14.Jul.2017

Budget Travel Alert: 10 Kota Paling Ramah Kantong di Eropa


Mimpi liburan ke Eropa, tapi tabungan masih belum bilang "Saya, sih, yes"? Tenaaang! Kamu gak perlu jual kendaraan atau rumah buat traveling maksimal di Benua Biru. Gak semua negara di Eropa mahal buat didatengin, kok. Misalnya kayak kota-kota yang ada di bawah ini, nih.

0
0
0

1. Budapest, Rumania

Sumber foto: cloudinary.com

Salah satu negara yang kayaa banget sama nilai sejarah ini dijamin gak bakal nguras isi kantong kamu. Di sini, kamu bisa ngeliat beragam bangunan yang gayanya kayak gado-gado alias campur-campur. Misalnya gaya arsitektur Roma, neo-Gothic, Ottoman, sampai Renaissance. Buat kamu yang suka party, kehidupan malam di Budapest juga terkenal sebagai salah satu yang terbaik se-Eropa, lho!

2. Bucharest, Rumania

Sumber foto: www.destination360.com

Sebagai Ibu Kota Rumania, Bucharest dipenuhi sama gedung-gedung pemerintahan yang arsitekturnya menarik banget. Kalau dibandingin sama Budapest yang lebih dikenal sebagai party scene-nya negara ini, biaya harian di Bucharest masih lebih murah. Belum lagi di kota ini bertebaran hostel-hostel backpacker yang harganya enak di kantong. Udah gitu Bucharest juga cuma 2,5 jam naik kereta dari Brasov. Ngapain ke Brasov? Di sana ada Bran Castle yang merupakan istana tempat tinggal ASLI dari Dracula!

3. Riga, Latvia

Sumber foto: www.smartriga.lv

Walaupun masih asing di telinga, terutama buat traveler Indonesia, bukan berarti kota ini gak layak buat kamu datengin. Buat para mahasiswa arsitektur atau emang tertarik sama bidang perarsitekan, pasti udah kenal sama Riga. Yap, apa lagi kalau bukan karena kota ini punya jumlah terbanyak bangunan bergaya Art Nouveau terbaik sedunia! Karena inilah Riga didaulat jadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Gak perlu takut buat nemuin penginapan murah di sini. Ada banyak, kok, hostel backpacker dan harganya mulai dari $8 per malam aja.

4. Krakow, Polandia

Sumber foto: thousandwonders.net

Harga barang-barang, makanan, dan penginapan yang super murah di Krakow, bikin kota ini jadi salah satu destinasi favorit kawula muda Eropa buat weekend break. Masih sama kayak kota-kota lainnya di Eropa, Krakow juga punya banyaaak banget bangunan bergaya klasik yang oke banget buat difoto atau jadi background selfie-an. Selain itu, dari bulan Mei sampai September, kamu juga bisa ikutan Krakow Nights Festival buat nonton konser gratis.

5. Lisbon, Portugal

Sumber foto: handluggageonly.co.uk

Lisbon adalah salah satu negara di Eropa di mana kamu bisa nikmatin kopi enak yang harganya gak nyampe €1! Pernah ke Macau? Pasti kamu pernah nyobain egg custard-nya, kan? Nah, taukah kamu kalau kue lembut nan creamy yang enak dimakan anget-anget itu aslinya, ya, dari negara ini. Bayangin, deh, gimana asiknya ngabisin hari menelusuri coffee shop antik dan bangunan-bangunan bergaya unik, terus liat matahari terbenam di salah satu pantai cantik yang ada di kota ini. Duh, bisa gak inget rumah ini, sih!

6. Sofia, Bulgaria

Sumber foto: www.travelonspot.com

Kalau kamu lagi mampir ke Rumania, coba sempetin mampir ke Bulgaria juga, deh. Dengan naik kereta yang lamanya sama kayak dari Jakarta - Yogyakarta, Sofia bisa kamu kunjungi dari Bucharest. Walaupun ukurannya kecil, tapi Sofia lagi-lagi punya nilai sejarah yang lumayan kaya. Ini bisa kamu liat dari ragam gaya arsitektur bangunannya yang macem-macem. Di satu sudut bentuknya Romawi banget, di sudut lainnya ada gereja-gereja bergaya Russian Orthodox dan masjid-masjid Ottoman. Unik abis, ya?

7. Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina

Sumber foto: trueanomaly.org

Jangan keburu negative thinking dulu denger nama Bosnia Herzegovina. Walaupun sempat kena perang, negara ini sekarang udah aman banget, kok. Selain itu, kota ini juga relatif masih jarang dikunjungi turis. Mungkin karena lokasinya yang lumayan tersembunyi di balik pegunungan. Padahal kalau udah nyampe, cantiknya bukan main! Apalagi pas zaman Ottoman dulu, kota ini pernah disebut sebagai Jerusalem-nya Eropa. Di sini juga ada kawasan Old Town yang dipenuhi sama restoran-restoran halal dan masjid karena mayoritas warganya beragama muslim.

8. Crete, Yunani

Sumber foto: www.eloundaoasis.com

Kata siapa kota yang cakep di Yunani itu cuma Santorini atau Mykonos? Ada juga, kok, kota lainnya di negara ini yang cantiknya gak ngalahin dua kota tadi dan harga biaya hidupnya jauuuh lebih murah. Contohnya, ya, Crete ini. Selain dikelilingi pantai super keren, pulau kecil ini juga terkenal sebagai surga kulinernya Yunani. Udah enak, murah pula. Pantesan katanya orang-orang di sini usianya rata-rata bisa sampai 100 tahun! Cus, langsung berangkat sekarang.

9. Porto, Portugal

Sumber foto: www.telegraph.co.uk

Satu lagi, nih, kota di Portugal yang wajib buat kamu kunjungi. Walaupun Lisbon udah terbilang murah, Porto malah lebih murah lagi biaya hidupnya, Aladiners. Gak perlu ngabisin banyak euro buat ngisi perut sampai kenyang di sini. Sebagai kota pelabuhan, Porto juga punya panorama laut yang keren abis. Belum lagi kota ini juga punya segudang museum seru yang mayoritas GRATIS kalau didatengin di hari Minggu

10. Vilnius, Lithuania

Sumber foto: www.europeanbestdestinations.com

Sebagai kota terbesar dengan bangunan-bangunan bergaya abad pertengahan di Eropa, Vilnius punya ratusan sudut unik yang gak bakal bikin kamu bosen buat ditelusuri setiap hari. Kota ini juga lokasinya pas ada di tengah-tengah Latvia sama Polandia. Jadi jangan lupa, ya, buat mampir ke sini kalau kamu lagi traveling ke salah satu negara tadi. Selain bangunan-bangunannya yang menarik buat diliat satu-satu, kota ini juga punya banyak banget kafe, pertokoan, dan bar bergaya unik yang gak bisa kamu temuin di tempat lain se-Eropa.

Komentar