24.Jul.2017

Bosen Nunggu Transit di Bandara? Ikutan 6 City Tour GRATIS Ini Aja!


Selain packing, ada satu hal lagi yang bener-bener nyebelin saat akan atau lagi liburan. Yap, transit! Mending kalau transitnya cuma beberapa menit. Kalau lebih dari 5 jam? Wah, bisa tiba-tiba stres terus salto di lintasan pesawat. Nah, untungnya ada beberapa bandara di dunia yang ngasih city tour gratis buat para penumpang internasional. Di mana aja? Cekidot, guys!

0
0
0

1. Singapore Changi Airport, Singapura

Sumber foto: www.gettyimages.co.uk

Punya ruang tidur, 2 bioskop, sampai taman gantung, masih dianggep kurang buat bandara satu ini. Kalau kamu harus transit di Bandara Changi lebih dari 5,5 jam, kamu bisa ikutan city tour gratis ke semua tempat anti-mainstream yang ada di Singapura, mulai dari Merlion Park, China Town, Little India, Esplanade, sampai Kampong Glam. Udah gitu tempat-tempat yang bakal kamu kunjungi berbeda, lho, tergantung siang atau malam. Kalau transit di sini pas malam hari, kamu bakal diajak buat mampir ke spot-spot seru buat ngeliat gemerlapnya lampu kota, kayak Singapore Flyer dan Gardens by the Bay. Tiket masuk dan makannya GRATIS!

Cara ikutan:

Terminal 2 a counter registrasinya ada 3: dekat eskalator North Arrival Immigration, stasiun Skytrain di Transit Mall North, sama lantai 2 dekat Transfer Lounge E.

Terminal 3 a counter registrasinya ada di lantai 2, sebelah Transfer Lounge B di Transit Mall North.

2. Tokyo Narita Airport, Jepang

Sumber foto: www.travelandleisure.com

Mulai 2015 yang lalu, para turis yang transit maupun nginep di hotel dekat Bandara Narita bisa ikutan tur gratis ke tempat-tempat wisata yang ada di Tokyo. Asyiknya, tempat-tempat yang bakal didatengin tergolong anti mainstream. Ada 4 rute tur yang bisa kamu pilih: tur budaya di Shinsho-ji Temple, tur kuliner di Shibayama Town, tur ke perdesaan Jepang di Tako Town, dan tur budaya di perdesaan Zaman Edo. Sayangnya, kamu harus bayar sendiri transportasi, makan, dan tiket masuk ke tempat-tempat wisata yang bakal kamu datengin nantinya. Tapi lumayan banget, lah, daripada bosen nunggu di bandara.

Cara ikutan:

Daftar di counter Narita Transit Tourism Counter di Terminal 1 atau 2. Bisa juga daftar online di sini.

3. Taoyuan International Airport, Taiwan

Sumber foto: www.asiatourism.news

Ada dua tur gratis yang bisa kamu pilih di bandara ini, tergantung kamu transitnya pagi atau sore. Kamu bakal dibawa ke pedesaan di Taipei untuk tur pagi dan mampir ke museum keramik, pabrik kerajinan tanah liat, dan Zushi Temple. Kalau tur sorenya, turis akan diajak mampir ke tempat-tempat wisata yang ada di tengah kota, kayak Taipei 101, Martyra's Shrine, Shiang Kai-Shek Memorial Hall, dan Longshan Temple. Walaupun tempat yang didatengin beda, tapi lama turnya sama-sama 5 jam. Dengan kata lain, waktu transit kamu di Taipei harus seenggaknya 7 atau 8 jam biar gak ketinggalan pesawat. Tur dan transportasinya gratis, tapi kamu bayar sendiri tiket masuk dan makannya, ya.

Cara ikutan:

Daftar di counter Tourist Service Center yang ada di lobi kedatangan Terminal 1 dan Terminal 2.

4. Incheon International Airport, Korea Selatan

Sumber foto: www.pinterest.com

Bandara yang berlokasi di Seoul ini punya total 6 tur yang bisa kamu pilih. Beda sama bandara-bandara lainnya yang ngebolehin kamu untuk milih 1 tur aja, di Incheon kamu bebas pilih sepuas hati. Asalkan waktu transit kamu cukup, ya. Ada banyak banget tempat yang bakal kamu kunjungi saat ikuta city tour gratis dari Bandara Incheon ini, kayak Yonggungsa Temple, Gyeongbokgung, Insadong, Bukchon Hanok Village, Myeongdong, dan Namsan Seoul Tower! Walaupun turnya sendiri gratis, tapi orang Indonesia perlu punya no-visa entry buat ikutan tur ini (kecuali kamu punya visa multi entry untuk AS, Jepang, Kanada, Australia, atau Selandia Baru). Harga no-visa entry ini adalah USD10.

Cara ikutan:

Daftar online di sini atau di meja Transit Tour yang ada di lantai 2 lobi kedatangan (ada logo tanda tanya besar), dekat counter Korean Air. Ada juga di lantai 2, depan Gate 25 atau 29.

5. Istanbul AtatA?rk Airport, Turki

Sumber foto: www.traveltovisit.com

City tour di Bandara AtatA?rk disediakan khusus buat para penumpang Turkish Airlines aja. Waktu transit kamu juga diharuskan minimal 6 jam, karena lama turnya yang paling singkat 2,5 jam. Ada 5 tur yang bisa kamu pilih berdasarkan durasi, waktu tur, dan tempat wisatanya. Yang pasti tur manapun yang kamu pilih, semua sama serunya! Kamu bakal diajak ke tempat-tempat wisata paling terkenal di Istanbul, kayak Dolmabahce Palace, Taksim Square, Masjid Biru, Topkapi Palace, dan Hagia Sophia. Lebih asiknya lagi, transportasi, makan, dan tiket masuk bener-bener GRATIS! Tapi sebagai orang Indonesia, kamu harus punya visa Turki buat ikutan tur ini. Tenang aja, gampang banget, kok, tinggal apply online di sini, terus di-print. Harganya juga cuma USD25 buat e-visa ini.

Cara ikutan:

Daftar di Hotel Desk yang ada di International Arrival Hour. Harus seenggaknya 30 menit sebelum turnya dimulai. Counter-nya ada di sebelah Starbucks, setelah kamu ngelewatin imigrasi.

6. Hamad International Airport, Qatar

Sumber foto: www.aboutqatartourism.blogspot.com

Ini, nih, salah satu bandara yang gak cuma ngasih city tour gratis, tapi juga NGINEP GRATIS! Syaratnya, kamu harus jadi salah satu penumpang dari maskapai Qatar Airways. Gak perlu khawatir sama cuaca panas di Doha, kamu bakal dianter pakai bus mewah ber-AC ke tempat-tempat seru yang ada di kota ini, seperti Pearl Qatar, Souq Waqif, Katara Cultural Village, dan Museum of Islamic Art. Tiket masuk dan makannya juga dijamin gratis. Eits, masih ada lagi. Karena kamu ikutan city tour ini, visa transitnya pun diGRATISin! Ngomongin soal nginep gratis, kamu bisa nge-claim semalam nginep di hotel bintang 4 yang ada di kota ini lewat situsnya Qatar Airways. Info lengkapnya ada di sini.

Cara ikutan:

Daftar di counter Doha City Tour yang ada di antara toko Mont Blanc dan WH Smith.

Komentar