13.Dec.2018

Cerita di Balik Angka-angka Paling Sial di Dunia


Katanya, angka itu bagian dari sains yang sifatnya logis. Meskipun begitu, banyak budaya di dunia yang percaya beberapa angka mendatangkan kesialan dalam hidup. Apa aja yang termasuk angka-angka paling sial di dunia? Nih, simak baik-baik, ya!

0
0
0

1. Angka 4

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Packers_retired_number_4_green.svg

Kalau kamu perhatiin, beberapa kantor dan mal gak punya lantai 4. Dari lantai 1, 2, 3, langsung lompat ke lantai 5 atau 3A. Nah, kalau kamu ketemu yang kayak begini, berarti si empunya gedung percaya dengan mitos kesialan angka 4. Menurut kebudayaan Tiongkok, Jepang, dan negara Asia Timur lainnya, angka 4 sial banget karena pengucapannya, si (China) atau shi (Jepang), mirip dengan kata yang bermakna kematian. Makanya, daripada terjadi hal yang gak diinginkan, sekalian aja menghilangkan angka 4 dari tempat usaha mereka.

2. Angka 9

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Kijkwijzer_9.png

Selain 4, orang Jepang juga paling anti dengan angka 9. Penyebutannya yang berbunyi ku mirip dengan kata dalam bahasa mereka juga yang berarti penderitaan atau penyiksaan. Wah, kalau sampai ada orang Jepang yang nomor ponsel atau pelat kendaraannya mengandung angka 4 atau 9, bisa dibayangin betapa merindingnya mereka!

3. Angka 8

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Huit.svg

Bagi orang-orang Tiongkok, angka 8 adalah angka terbaik yang pernah ada. Bentuknya yang gak terputus jadi lambang harapan supaya keberuntungan dan kemakmuran terus menghampiri. Anehnya, orang India punya pendapat terbalik soal angka ini. Mereka menganggap angka 8 bisa mengakibatkan konflik dan perpisahan. Selain itu, menurut catatan sejarah mereka, banyak bencana alam dan serangan teroris yang terjadi di tanggal 8. Wah, ngeri!

4. Angka 7

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Classic_alphabet_numbers_7_at_coloring-pages-for-kids-boys-dotcom.svg

Orang Barat boleh punya ungkapan lucky seven karena menganggap angka 7 membawa hoki. Tapi, begitu kamu main ke Tiongkok, Thailand, atau Vietnam, orang-orang sana justru ogah berurusan dengan angka ini. Apa alasannya? Rupanya, dalam budaya mereka, bulan ketujuh adalah bulan saat gerbang neraka dibuka dan para setan bisa berkunjung ke dunia manusia. Hiiii!

5. Angka 17

sumber foto: pixabay.com

Buat banyak orang, terutama cewek, angka 17 justru ditunggu karena itu berarti perayaan ulang tahun “sweet seventeen”. Di umur ini, para remaja bisa ngerasain banyak hal baru yang lebih dewasa (ehem). Namun, bagi warga Italia, angka 17 dianggap sebagai angka sial. Dalam penulisan Romawi, 17 ditulis XVII. Jika angka Romawi tersebut diutak-atik, maka bisa menjadi VIXI. Dalam bahasa Romawi, VIXI berarti my live is over atau hidupku berakhir.

6. Angka 39

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:39_white,_blue_rounded_rectangle.png

Di Jepang, 39 bisa dibaca sankyuu yang berarti terima kasih. Nah, kalau di Afghanistan, 39 dibaca morda gow yang berarti sapi mati. Hmmm, oke, tapi kenapa sapi mati jadi bawa sial? Rupanya, sapi mati adalah bahasa slang dari pelacur. Inilah sebabnya kenapa orang Afghanistan sebel dengab angka 39, sampai-sampai mobil atau rumah bernomor 39 susah terjual.

7. Angka 13

sumber foto: pixabay.com

Nah, kalau angka ini Mister yakin udah banyak yang tahu. Banyak banget negara di dunia yang anti dengan angka 13. Ada teori yang bilang bahwa kesialan angka ini berkaitan dengan agama dan sejarah. Sebagai contoh, peristiwa perjamuan terakhir dihadiri 13 orang dan Yudas yang mengkhianati Yesus duduk di urutan ke-13. Terus, di tanggal 13 Oktober 1307, Raja Philip dari Prancis menangkap dan menyiksa para Ksatrian Templar. Inilah yang bikin angka 13 meninggalkan kenangan buruk buat banyak orang.

Ada satu lagi! Kesialan angka 13 konon jadi berlipat ganda kalau dia adalah tanggal yang jatuh di hari Jumat alias Friday the 13th. Banyak orang percaya, di hari tersebut bakal ada banyak kejadian aneh yang gak mengenakkan, mulai dari kepeleset sampai mati mengenaskan.

8. Angka 666

sumber foto: id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:666.svg

Sama kayak angka 13, angka 666 juga dipercaya sebagai angka yang iblis banget. Banyak band metal dan film horor pakai angka ini buat maksimalin efek serem dan garang. Kengerian angka ini katanya sih bersumber dari Alkitab, tapi ada anggapan kalau angka sial yang sebenernya adalah 616, bukan 666.

Komentar