13.Dec.2018

Cerita di Balik Angka-angka Paling Sial di Dunia


Katanya, angka itu bagian dari sains yang sifatnya logis. Meskipun begitu, banyak budaya di dunia yang percaya beberapa angka mendatangkan kesialan dalam hidup. Apa aja yang termasuk angka-angka paling sial di dunia? Nih, simak baik-baik, ya!

0
0
0

1. Angka 4

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Packers_retired_number_4_green.svg

Kalau kamu perhatiin, beberapa kantor dan mall ada yang gak punya lantai 4. Dari lantai 1, 2, 3, mereka langsung lompat ke lantai 5 atau 3A. Nah, kalau kamu ketemu yang kayak begini, berarti si empunya gedung percaya sama mitos kesialan angka 4. Menurut kebudayaan Tiongkok, Jepang, dan negara Asia Timur lainnya, angka 4 sial banget karena pengucapannya mirip sama kata yang bermakna “kematian”. Makanya, daripada terjadi hal yang gak diinginkan, sekalian aja menghilangkan angka 4 dari tempat usaha mereka.

2. Angka 9

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Kijkwijzer_9.png

Selain 4, orang Jepang juga paling anti sama angka 9. Penyebutannya yang berbunyi “Ku” mirip sama kata dalam bahasa mereka juga yang berarti “penderitaan” atau “penyiksaan”. Wah, kalau sampai ada nomor ponsel atau plat kendaraan yang mengandung angka 49, bisa dibayangin betapa merindingnya orang Jepang!

3. Angka 8

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Huit.svg

Bagi orang-orang Tiongkok, angka 8 adalah angka terbaik yang pernah ada. Bentuknya yang gak terputus jadi lambang harapan supaya keberuntungan dan kemakmuran terus menghampiri. Anehnya, orang India punya pendapat terbalik soal angka ini. Mereka menganggap angka 8 bisa mengakibatkan timbulnya konflik dan perpisahan. Selain itu, menurut catatan sejarah mereka, banyak bencana alam seperti tsunami juga gempa bumi, dan serangan terori terjadi di tanggal 8. Wah, ngeri!

4. Angka 7

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Classic_alphabet_numbers_7_at_coloring-pages-for-kids-boys-dotcom.svg

Orang Barat boleh punya ungkapan “Lucky Seven” karena menganggap angka 7 bawa hoki. Tapi, begitu kamu main ke Tiongkok, Thailand, atau Vietnam, orang-orang sana justru ogah berurusan sama angka ini. Apa alasannya? Rupanya, dalam budaya mereka, bulan ketujuh adalah bulan saat gerbang neraka dibuka dan para setan bisa berkunjung ke dunia manusia. Hiiii!

5. Angka 17

sumber foto: pixabay.com

Buat banyak orang, terutama cewek, angka 17 justru ditunggu karena itu berarti ultah “sweet seventeen”. Di umur ini para remaja bisa ngerasain banyak hal baru yang lebih dewasa (ehem). Sayangnya,  #17    In Italy the number 17 is seen by some as unlucky. The reason for this is that the Roman numerals for 17 are XVII and when these are rearranged they spell VIXI which means ‘my life is over’ when translated from Latin.

6. Angka 39

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:39_white,_blue_rounded_rectangle.png

Kalau di Jepang, 39 bisa dibaca “sankyuu” yang berarti “terima kasih”. Nah, kalau di Afghanistan, 39 dibaca “morda gow” yang berarti “sapi mati”. Hmmm, oke, tapi kenapa sapi mati jadi bawa sial? Rupanya, sapi mati adalah bahasa slang dari “pelacur”. Inilah sebabnya kenapa orang Afghanistan sebel sama angka 39, smpai-sampai mobil atau rumah bernomor 39 susah terjual.

7. Angka 13

sumber foto: pixabay.com

Nah, kalau angka ini Mister yakin udah banyak yang tahu. Banyak banget negara di dunia yang anti sama angka 13. Ada teori yang bilang kalau kesialan angka ini berkaitan sama agama dan sejarah. Sebagai contoh, peristiwa Perjamuan Terakhir dihadiri 13 orang dan Yudas yang mengkhianati Yesus Kristus duduk di urutan ke-13. Terus, di tanggal 13 Oktober 1307, Raja Philip dari Prancis menangkap dan menyiksa para Ksatrian Templar. Inilah yang bikin angka 13 meninggalkan kenangan buruk buat banyak orang.

Ada satu lagi! Kesialan angka 13 konon jadi berlipat ganda kalau dia adalah tanggal yang jatuh di hari Jumat alias “Friday the 13th”. Banyak orang percaya di hari ini bakal ada banyak kejadian aneh yang gak mengenakkan, mulai dari kepeleset sampai mati mengenaskan.

8. Angka 666

sumber foto: id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:666.svg

Sama kayak angka 13, 666 juga dipercaya sebagai angka yang “iblis” banget. Banyak band metal dan film-film horor pakai angka ini buat maksimalin efek serem dan garang. Kengerian angka ini katanya sih bersumber dari Alkitab, tapi ada anggapan kalau angka sial yang sebenernya adalah 616, bukan 666.

Komentar