06.Jul.2021

Cara Memilih Hewan Kurban yang Tepat Sesuai Syarat


Perayaan Iduladha tinggal beberapa hari lagi. Meski masih dalam keadaan pandemi seperti sekarang, beberapa lapak di pinggir jalan mulai menjajakan hewannya. Bagi sebagian besar umat muslim, perayaan Lebaran Haji akan terasa kurang jika belum berkurban. Nah bagi kamu yang ingin melaksanakan kurban tahun ini tapi bingung bagaimana memilih hewannya, berikut ini Mister kasih tahu beberapa syarat dan cara memilih hewan kurban yang tepat.

0
0
0

 

1. Hewan Ternak

Hewan yang diperbolehkan untuk dijadikan kurban adalah jenis hewan ternak seperti kambing, domba, sapi, kerbau dan unta. Jadi jika kamu ingin berkurban pilihlah hewan ternak tersebut. Sementara untuk jenis kelamin, kamu bisa bebas memilih jantan atau betina karena tidak disebut secara spesifik jenis kelamin yang disyaratkan dalam Alquran maupun hadis.

2. Hewan yang Cukup Umur

Saat memilih hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban, pastikan umur hewan yang dipilih sudah cukup umurnya. Jika kamu memilih unta untuk berkurban, maka usia minimalnya adalah 5 tahun, sapi minimal 2 tahun, domba minimal 1 tahun, dan kambing minimal 1 tahun. Hewan yang cukup umur ini ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Jadi kalau kamu nggak tahu berapa umur hewan, kamu bisa cek gigi tetapnya.

3. Hewan Kurban Harus Sehat

Memilih hewan kurban berarti memilih hewan terbaik untuk diberikan kepada orang lain. Untuk itu, kamu harus memilih hewan yang kondisinya sehat dan tidak memiliki cacat atau penyakit lain. Kamu bisa melakukan pengecekan terhadap hewan yang akan kamu pilih. Mulai dari berat tubuh yang ideal, tidak pindang, tanduk seimbang, mata cerah, bersih, tulang punggung rata dan lainnya.

4. Kepemilikan hewan

Hewan yang akan dijadikan kurban harus jelas kepemilikannya. Hewan kurban haruslah milik sendiri baik dari hasil ternak sendiri atau melalui proses jual-beli yang sah. Jika hewan kurban yang dipilih berasal dari hasil mencuri dan sebagainya, maka kurban tidak sah.

 

Jika sudah paham bagaimana cara memilih hewan kurban yang tepat, sekarang waktunya kamu datang ke tempat penjual hewan kurban. Pastikan hewan yang dijual bukan berasal dari daerah yang berbahaya seperti tempat pembuangan sampah. Jika seperti itu, maka akan mempengaruhi kualitas daging dan kesehatan hewan itu sendiri.

Berhubung sekarang sedang diberlakukan PPKM untuk wilayah Jawa-Bali, ada baiknya kamu tetap di rumah aja ya. Kamu masih bisa membeli hewan kurban yang berkualitas cukup dari rumah karena sekarang hewan kurban tersedia di AladinMall. Selain pilihan hewan yang beragam dan berkualitas, kamu juga bisa lebih hemat karena gratis ongkir. Jadi tunggu apa lagi? Nggak ada alasan buat nggak kurban, kan. Selamat berkurban, ya! 

Komentar