Assalamualaikum! Mampir ke 5 Restoran Halal di Bangkok Ini, Yuk!


Aladiners, lagi melancong ke Bangkok? Pasti salah satu agenda kamu adalah berburu kuliner khas Thailand yang pedas dan asamnya bikin ketagihan itu, ya? Berhubung mayoritas penduduk Thailand beragama Buddha, menemukan makanan halal di Bangkok termasuk perkara yang susah-susah gampang. Bahkan, roti isi tuna atau sayuran di minimarket belum tentu halal, lho. Selain  itu, keterangan kandungan di pembungkus makanannya ditulis dalam aksara Thai yang meliuk-liuk. Harus tanya ke pegawai tokonya dulu, deh.

0
0
1

Tapiii… bukan berarti kamu harus bawa berkarung-karung makanan dari Indonesia atau nahan laper sampe pulang ke Indonesia lagi. Dengan rekomendasi dari Mister Aladin ini, kamu dijamin bisa wisata kuliner di Bangkok tanpa mengkhawatirkan kehalalan makanannya!

1. Al Hilal

37/4 Moo 12, Krungthep Kreetha Frontage Road, Saphan Sung Subdistrict, Saphan Sung District., Bangkok

ala hilal 2

Berjarak 15 menit naik mobil dari Bandara Suvarnabhumi, restoran besar ini udah terkenal di kalangan para turis muslim yang pelesiran di Bangkok. Begitu masuk, suasana Islami sudah terasa karena semua pelayannya berjilbab. Menu di sini kebanyakan seafood dan makanan khas Thailand seperti tom yam, tanpa unsur babi tentunya! Selain itu, porsi makanan di sini juga cukup besar, cocok untuk tempat makan bareng teman atau keluarga.

2. Penjual kaki lima di Ratchadamri

[caption id="attachment_2455" align="alignnone" width="700"]sumber: http://www.wiranurmansyah.com sumber: http://www.wiranurmansyah.com[/caption]

Harus ke restoran banget nih baru bisa ketemu makanan halal? Gimana kalo lagi pengin nikmatin makan murah di pinggir jalan? Bisa, kok! Mampir aja ke Ratchadamri road. Tinggal naik BTS dan turun di stasun Ratchadamri.

[caption id="attachment_2456" align="alignnone" width="700"]sumber: http://www.wiranurmansyah.com sumber: http://www.wiranurmansyah.com[/caption]

Kawasan ini memang terkenal sebagai pusat bisnis dan pusat perbelanjaan kalangan atas, tapi ternyata ada banyak penjual kaki lima bertebaran di sini yang menyediakan makanan halal! Ada gerobak-gerobak berlabel halal di sekitar minimarket 7-11. Ini namanya makan kaki lima di kawasan bintang lima!

3. Saman Islam di Pasar Chatuchak

Soi 7 Chatuchak Weekend Market, Project 16, Kamphaeng Phet 2 Road, Lat Yao Subdistrict, Chatuchak District, Bangkok

saman islam 1

Lapar abis belanja di pasar Chatuchak? Isi perutnya ya di Saman Islam. Berhubung pasarnya sendiri cuma buka di hari Sabtu dan Minggu, restoran ini juga ikut buka weekend aja. Cari restoran ini gampang, kok! Tinggal cari section 16 tempat jam antik, masuk ke lorong di sana, nyampe deh. Semua makanan khas Asia dijual di sini.

saman islam 2

Makanan khas Thailand kayak tom yum dan nasi briyani juga tersedia. Buat turis asing, mesen makanan di sini tidak perlu pakai bahasa tarzan karena di dinding terpampang gambar-gambar makanan disertai nomor kodenya. Tinggal tunjuk bisa langsung menyantap!

4. Sara Halal Restaurant

Nuovo City Hotel, Samsen Rd, Soi 2 Banglamphu, Pranakorn, Bangkok 10200.

sara halal 2

Lagi keliling di Khao San Road yang termahsyur banget itu? Mampirlah untuk icip-icip makanan di Sara Halal Restaurant. Tempat ini cocok kalau kamu lagi pengin makan halal dengan standar pelayanan premium. Pemiliknya juga beragama Islam, udah dapet sertifikat CICOT pula. Sebagai informasi, CICOT singkatan dari The Central Islamic Committee of Thailand. Jadi, sudah pasti kehalalannya terjamin.

sara halal 1

Menu di sini pun beragam, mau makanan Barat maupun Asia, semua bisa dipesan. Kalau mau nyobain menu andalan di sini, cobain Pad Thai-nya, ya! Bukan cuma rasanya, tapi tampilannya juga dibikin cantik. Lebih enak lagi, pemesanan a la carte-nya tersedia 24 jam, jadi aman buat yang suka laper tengah malem.

5. Farida Fatornee, Muslim Food di Ratchathewi

Petchaburi Soi 7, naik BTS turun di stasiun Ratchatewi 

[caption id="attachment_2454" align="alignnone" width="1200"]sumber: http://www.wiranurmansyah.com sumber: http://www.wiranurmansyah.com[/caption]

Buat kamu yang lagi mengunjungi Museum Madam Tussaud di Bangkok, tidak jauh dari sana ada restoran halal bernama Farida Fatornee. Restoran yang bisa dicapai dengan menyeberang dari stasiun Ratchatewi ini paling rame di antara restoran-restoran halal lainnya di wilayah ini.

ratchathewi 2

Menurut pengakuan sang penjual, orang kedutaan besar Indonesia sering makan di sini. Harga makanannya juga tidak terlalu mahal, cukup sediain 50 – 80 baht untuk menikmati makanan khas Thailand dengan rasa yang memuaskan!

 

Sedikit tips dari Mister Aladin, tidak ada salahnya kamu bawa kertas bertuliskan ฉันไม่กินหมู (dibaca “Mai Ao Muu Khaa”) untuk ditunjukkan ke penjual makanan di Bangkok. Arti tulisan ini adalah “saya tidak makan babi.” Untuk kamu yang cowok, “khaa”-nya diganti “kaap”, ya!

Komentar

wah, bangkok memang membuat ingin kesana, sesekali saya recomended untuk kesana yaa minimal bawa guide yaa

Tinggalkan Komentar: