17.Jun.2015

Penampakan Cahaya Surga di Gua Grubug Jogja


Pariwisata di Jogja memang nggak ada matinya! Mulai dari keraton, candi-candi bersejarah, hingga wisata alamnya, semua bikin kota ini menjadi tempat liburan favorit. Kalau udah jauh-jauh ke Jogja, jangan cuma berkutat di tengah kota, dong. Ada banyak tempat menarik kalau kamu mau sedikit repot berkendara beberapa jam ke daerah sekitar. Gua Grubug, misalnya.

0
0
0

Pernah ke Gunung Kidul? Salah satu kabupaten di Jogja itu terkenal dengan pantainya yang cantik banget, nggak kalah dengan pantai di Bali atau di Lombok. Tapi, bukan cuma pantai yang ada di sana. Gunung Kidul juga punya ratusan gua! Gua Grubug merupakan salah satu yang paling terkenal.

Apa, sih yang menarik dari Gua Grubug? Cahaya surganya. Hah, surga? Coba saja kamu lihat gambar di atas. Sinar matahari yang masuk dari mulut gua vertikal ini indah banget, kan? Yup, mirip cahaya surga gitu.

Kontras dengan tanah tandus dan pepohonan di atas permukaan yang relatif kering, di dalam gua atau luwang (gua vertikal) ini, ada hutan purba yang ditumbuhi beragam jenis tanaman. Ada juga sungai bawah tanah yang bisa kamu jelajahi. Tapi, awas! Airnya dingin!

[caption id="attachment_37412" align="aligncenter" width="1145"]gua grubug jogja Sumber: iNews[/caption]

 

Ada tiga jalur yang bisa kamu pilih untuk ke Gua Grubug, mulai dari yang paling mudah, sedang, hingga sulit. Sebagian besar pengunjung memilih opsi yang paling mudah, yaitu dengan masuk melewati Gua Jomblang dan menyusuri lorong sepanjang 300 meter yang berhubungan langsung dengan mulut Gua Grubug.

Waktu terbaik buat melihat cahaya surga di adalah dari pukul 10.00 sampai 12.00. Pada jam tersebut, matahari lagi pas di atas kepala, makanya cahaya yang masuk dari mulut gua juga lebih maksimal.

[caption id="attachment_37413" align="aligncenter" width="1145"]misteri gua grubug di jogja Sumber: Liputan6[/caption]

 

Selain indah, Gua Grubug ini juga punya sejarah kelam yang bisa bikin kamu takut tidur sendirian. Beberapa puluh tahun lalu, gua ini dijadikan lokasi pembantaian ratusan anggota PKI. Orang-orang yang diduga pengkhianat dieksekusi di mulut gua dan mayatnya langsung dibuang ke dalam gua.

Tapi, jangan khawatir kamu bakal ketemu mayat-mayat yang bergelimpangan di sini, karena tulang belulang di Gua Grubug sudah dibersihkan oleh pemerintah pada 1982. Katanya, sih tulang belulang tersebut sampai 3 truk banyaknya! Hiiii!

 

Komentar