30.Jan.2017

Bingung Cari Oleh-Oleh di Hong Kong? Beli 6 Barang Unik Ini Aja!


Wahai para traveler yang Mister banggakan, perkara cari oleh-oleh pas liburan memang sering bikin pusing. Demi bikin puas keluarga dan temen di Indonesia yang rewel minta dibawain barang khas Hong Kong, kita harus puter otak buat cari suvenir selain gantungan kunci dan kaos I <3 HK yang udah kelewat mainstream. Nah, supaya kamu gak kelamaan bingung, mending beli 6 barang yang Mister rekomendasiin berikut ini.

0
0
0

1. Teh dan peralatannya

sumber foto:A�businessinsider.in

Dalam kebudayaan Tiongkok, teh punya peran penting banget, lho sejak abad ke-10 sebelum Masehi. Makanya, kalau kamu beli teh sebagai oleh-oleh, berartiA� kamu udah ngasih sesuatu yang a�?Hong Konga�� banget buat orang-orang tersayang kamu. Toko-toko teh di Hong Kong biasanya berupa bangunan kecil yang dipenuhi berkantong-kantong teh, bahkan sampai ke langit-langit. Ada teh tradisional pua��er, melati,A� oolong, dan masih banyak lagi. Toko daun teh ada di mana-mana, tapi Ying Kee Tea House-lah yang paling terkenal. Selain jualan teh sejak tahun 1881, tempat ini juga jual dim sum yang otentik banget. Harga tehnya juga bervariasi banget, mulai dari HK$6 sampai HK$18,000 per ons. Oh iya, biar minum tehnya makin yahud, sekalian aja beli perlengkapan minum tehnya di sana.

2. Stempel nama

sumber foto:A�travelog.me

Di antara kaum yang menuntut oleh-oleh, pasti ada yang minta dibeliin barang yang gak pasaran dan lebih personal. Nah, kalau kamu beliin stempel nama buat dia, dijamin gak ada kembarannya, deh. Kamu bisa pesen stempel dari batu yang diukir nama mereka dalam aksara mandarin. Serasa anggota keluarga kerajaan, deh, punya stempel bernuansa tradisional begini! Carinya di mana? Banyak, kok yang bisa bikinin kamu stempel di Man Wa Street di Sheung Wan. Ada deretan para pembuat stempel yang bisa kamu pilih sesuai keinginan hati dan dompet.

3. Barang-barang a�?bermerka�?

sumber foto:A�sneakers-street.hk

Kenapa kata bermerk-nya dikasih tanda kutip? Karena barang-barangnya gak beneran asli, melainkan bajakan! Kualitasnya beragam, lho. Dari yang KW asal-asalan sampai KW super. Baju, tas, sampai barang-barang elektronik, semuanya bisa kamu temuin di pasar-pasar di seluruh penjuru Hong Kong. Cari tas merk a�?Gacci?a�� Ada di Temple Street dan di Ladies Market. Harganya udah pasti miring! Nah, kalau yang minta oleh-oleh gak sudi dikasih barang tiruan, kamu beliin sepatu aja di Sneaker Street di Mong Kok. Di sini pilihannya buanyaaak banget, sering diskon pula. Eh, tapi kalau lagi gak ada diskon, harganya agak lebih mahal daripada di Indonesia, sih. Yaaah, kalau barangnya unik dan gak ada di tempat lain, gak apa-apa, kan keluar duit sedikit lebih banyak?

4. Camilan

sumber foto:A�travelandleisure.com

Makanan gak akan pernah salah, deh. Ke mana pun kamu pergi, oleh-oleh makanan bisa bikin seneng siapa pun. Untungnya, Hong Kong terkenal dengan camilannya yang endeus bingit. Seafood keren, lollipop yang bisa diaduk jadi minuman, jamur-jamuran, obat-obatan, herbal, jeli buah, roti nanas, semuanya bisa kamu beli di Des Voeux Road West. Kalau Mister boleh kasih rekomendasi, kamu bisa bawain Bee Cheng Hiang buat orang-orang di rumah. Lembaran-lembaran daging ini enaknya kebangetan! Tersedia variasi daging babi dan ayam buat kamu yang cari versi halalnya. Selain itu, jangan lupa beli juga produk-produknya Garden. Pop Pan Crackers mereka punya aneka rasa dan pastinya terkenal banget, deh. Carinya juga gampang, kok Di supermarket, pasar swalayan, dan booth-booth pasti ada!

A�5.A�Mobil tomica

sumber foto:A�spot-on-collector.com

Buat keluarga atau temen kamu yang suka ngoleksi miniatur, beliin aja mobil tomica. Ada banyak jenisnya, lho! Kamu bisa pilih mau beli miniatur bus tingkat, mobil-mobil pribadi, mini bus, taksi, dan masih banyak lagi. Semuanya khas Hong Kong, deh. Kalau bingung mau cari ke mana, langsung aja mampir ke Log-On di Times Square atau keliling nyari di Fuk Wing Street di Sham Shui Po atau Wan Chai. Koleksi di sana dijamin lengkap, deh. Jangan lupa, bungkusnya yang bener, ya.

6. Kaos

sumber foto:A�saltwatershed.wordpress.com

Kaos adalah oleh-oleh yang fungsional dan pastinya disukain banyak orang. Sekali lagi Mister ingetin, jangan beli kaos I <3 HK, ya. Basi! Masih banyak kaos lainnya dengan desain dan tulisan yang lebih unik. Kalau jalan-jalan ke Ladies Market atau Jardinea��s Bazaar, kamu bakalan dengan gampang nemuin kaos bertuliskan a�?Lost in Hong Konga�?, kaosA� bergambar peta MTR, kaos bergambar gerakan-gerakan tai chi yang dilakuin panda, dan masih banyak lagi. Jangan lupa, keluarin jurus menawar kamu di sana, ya supaya bisa dapet harga yang bikin kamu dan penjual sama-sama puas.

Komentar