orang lokal sepakat menyingkatnya jadi “Krung Thep”  dan orang Barat ngasih nama “Bangkok” yang berarti “desa plum liar”. Desa plum liar ini mengacu ke ibu kota Thailand pertama, yaitu di sebelah barat Sungai Chao Phraya.

4. Rio de Janeiro

sumber foto: pexels.com

Rio de Janeiro berarti “Sungai Januari”. Nama ini dikasih sama penjelajah dari Portugal setelah mereka menemukan Tanjung Guanabara di bulan Januari. Padahal, sungai yang mereka kira ada sebenernya gak ada! Tanjung tersebut mereka kira adalah muara dari sungai raksasa.

5. London

sumber foto: pexels.com

Menurut cerita, asal muasal nama kota “London” berasal dari orang-orang Roma yang dateng ke kota ini di abad 43. Mereka menamainya “Lond”,  yaitu “liar” dalam bahasa Celtic. Cerita ini berbeda sama versi kebanyakan orang yang ngira kalau nama “London” berasal dari seseorang yang disebut “Raja Lud”.

6. Sydney

sumber foto: pexels.com

Mungkin kota inilah yang dinamainnya paling ngasal. Jadi, dulu di tahun 1788, Kapten Arthur Phillip nemuin sumber air bersih di gua yang gak jauh dari Port Jackson (Sydney Harbour jaman sekarang). Akhirnya, dia menamai tempat ini sesuai nama sekretaris negara, yaitu Lord Sydney. Kocaknya lagi, Lord Sydney ini bahkan gak pernah ke Australia!

7. Moskwa

sumber foto: pexels.com

Sesuai karakter orang Rusia yang cenderung straightforward dan gak puitis, nama Moskwa berasal dari Sungai Moscva yang jadi lokasi ibu kota Rusia ini. Nama Moscva sendiri dipercaya dari bahasa Finlandia – Ugric yang berarti sungai sapi, beruang, atau kegelapan; tiga kata yang bisa menggambarkan kondisi di Rusia dengan tepat.

Selain itu, ada juga yang berpendapat kalau kata Moscva berasal dari bahasa Slavik yang berarti “sungai rawa”.

8. Roma

sumber foto: pexels.com

Dari semua kota yang udah dijelasin sebelumnya, Roma adalah satu-satunya kota yang dinamain dari cerita legenda. Dahulu kala, ada dua anak kembar bernama Romulus dan Remus. Mereka adalah putra dari Dewa Perang Roma, Mars, yang diculik dan dibuang di Sungai Tiber. Gak lama setelah ditelantarin, ada serigala betina yang menyelamatkan dan akhirnya mengasuh mereka. Setelah besar, mereka dapet perintah buat ngebangun kota di tempat di mana mereka diselamatkan. Jadilah Roma!

Baca juga: Apa Rasanya Tinggal di Monowi, Kota Paling Sepi di Dunia?

Komentar