22.Mar.2017

Cerita di Balik Balut, Makanan Khas Filipina yang Bikin Geli


Balut? Bukannya itu sejenis ikan panjang yang uget-uget dan susah ditangkep karena licin?

0
0
0

ITU BELUT, SODARA-SODARA!

sumber foto:A�cnn.com

Buat kamu yang belom tahu, bersiaplah mual-mual lucu begitu Mister ceritain kayak apa makanan yang populer banget di Filipina ini. Jadi, balut adalah telur yang berisi embrio bebek/ayam berumur sekitar 18-21 hari. Makanan yang konon berasal dari China dan dikenal dengan sebutan maodan ini sering dijual sama pedagang kaki lima. Sebelum bisa dicemil santai layaknya kacang goreng di Indonesia, telur harus direbus terlebih dahulu selama 20 menit. Tentu aja embrio di dalemnya direbus dalam keadaan hidup-hidup!

sumber foto:A�freerepublic.com

Rupanya, orang Filipina sendiri benci-benci cinta sama balut. Ada yang suka banget, ada yang gak mau nyentuh. Makanan yang dipercaya jadi obat kuat karena mengandung protein tinggi ini biasanya udah diperkenalkan sejak kecil. Anak-anak sekolah di Filipina yang ngelakuin penelitian biologi biasanya menggunakan balut buat mengamati anatomi unggas. Nanti, begitu jam pelajaran selesai, bapak/ibu guru bakal nyuruh murid buat makan balut supaya gak mubazir. Bahkan, kalau ada murid yang nolak, bisa-bisa nilai mereka bakal dikurangin. Hmmma�� gak heran kalau semua orang Filipina pernah ngerasain makanan ini!

sumber foto:A�cnn.com

Cara makan balut pun bisa macem-macem sesuai selera. Bingung gimana mulai makannya? Simple banget, kok! Pertama-tama, pecahin bagian atas telur, terus seruput deh cairan yang ada di dalemnya. Kalau udah, lanjut kupas hingga setengah bagian, terus gigit, deh, bagian kuning telurnya. Agak keras, ya, gigitnya. Soalnya ada tulang, paruh, dan bola mata yang harus kamu kunyah! Nah, selain bisa dimakan gitu aja, kamu juga bisa juga tambahin cuka, cabe, atau garam sedikit supaya makin asem-asem pedes gurih.

sumber foto:A�travelchannel.com

Lalu, kapan balut dimakan? Jawabannya: bebas, suka-suka kamu! Orang Filipina pasti ngemil berbutir-butir (atau berekor-ekor?) balut pas lagi ngumpul bareng keluarga besar. Para pasangan yang lagi kencan juga suka duduk di tepi jalan sambil makan malem romantis menu balut. Bahkan, ada juga orang-orang yang makan ini dalem bioskop sebagai pengganti popcorn! Kata mereka, sih, lebih enak makan balut pas gelap-gelap gitu. Soalnya, mereka gak harus ngeliat bentuknya, cukup nikmatin rasanya.

Komentar