Bukan Cuma Tiup Terompet, Ini Kebiasaan Unik Ngerayain Tahun Baru di 15 Negara di Dunia


Tahun baru sebentar lagi! Yaaaay! Buat kamu yang udah nyiapin terompet, kembang api, dan alat buat barbekyuan, selamat pesta menyambut pergantian tahun, ya! Eh, ngomong-ngomong, ternyata cara orang ngerayain tahun baru nggak cuma seputar tiup terompet dan pasang kembang api, lho. 15 negara berikut ini punya kebiasaan unik yang selalu mereka lakuin saat malam tahun baru!

0
0
0

1. Kuba

sumber foto: pediwear.co.uk

Di negara asalnya mendiang Fidel Castro ini, orang-orang Kuba suka nenteng koper sambil mengelilingi rumah mereka tepat saat malem pergantian tahun. Mereka percaya ritual ini bisa ngedatengin kesempatan untuk traveling di tahun mendatang. Nah, kalau kamu pengin selalu diliputi nasib baik, jangan lupa sapu rumah atau siram air lewat jendela dari dalem rumah, ya.

2. Chili

sumber foto: lentils.ca

Siapa sih yang nggak pengin tambah banyak rejeki di tahun yang baru? Nah, biar beruntung sepanjang tahun, orang Chili biasa makan sesendok lentil (sup campuran bawang, wortel, seledri, tomat, dan daging) dan meletakkan selembar uang di dalem sepatu mereka. Uniknya lagi, di antara mereka juga ada yang nginep di pemakaman buat ngerayain tahun baru bareng kerabat mereka yang udah meninggal!

3. Denmark

sumber foto: vietnamvisa-easy.com

Kebiasaan orang Denmark pas tahun baru agak rusuh, nih. Mereka suka ngelempar piring dan gelas ke dinding rumah temen dan tetangga mereka! Bukan bermaksud ngajak berantem, soalnya ini justru jadi cara mereka menunjukkan rasa cinta. Bukan cuma itu! Mereka juga suka berdiri di atas kursi dan loncat saat tengah malem supaya bisa dapet ekstra keberuntungan di tahun yang baru.

4. Spanyol

sumber foto: id.pinterest.com

Di Spanyol dan negara berbahasa Spanyol lainnya, ada kebiasaan buat makan 12 butir anggur pas tengah malem. Buat apa? Ya supaya kenyang. Hehe… bukan, bukan, mereka makan 12 anggur supaya bisa terus dapet keberuntungan selama 12 bulan penuh ke depannya. Selain itu, mereka juga suka nyembunyiin uang di sekeliling rumah supaya lebih banyak rejeki di tahun selanjutnya. Mungkin supaya rasanya sama kayak nemuin uang nyelip di kantong celana yang baru dicuci, ya. Bikin kaget-kaget girang!

5. Jerman

sumber foto: media.npr.org

Dasar orang Jerman. Kalau biasanya orang suka ngeramal pake daun teh buat ngebaca peruntungan, mereka malah ngelelehin timah sesendok, lempar ke dalem air dingin, terus diterawang, deh, bentuknya! Mirip-mirip cara baca ampas daun teh, bentuk timah yang muncul dianggap bisa ngebaca nasib mereka di tahun mendatang. Hmmm… kayaknya butuh keahlian khusus, nih.

6. Jepang

sumber foto: japanupdate.com

Orang Jepang punya kebiasaan mengunjungi  kuil buat berdoa pas tahun baru. Selain ngelempar koin dan memanjatkan permohonan di kuil, mereka juga rutin bersih-bersih rumah pas tahun baru dan menyelesaikan konflik di tahun sebelumnya supaya bisa mulai tahun yang baru dengan suasana yang serba bersih.

7. Filipina

sumber foto: aliexpress.com

Negara tetangga kita ini rupanya nggak kalah unik dibanding negara lain. Mereka suka banget pakai baju motif polka dots pas malem tahun baru sambil ngantongin koin. Mereka percaya kalau benda berbentuk bulat melambangkan kemakmuran, jadi nggak heran banyak warga sana memajang buah yang bulat kayak jeruk supaya hoki terus.

8. Skotlandia

sumber foto: cakeandwhisky.com

Kalau kamu lagi di Skotlandia dan nggak ada budget lebih buat beli kado, jangan sampai kamu jadi orang pertama yang dateng ke rumah temen atau tetangga kamu. Kenapa? Soalnya, di sana ada kebiasaan kalau orang pertama yang berkunjung harus bawa hadiah! Biasanya mereka suka bawa roti dan wiski buat memeriahkan suasana.

9. Brazil

sumber foto: homedeco50.wordpress.com

Tahun baru waktunya ngebersihin pengaruh-pengaruh ‘jahat’ di sekitar kita. Nah, menurut orang Brazil, pakai baju serba putih pas malem tahun baru bisa menjauhkan mereka dari roh-roh jahat. Selain itu, mereka juga punya tradisi melompati ombak tujuh laut (satu laut per hari) dan ngelempar bunga ke laut. Waduh, hati-hati hanyut!

10. Tiongkok

sumber foto: thestorypedia.com

Sebagai negara pencipta kembang api, udah bisa dipastiin kalau tahun baru di Tiongkok jaaaaauh banget dari kata ‘sunyi’. Selain berisik-berisikan dengan petasan dan kembang api, mereka juga suka pakai baju mereka dan ngasih angpao ke anak-anak. Kurang lebih sama lah kayak perayaan pas Imlek.

11. Ekuador

sumber foto: folklore.usc.edu

Kebiasaan orang Ekuador agak-agak bermuatan politis, sih. Soalnya, mereka hobi banget ngebakar boneka-bonekaan yang melambangkan para politisi atau orang yang nggak mereka sukai pas tahun baru. Tujuannya, sih, baik, yaitu buat ngebersihin energi negatif di tahun sebelumnya. Hihi, bisa dibayangin banyak orang yang berharap  gambar muka mereka nggak ditempel boneka-boneka itu.

12. Afrika Selatan

sumber foto: betterafter50.com

Kebiasaan di Afrika Selatan ternyata lebih barbar lagi daripada di Denmark! Para pejalan kaki harus ekstra hati-hati. Kalau bisa sih mendingan nggak keluar rumah sekalian selama tahun baru. Kenapa? Soalnya orang sana biasa ngelempar barang-barang bekas dari jendela. Mulai dari talenan, TV, radio, bahkan kursi!

13. Yunani

sumber foto: mygreekdish.com

Tahun baru waktunya anak-anak di Yunani ngamen supaya dapet duit dari keluarga dan tetangga. Selain itu, mereka juga suka matiin lampu pas hitung mundur menjelang pergantian tahun dan makan Vasilopita. Apa itu Vasilopita? Ini adalah kue yang diisi koin atau objek kecil lainnya. Siapa pun yang makan kue dengan koin di dalemnya, dia dianggep bakal beruntung di tahun mendatang.

14. Belanda

sumber foto: ilkie.nl

Meskipun udah dilarang di banyak kota di Belanda, masih banyak orang sana yang ikutan “carbide shooting” atau ajang menembak kaleng susu. Entah apa tujuannya! Kalau kamu nggak suka tembak-tembakan (kecuali ditembak gebetan), mending ikutan berenang setengah telanjang aja bareng ribuan orang lainnya di Laut Utara. Hayo, pilih tembak-tembakan atau berenang di air super dingin? Mister pilih tidur aja, deh, sampai tahun depan.

15. Rusia

sumber foto: oomnichkaforkids.ticketleap.com

Semua orang pasti pengin keinginannya terkabul pas tahun baru. Nah, masalahnya, kamu mau nggak nyobain cara gokilnya orang Rusia? Mereka biasanya nulis keinginan mereka di selembar kertas, membakarnya, nyemplungin abunya ke dalam segelas sampanye, terus diminum sampai abis, deh. Udah kayak jurusnya mbah dukun kita, ya. Untung nggak disembur sekalian. Hehe…

Komentar

Tinggalkan Komentar: