27.May.2020

Bukan Cuma Bakpia, Ini Oleh-Oleh Wajib Dari Jogja


Sebagai kota wisata, Jogja punya segudang keistimewaan di dalamnya. Mulai dari objek wisatanya yang tersebar luas hingga oleh-oleh yang beragam. Tapi sadar atau nggak, kalau kita ke Jogja, pasti kita cuma terpaku sama oleh-oleh legendaris khas Jogja, yaitu bakpia. Padahal, Jogja punya beragam jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Apa aja sih? Nih, Mister kasih tau.

0
0
0

 

1. Gudeg Kalengan

Paduan Gudeg Dan Rendang Di Gudeg Bu Tjitro Yogya | GudegNet

Sumber gambar: https://gudeg.net/read/9587/paduan-gudeg-dan-rendang-di-gudeg-bu-tjitro.html

Belum lengkap rasanya kalau pergi ke Jogja tapi nggak makan gudeg. Kamu pasti gampang banget nemuin penjual gudeg di tiap sudut kota Jogja. Tapi gimana kalau yang di rumah ternyata pengen banget makan gudeg. Nah, di Jogja ternyata sudah ada varian kemasan baru bagi yang mau makan gudeg khas Jogja. Kamu bisa pesan gudeg kalengan. Dengan kemasan yang lebih praktis, pastinya kamu bisa jadikan gudeg sebagai oleh-oleh buat dibawa pulang. Bahkan gudeg kalengan ini bisa bertahan hingga satu tahun, lho.

 

2. Walang Goreng

Pedagang menggoreng belalang di Taman Hutan Rakyat (Tahura), Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Selasa (8/11). Sebagian warga setempat memanfaatkan belalang yang jumlahnya melimpah untuk diolah sebagai makanan oleh-oleh khas Gunung Kidul dengan seharga Rp25.000 per kemasan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Sumber gambar: https://tirto.id/berburu-oleh-oleh-khas-wisata-yogya-selain-gudeg-crCm

Walang atau belalang goreng ini bisa jadi alternatif oleh-oleh buat keluarga di rumah. Walaupun sedikit ekstrim, tapi rasa dari walang goreng ini sangatlah enak. Makanan khas daerah Gunungkidul ini sangat pas dimakan sebagai lauk dan bisa bertahan hingga satu bulan. Kalau kamu mau jadikan walang goreng sebagai oleh-oleh, kamu bisa pilih varian rasa, ada rasa gurih, pedas dan bacem. 

 

3. Keripik Belut

Profil Kabupaten Kendal | WELCOME TO MY SITE

Sumber gambar: https://hersetblog.wordpress.com/2016/10/30/profil-kabupaten-kendal/

Kebanyakan dari kota wisata pasti punya keripik buat dijadikan oleh-oleh, seperti kota Malang punya keripik tempe sama keripik apel. Nah di Jogja, kamu juga bisa bawa pulang keripik yang jadi ciri khas Kota Pelajar ini, namanya Keripik Welut atau keripik belut. Kalau kamu mau cobain keripik welut ini, kamu bisa datang ke Pusat Kuliner Belut Godean. Nantinya kamu akan menemukan berbagai olahan belut yang bisa kamu coba juga. Ada mangut welut, pepes welut, sampai sambal welut pun ada.

 

4. Geplak

Geplak, Kue Warna-warni Khas Yogyakarta yang Bikin Ketagihan

Sumber gambar: https://www.inibaru.id/kulinary/geplak-kue-warna-warni-khas-jogja-yang-bikin-ketagihan

Makanan yang punya warna beragam dan cerah memang selalu memikat orang buat nyicipin, begitu juga Geplak. Makanan khas daerah wisata Bantul ini punya beragam warna dan rasa. Kue ini terbuat dari dari parutan kelapa dan gula. Awalnya geplak hanya ada dua warna, yakni warna coklat dengan gula merah, dan warna putih dengan gula tebu. Tapi sekarang kamu bisa cobain geplak berbagai rasa, ada rasa stroberi, jahe, dan durian.

 

5. Coklat Monggo

COKLAT MONGGO - hesti 07 - Medium

Sumber gambar: https://medium.com/@hesti7383/coklat-monggo-58158c9865d7

Kalau Garut punya chocodot, Jogja juga punya coklat khas daerahnya nih, namanya Coklat Monggo. Kamu yang pecinta coklat wajib cobain dan bawa pulang coklat khas daerah Kotagede ini. Soalnya coklat ini pakai bahan coklat premium hingga 69% dan juga coklat asli dari Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Kalau kamu bosan dengan rasa coklat yang original, kamu juga bisa banget cobain rasa lainnya. Ada rasa susu, karamel, stroberi, mangga, durian, bahkan ada rasa cabai merah.

Komentar