Bisa Ngapain Aja, sih di Pulau Bintan? Ini 6 Aktivitas yang Bisa Kamu Coba!


Disebut-sebut jadi “The Next Bali”, Pulau Bintan harus masuk ke destinasi liburan kamu selanjutnya. Kenapa? Alasannya banyak! Kamu bisa menikmati budaya setempat yang kaya akan percampuran banyak etnis, makanan yang super enak, dan pemandangan yang kebangetan kerennya. Gimana? Mulai tertarik? Kalau kamu baca rekomendasi aktivitas yang Mister kasih berikut ini, pasti kamu makin gak sabar pengin liburan ke Bintan!

0
0
0

1. Main ke Pulau Penyengat

sumber foto: sengpaku.blogspot.co.id

Pulau yang satu ini memang bisa menyengat hati kamu supaya teracuni rasa rindu dan jadi pengin balik lagi (halah…). Sebagai pulau yang kaya peninggalan kerajaan Melayu, di sini ada Masjid Raya Riau yang harus dikunjungi. Berbeda dengan masjid lainnya, masjid yang satu ini dibangun dari campuran putih telur dan jeruk nipis yang berfungsi sebagai semennya. Keren, ya! Selain itu, di sini kamu juga bisa lihat nisan-nisan tersebar di seluruh pulau yang mengelilingi benteng. Nah, kalau naik ke benteng ini, kamu bakalan bisa ngeliat panorama cantik ke seluruh penjuru pulau. Di antara nisan itu ada makam Putri Bugis yang nerima pulau ini sebagai mas kawin dan  makam penyair yang katanya jadi pencipta bahasa Indonesia versi modern.

2. Mengenal budaya di Desa Senggarang

sumber foto: indonesia-tourism.com

Kalau bertamu ke suatu tempat, kurang lengkap rasanya kalau kita gak kulik sejarah tempat itu. Bintan, meskipun kecil, warisan budaya dan sejarahya kaya banget. Sebagai bagian dari rute perdagangan Indonesia-China di masa lalu, Bintan jadi tempat bertemu dan bercampurnya etnis Melayu dan imigran China. Nah, Desa Senggarang inilah tempat pertama yang dihuni warga keturunan China. Makanya, begitu menginjakkan kaki di sini, kamu bakal nemuin banyak bangunan bergaya Tionghoa. Uniknya lagi, kebanyakan pintu rumah-rumah ini dibiarin terbuka, jadi kamu bisa mengintip sekilas aktivitas penghuninya. Kalau mau ke sana, kamu bisa naik kapal feri disebut Pongpong dengan tarif Rp5000 – Rp10.000 sekali jalan. Murah meriah!

3. Makan seafood super segar di Desa Sebung

sumber foto: rabbitpiggy.files.wordpress.com

Desa Sebung sendiri bukan tempat yang hingar bingar. Malahan, kamu bisa aja ngerasa bosen saking laidbacknya kehidupan warganya di sini. Meskipun keliatan kalem, seafood di sini bakal bikin lidah kamu disko, deh! Lobster, udang, ikan segar, kepiting, hingga kerang, semuanya kualitas kelas satu. Semuanya bisa kamu lahap sambil duduk santai di restoran apung dan menikmati pemandangan sungai bakau. Selain itu, Di Tanjung Pinang yang gak jauh dari desa ini juga ada pasar malam makanan yang disebut Akau. Otak-otak yang dijual di sana beda banget sama otak-otak biasa yang kebanyakan tepung!

 4. Mandi sinar matahari dan main air di Pantai Trikora

sumber foto: indonesia-tourism.com

Siapa yang gak bisa jauh-jauh dari pasir pantai dan air laut biru? Pantai Trikora ini bisa bikin kamu kegirangan! Ada tiga jenis warna biru air laut yang bakal temuin di sini dan kamu bisa leyeh-leyeh di pondok kecil sewaan sambil menikmati makanan khas setempat. Bener-bener sepotong surga dunia, deh! Selain itu, kalau kamu jalan jauh sedikit, kamu bisa ketemu sama pemukiman nelayan dan ngeliat kelong (rumah panggung yang digunakan untuk menangkap atau ternak ikan). Selain itu, ada juga Gua Santa Maria yang dibangun pendeta asal Belanda di abad 18. Hingga sekarang, masih banyak orang yang dateng ke gua ini tiap minggu untuk berdoa.

5. Mendaki Gunung Bintan

sumber foto: obyekwisataterlengkap.blogspot.co.id

Permisi Mister, gak semua orang suka wisata di air, lho. Gimana bisa menikmati Bintan kalau tempat wisatanya cuma pantai dan pulau? Tenang aja, kan ada Gunung Bintan! Kalau kamu pengin olahraga, daki aja gunung setinggi 340 meter ini. Di atasnya, kamu bakal disuguhi pemandangan yang “mengambil napas” kamu! (note: ini terjemahan yang terlalu harfiah dari ‘breathtaking’). Nanti, di sepanjang jalan setelah turun dari puncak, jangan sampai kamu gak celup-celup kaki di sungai dekat air terjun. Orang lokal percaya air di sini membawa keberuntungan.

6. Nginep di The Sanchaya Bintan

sumber foto: vossy.com

Abis makan enak, wisata sejarah, main air, dan daki gunung, waktunya bocan alias bobo cantik di tempat super cantik ini. Yap, The Sanchaya Bintan sekarang makin diburu orang karena penampakannya yang bisa bikin Instagram kita bikin orang lain dengki. Bangunannya seolah-olah mengapung di atas air! Belum lagi lokasinya yang bener-bener depan pantai. Air kolam dan air laut serasa bersatu, deh. Resort hitam putih bergaya kolonial ini dihiasi ubin tema Peranakan, atap dengan pola sisik ikan, dan perabot nuansa oriental. Intinya, semua budaya bercampur cantik di sini. Masuk daftar resort terbaik di Asia, tempat ini bakal ngasih pelayanan luar biasa. Selain kamar-kamar yang mewah dan makanan enak, mereka juga ngasih bingkisan cokelat dan permen di kamar waktu kamu keluar sarapan hingga kejutan kue ultah di pagi hari. Manis banget, kan?

Komentar

Tinggalkan Komentar: