Cara unik merayakan ulang tahun - cake smashing di AS
17.Jun.2019

6 Negara Ini Punya Cara Unik buat Merayakan Ulang Tahun


Happy birthday to you. Happy birthday to you. Happy birthday, happy birthday. Happy birthday to you. Buat yang hari ini sedang berulang tahun, selamat ulang tahun dan semoga panjang umur! Momen merayakan ulang tahun selalu menjadi momen yang berkesan. Apalagi, kalau dapet kado dari orang terkasih. Ngomongin tentang ulang tahun, ternyata ada, lho, cara-cara unik buat merayakan ulang tahun, seperti yang dilakukan warga di 6 negara di bawah ini.

0
0
0

1. Italia – Jewer Telinga

Sumber: https://www.123rf.com/photo_27350251_young-girl-being-punished-with-ear-pulling.html

Idih, kasihan banget, ya, orang Italia yang lagi berulang tahun. Bayangin aja, telinganya bakal dijewer. Weh, pasti sakit banget. Tambah sakit lagi karena jumlah jewerannya sesuai dengan usia. Jadi, semakin tua usia seseorang, semakin banyak jeweran yang bakal ia terima. Pulang-pulang bisa merah-merah semua, tuh, ya, telinganya. Untung aja di Indonesia gak kayak gini.

2.  Amerika Serikat – Cake Smashing

Cara unik merayakan ulang tahun - cake smashing di AS

Sumber: http://www.sischem.co.uk/cake-smash-glasgow-celebrate-babys-first-birthday/

Siapa, sih, yang nggak seneng kalau pas lagi berulang tahun dibawain birthday cake alias kue ulang tahun? Biasanya, setelah niup lilin di atas kue, kue tersebut dibagi-bagikan dan dimakan bareng. Nah, apa jadinya kalau kue itu malah dihancurin? Itulah yang terjadi di negeri Paman Sam (AS) ketika warganya berulang tahun.

Kue ulang tahun yang diberikan wajib di-smash alias dihancurin oleh orang yang lagi berulang tahun. Yah, sayang banget, ya? Dihancurinnya gak boleh setengah-setengah, melainkan sampai hancur berantakan. Terus, orang yang lagi berulang tahun wajib makan kue yang udah hancur lebur itu. Hmmmmm……

3. Meksiko – Pukul Pinata

Sumber: https://www.dailytelegraph.com.au/newslocal/inner-west/pinatas-are-the-new-childrens-birthday-party-staple/news-story/49f69630d36b8f9e50c9f51439830964

Pukul, pukul, dan pukul, lalu tadaa ada banyak hadiah keluar. Perayaan ulang tahun di Meksiko dengan pinata biasanya ditujukan untuk anak-anak. Pinata adalah sebuah wadah – biasanya berbentuk binatang – yang bagian luarnya dilapisi kertas warna-warni dan di dalamnya berisi permen dan mainan.

Pinata digantung di tempat tinggi. Anak diberi pemukul dan berusaha untuk memecahkan pinata itu. Anak yang nggak bertugas memukul akan memberi semangat dengan berteriak, “Dale dale dale”. Dale berarti pukul. Begitu pinata terbuka, anak-anak akan berebut mengambil permen dan mainan dari dalamnya.

Perayaan ulang tahun dengan pinata tersebut bermula dari tradisi nenek moyang orang Meksiko, suku Aztek yang memasang kuali pada tiang di kuil dan mengisinya dengan barang berharga berukuran mini. Itu sebagai bentuk perayaan hari ulang tahun Huitzilopochtli, dewa perang dan matahari. Kuali tersebut lantas dipecahkan dengan tongkat. Barang-barang yang keluar dari dalamnya kemudian dijadikan persembahan untuk sang dewa.

4. India – Potong Rambut

Sumber: https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/10-alasan-untuk-tak-ragu-memotong-rambut (diambil dari Compare License Options/Shutterstock)

Rambut baru, jiwa baru. Begitulah keyakinan masyarakat India. Oleh karenanya, setiap kali ada yang berulang tahun, orang tersebut akan memotong rambutnya sebagai pertanda lahirnya jiwa baru. Pernah denger istilah potong rambut berarti buang sial? Di masyarakat India, potong rambut juga diyakini untuk membuang roh-roh jahat. Kalo gini ceritanya, salon-salon bisa panen rejeki, dong, ya.

5. China – Makan Mie Tanpa Putus

Sumber: https://pingpoint.co.id/berita/ini-8-makanan-yang-wajib-dicicipi-saat-imlek/

Bagi kamu, mungkin, mie adalah makanan yang biasa aja. Namun, bagi masyarakat Tionghoa, mie adalah makanan spesial yang jadi suguhan wajib saat perayaan ulang tahun. Bentuk mie yang memanjang menyimbolkan umur yang panjang. Dengan memakan mie, diharapkan, orang yang berulang tahun akan beroleh umur panjang. Berkaitan dengan filosofi tersebut, mie harus dimakan sampai ujung tanpa putus sama sekali. Jadi, gak boleh terputus di tengah-tengah.

6. Vietnam – Berbarengan dengan Perayaan Tahun Baru

Cara unik merayakan ulang tahun - berbarengan dengan tahun baru di Vietnam

Sumber: https://ip.com/blog/invention-story-fireworks/

Di Vietnam, perayaan tahun baru jadi lebih meriah karena saat itu orang-orang sekaligus merayakan pertambahan umur mereka. Kok bisa? Warga Vietnam kurang mempedulikan tanggal dan bulan kelahiran. Bagi mereka, yang lebih penting adalah tahun kelahiran. Jadi, mereka merayakan ulang tahun berbarengan dengan perayaan tahun baru. Ya, bisa dibilang seperti perayaan ulang tahun massal gitu. Biasanya, nih, para orangtua akan membagikan amplop merah berisi uang sebagai hadiah ulang tahun untuk anak-anak mereka.

Komentar