Pantai tersembunyi di Jogja
08.Apr.2019

Bikin Rileks! Ini Dia 8 Pantai Tersembunyi di Jogja yang Bakal Nenangin Pikiran Kamu


Siapa di sini yang bakal nolak kalo diajak ke pantai? Yup! Pantai emang destinasi favorit banyak orang untuk berlibur dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Di pantai, kita bisa melihat timbul dan tenggelamnya matahari, menghirup aroma air laut yang asin dan segar, mendengar gemerisik daun kelapa yang tertiup angin, serta deburan ombak yang menenangkan. Bikin ngangenin banget kan sama suasana pantainya?

0
0
0

Apalagi kalo pantai-pantai tersebut masih jadi wisata tersembunyi yang belum banyak orang ketahui. Kamu serasa diajak untuk bermain di pantai sendiri dengan suasana tenang. Nah, buat kamu yang lagi pengin liburan ke pantai cantik nan indah namun tenang serta jauh dari hiruk pikuk wisawatan, kayaknya daftar pantai tersembunyi di Jogja ini wajib kamu kunjungi deh! Penasaran di mana pantai tersembunyi di Jogja tersebut? Cekidot daftar di bawah ini ya!

1. Pantai Widodaren, Pantai Tersembunyi di Jogja yang Cantik Layaknya Bidadari

Pantai tersembunyi di Jogja

Sumber foto: Harian Merapi

Persis seperti namanya, Widodaren dalam bahasa Jawa artinya Bidadari. Sesuai dengan namanya, pantai ini memang cantik, secantik bidadari. Indah, bersih dan belum banyak terjamah wisatawan. Pantai ini memiliki bibir pantai yang berada di bawah tebing karang. Nikmati duduk di atas tebing karang yang didominasi rerumputan  sambil melihat pemandangan senja di Pantai Widodaren yang cantiknya luar biasa. Ombak dan udara menggerus karang-karang tajam di Pantai dengan begitu manis.

Keindahan pantai berpasir putih yang terbilang jarang dijamah ini kian lengkap kala matahari terbenam di ufuk barat, sambil ditemani semilir angin. Kalo kamu ingin menikmati segala keindahan di surga tersembunyi ini, kamu bisa berjalan kaki. Akses kendaraan yang belum tersedia menuju Pantai Widodaren, membuat kamu harus rela berjalan kaki melewati beberapa bukit dan pantai, sebelum menginjakan kaki di salah satu pantai tersembunyi di Jogja ini.

2. Pantai Srakung yang Letaknya Tersembunyi, Seolah Jadi Pelarian Terbaik dari Penatnya Rutinitas

Pantai tersembunyi di Jogja

Sumber foto: Pantai Srakung

Di kecamatan Girisubo terdapat pantai yang masih perawan dimana belum terlalu banyak terekplorasi oleh wisatawan. Cocok banget untuk kamu yang ingin mencari ketenangan sejenak dari rutinitas yang membuatmu penat. Pantai ini diapit oleh dua tebing di sebelah kanan dan kirinya, pasir putih yang lembut dan deburan ombak yang menenangkan akan membuat moodmu jadi lebih rileks.

Pantai tersembunyi di Jogja ini memiliki fasilitas yang masih terbatas. Untuk menuju ke sini kamu harus memarkir kendaraan 1 kilometer dari pantainya. Berjalan kaki menyusuri pantai dengan jalan yang masih berbatu. Meski harus ada perjuangan demi menuju pantai, semua akan dibayar tuntas saat sampai di Pantai Srakung, karena pemandangan pantainya yang bersih, sepi dan eksotis tentu jadi hadiah tersendiri. Membuatmu betah berlama-lama di sini.

3. Melihat Keindahan Pantai Sedahan yang Bakalan Bikin Males Pulang Kalo Udah Kesana

Pantai tersembunyi di Jogja

Sumber foto: Jogja Transport

Pantai tersembunyi berikutnya adalah Pantai Sedahan, yang merupakan wisata pantai unggulan di Gunung Kidul. Pantai Sedahan ini mirip seperti sebuah teluk kecil, jadi cukup aman dari bahaya ombak besar. Hamparan pasir putih, bukit karang, ombak yang tenang dan tebing hijau yang mengapitnya menjadikan pantai ini asyik buat nge-camp bareng teman, sahabat atau orang terkasih. Rasanya gak akan cukup menghabiskan waktu sehari untuk menjelajah pantai cantik ini.

Selain camping biasanya pengunjung yang datang ke pantai ini menghabiskan waktu dengan bersantai, berenang atau memancing. Seru banget kan! Buat kamu yang suka tempat indah tapi sepi dan tersembunyi, Pantai Sedahan ini sangat direkomendasikan. Karena belum banyak terjamah, pengunjung harus rela berjalan kaki cukup jauh dari perkampungan warga. Kalo ingin perjalanan yang lebih menantang dan indah, kamu bisa coba berjalan kaki menyusuri garis pantai ini. Dijamin bakal jadi pengalaman yang gak akan pernah dilupain!

4. Bermain Ombak, Sambil Menenangkan Jiwa dan Pikiran di Pantai Jungwok

Pantai tersembunyi di Jogja

Sumber foto: Visiting Jogja

Satu lagi pantai tersembunyi di Jogja yang gak kalah indah adalah Pantai Jungwok. Dari namanya, Pantai ini cukup unik, ya, sekilas sih kayak mengandung unsur Bahasa Korea-nya gitu. Tapi jangan salah, Pantai ini asli Indonesia lho. Letaknya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sekitar 500 meter dari Pantai Wediombo. Pantai Jungwok ini memiliki garis pantai yang melengkung, jadi kamu bisa leluasa menjelajahi area pantai dengan pasirnya yang putih dan halus. Selain itu kamu juga bisa melihat banyaknya ikan-ikan berenang bebas kesana kemari menghiasi beningnya air laut di sini. Seru kan?

Sebagai pantai yang tersembunyi, Pantai Jungwok memiliki fasilitas seadanya. Di sini disediain fasilitas toilet dan kamar mandi umum. Tapi, kalo buat makanan buat kamu yang niat berkemah sebaiknya bawa perbekalan yang cukup ya, karena belum banyak warung. Menariknya, di sini ada yang jual kayu bakar untuk membuat api unggun. Biaya masuk ke pantainya pun sangat terjangkau, kamu hanya perlu membayar Rp. 5000 saja. Biaya lainnya cuma bayar parkir aja sekitar Rp. 5000 juga.

5. Eksotisme Pantai Drini yang Menawarkan Sensasi Liburan Serasa di Pantai Pribadi

Pantai tersembunyi di Jogja

 

Sumber foto: liburmulu.com

Masih berlokasi dekat Gunung Kidul, ada satu pantai tersembunyi lain yang menawarkan sensasi liburan serasa di pantai pribadi, yaitu Pantai Drini. Yup! Zona wisata pantai Gunung Kidul emang gak boleh terlewatkan. Kondisi Pantai Drini ini masih sangat bersih, angin berhembus sejuk, pepohonan yang rindang, air bening dengan karang-karang kecil dan pasir putih memesona adalah ciri sebuah pantai perawan. View pantai yang masih alami dengan bukit-bukitnya yang hijau ini memiliki 2 sisi timur dan barat serta adanya pulau karang kecil ditengahnya membuat pantai ini terlihat unik.

Rasakan sensasi merendam kaki di sisi Pantai Pulau Drini, ditemani koleksi aquarium laut yang beragam, tergigit hewan tanpa gigi akan menjadi sebuh pijatan refleksi untuk kaki, melemaskan otot sejenak setelah jauh melangkah 2-3 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Apalagi sambil melihat pemandangan elok timur laut, berdiri gagah tebing raksasa dengan pohon liar hijau bersiul pelan terhembus semilir angin. Hmm.. Benar-benar sebuah sensasi liburan yang bakal bikin moodmu semakin rileks.

6. Nikmati Surga Tersembunyi di Pantai Peyuyon Sambil Ditemani Semilir Angin

Pantai tersembunyi di Jogja

Sumber foto: Cappucini Coffee

Pantai Peyuyon termasuk salah satu pantai tersembunyi di Jogja yang gak kalah cantik. Hamparan pasir putihnya emang gak terlalu luas, tapi keindahan dan keasriannya membuat siapapun akan terbius olehnya. Deburan ombak Pantai Peyuyon yang kerap menghantam tebing menimbulkan bunyi-bunyian khas pantai yang bakal susah dilupain. Pasir pantainya masih sangat bersih, airnya jernih kebiru-biruan, dan di dalamnya banyak sekali ikan kecil berenang.

Kamu juga bakal nemuin cukup banyak pohon pandan yang menghiasi Pantai Peyuyon. Dua buah tebing kokoh di kanan dan kirinya membuat suasana adem dan gak begitu panas ketika matahari bersinar. Di pantai ini kamu gak akan banyak menemukan wisatawan, cuma beberapa nelayan aja yang tampak menjaring ikan. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menitipkan kendaraan di gubug petani dan berjalan melewati ladang sejauh 20 menit. Pantai ini juga bisa untuk camping dan memancing lho, dijamin bikin liburanmu semakin tak terlupakan!

7. Temukan Romantisme Senja yang Manis di Pantai Cemara Sewu Jogja

Pantai tersembunyi di Jogja

Sumber foto: Pinterest

Dari namanya aja kamu udah bisa nebak dong, kalo pantai tersembunyi di Jogja ini bakalan ada pohon cemaranya? Ya, emang bener, Pantai Cemara Sewu ini memiliki keunikan tersendiri sebagai pantai tersembunyi diantara pepohonan cemara yang indah dan cantik. Deretan pohon cemara ini seakan seperti pagar yang menunjukan jalan buat kamu yang akan menuju ke tepian pantai. Ranting dan dahan pohon cemara saling bertautan menciptakan semacam lorong yang berujung pada pemandangan laut selatan yang eksotis.

Hamparan laut biru yang luas dengan pasir kecoklatan serta rindangnya pohon cemara di sini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Gak cuma itu, suasananya yang hening karena masih jarang dikunjungi wisatawan membuat kamu akan betah berlama-lama menikmati hembusan angin pantai di sini. Pantas rasanya kalau Pantai Cemara Sewu dimasukan daftar pantai romantis di Jogja, karena pantai ini juga layak dijadikan tempat foto prewedding bareng orang terkasih.

8. Asyiknya Menikmati Kesunyian dan Keindahan Pantai Ngeden

Pantai tersembunyi di Jogja

Sumber foto: Deskgram

Satu lagi pantai tersembunyi di Jogja yang gak kalah indah dibandingkan pantai-pantai di atas, yaitu Pantai Ngeden. Pantai ini terletak di dusun Bedalo, desa Krambit Sawit, Gunung Kidul. Lebih tepatnya pantai ini sebelah pantai gesing. Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang bersih dan alami. Diapit oleh dua tebing kokoh, membuat Pantai Ngeden atau yang sering disebut Ngedan ini jadi semakin eksotis. Seolah-olah seperti pantai pribadi yang mungkil.

Garis pantainya yang gak begitu luas dan masih dipenuhi karang, membuat kesan alami benar-benar terasa di sini. Kamu bisa menikmati kesunyian dan keindahan Pantai Ngeden sambil bermain air dan melihat ombak yang berdeburan. Melihat indahnya pemandangan laut lepas, angin yang sepoi-sepoi, juga nampak nelayan dari kejauhan. Selain itu, di sini juga bisa jadi tempat memancing, karena berbatasan langsung dengan perairan laut dalam yang biasanya banyak ikannya.

Nah, itu tadi deretan pantai tersembunyi di Jogja yang bisa kamu kunjungi saat liburan di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Pantai cantiknya bikin kamu ngiler pengin liburan kan? Kalo mau ke Jogja, jangan lupa booking hotelnya di Mister Aladin, ya!

Komentar