Pantai tersembunyi di Jogja
08.Apr.2019

Bikin Rileks! Ini Dia 8 Pantai Tersembunyi di Jogja yang Bakal Nenangin Pikiran Kamu


Siapa di sini yang bakal nolak kalau diajak ke pantai? Yup! Pantai emang destinasi favorit banyak orang untuk berlibur dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Di pantai, kita bisa melihat timbul dan tenggelamnya matahari, menghirup aroma air laut yang segar, serta mendengar gemerisik daun kelapa yang tertiup angin dan deburan ombak yang menenangkan. Bikin ngangenin banget, kan, suasana pantainya?

0
0
0

Apalagi kalau pantai-pantai tersebut masih jadi wisata tersembunyi yang belum banyak orang ketahui. Kamu serasa diajak untuk bermain di pantai sendiri dengan suasana tenang. Nah, buat kamu yang lagi pengin liburan ke pantai yang indah yang suasananya tenang serta jauh dari hiruk pikuk wisawatan, kayaknya daftar pantai tersembunyi di Jogja ini wajib kamu kunjungi, deh! Penasaran di mana pantai tersembunyi di Jogja tersebut? Cekidot daftar di bawah ini!

 

1. Pantai Widodaren

Pantai Widodaren: Spot Camping Ciamik Di Jogja. Yuk Agendakan ...

Sumber gambar: https://wedangkopiprambanan.com/pantai-widodaren-spot-camping-ciamik-di-jogja-yuk-agendakan/

Widodaren dalam bahasa Jawa artinya bidadari. Sesuai namanya, pantai ini memang cantik, secantik bidadari. Indah, bersih, dan belum banyak terjamah wisatawan. Pantai ini memiliki bibir pantai yang berada di bawah tebing karang. Nikmati duduk di atas tebing karang yang didominasi rerumputan sambil melihat pemandangan senja di Pantai Widodaren yang cantiknya luar biasa. Ombak dan udara menggerus karang-karang tajam di pantai dengan begitu manis.

Keindahan pantai berpasir putih yang terbilang jarang dijamah ini kian lengkap kala matahari terbenam di ufuk barat sambil ditemani semilir angin. Akses kendaraan yang belum tersedia menuju Pantai Widodaren membuat kamu harus rela berjalan melewati beberapa bukit dan pantai sebelum menginjakan kaki di salah satu pantai tersembunyi di Jogja ini.

 

2. Pantai Srakung 

Wisata Jogja Terbaru 2016 Pantai Srakung Jogja

Sumber gambar: http://infojogja-kangmas.blogspot.com/2016/01/pantai-srakung-jogja.html

Di Kecamatan Girisubo, terdapat pantai yang masih perawan yang belum terlalu banyak tereksplorasi oleh wisatawan. Cocok banget untuk kamu yang ingin mencari ketenangan sejenak dari rutinitas yang membuatmu penat. Pantai ini diapit oleh dua tebing di sebelah kanan dan kirinya. Pasir putih yang lembut dan deburan ombak yang menenangkan akan membuat mood-mu jadi lebih rileks.

Pantai tersembunyi di Jogja ini memiliki fasilitas yang masih terbatas. Untuk menuju ke sini, kamu harus memarkir kendaraan 1 kilometer dari pantai lalu menyusuri jalan yang masih berbatu. Meski harus ada perjuangan demi menuju Pantai Srakung, semua akan dibayar tuntas saat kamu sampai. Pantainya yang bersih dan eksotis tentu jadi hadiah tersendiri. Membuatmu betah berlama-lama di sini.

 

3. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas

Sumber gambar: https://www.alodiatour.com/pantai-sedahan/

Pantai tersembunyi berikutnya adalah Pantai Sedahan yang merupakan wisata pantai unggulan di Gunung Kidul. Pantai Sedahan ini mirip sebuah teluk kecil sehingga cukup aman dari bahaya ombak besar. Hamparan pasir putih, bukit karang, ombak yang tenang, dan tebing hijau yang mengapitnya menjadikan pantai ini asyik buat nge-camp bareng teman, sahabat atau orang terkasih. Rasanya gak akan cukup menghabiskan waktu sehari untuk menjelajah pantai cantik ini.

Selain camping, biasanya pengunjung yang datang ke pantai ini menghabiskan waktu dengan bersantai, berenang atau memancing. Seru banget, kan! Buat kamu yang suka tempat indah, tapi sepi dan tersembunyi, Pantai Sedahan ini sangat direkomendasikan. Untuk menuju ke pantai ini, kamu harus rela berjalan cukup jauh dari perkampungan warga. Kalau ingin perjalanan yang lebih menantang dan indah, kamu bisa coba berjalan menyusuri garis pantai ini. Dijamin bakal jadi pengalaman yang gak akan pernah dilupain!

 

4. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok 🏖️ HTM, Rute, Foto & Ulasan Pengunjung

Sumber gambar: https://www.pantainesia.com/pantai-jungwok

Satu lagi pantai tersembunyi di Jogja yang gak kalah indah adalah Pantai Jungwok. Dari namanya, pantai ini cukup unik, ya. Sekilas, sih kayak mengandung unsur bahasa Korea gitu. Tapi, jangan salah, pantai ini asli Indonesia, lho. Letaknya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sekitar 500 meter dari Pantai Wediombo.

Pantai Jungwok ini memiliki garis pantai yang melengkung. Jadi, kamu bisa leluasa menjelajahi area pantai dengan pasirnya yang putih dan halus. Selain itu, kamu juga bisa melihat ikan-ikan berenang bebas ke sana kemari yang menghiasi beningnya air laut di sini. Seru, kan?

Di sini, disediain fasilitas toilet dan kamar mandi umum. Tapi, kalau buat makanan, sebaiknya kamu bawa perbekalan yang cukup, karena belum banyak warung. Menariknya, di sini ada yang jual kayu bakar untuk membuat api unggun. Biaya masuk ke pantainya pun sangat terjangkau, kamu hanya perlu membayar Rp5.000 saja. Biaya lainnya adalah retribusi parkir, Rp5.000 juga.

 

5. Pantai Drini

Sumber foto: https://liburmulu.com/pantai-drini-yang-begitu-menggoda-hati/ombak-pantai-drini-yang-menawan/

Masih berlokasi dekat Gunung Kidul, ada satu pantai tersembunyi lain yang menawarkan sensasi liburan serasa di pantai pribadi, yaitu Pantai Drini. Yup! Wisata pantai di Gunung Kidul emang gak boleh terlewatkan. Kondisi Pantai Drini ini masih sangat bersih. Angin berhembus sejuk, pepohonan rindang, air bening dengan karang-karang kecil, dan pasir putih memesona adalah ciri sebuah pantai perawan. Pantai yang masih alami dengan bukit-bukitnya yang hijau ini memiliki 2 sisi, timur dan barat. Pulau karang kecil di tengahnya membuat pantai ini terlihat unik.

Rasakan sensasi merendam kaki di sisi Pantai Pulau Drini ditemani hewan laut yang beragam. Tergigit hewan tanpa gigi akan menjadi sebuh pijatan refleksi untuk kaki, cocok untuk melemaskan otot sejenak setelah jauh melangkah 2-3 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja. Apalagi sambil melihat pemandangan elok laut, berdiri gagah di tebing raksasa, dan menikmati semilir angin. Hmm..benar-benar sebuah sensasi liburan yang bakal bikin mood-mu semakin rileks.

 

6. Pantai Peyuyon

Lokasi & Tiket Masuk Pantai Peyuyon, Pantai Tersembunyi di Gunung ...

Sumber foto: https://nyero.id/pantai-peyuyon/

Pantai Peyuyon termasuk salah satu pantai tersembunyi di Jogja yang gak kalah cantik. Hamparan pasir putihnya emang gak terlalu luas, tapi keindahan dan keasriannya membuat siapa pun akan terbius olehnya. Deburan ombak Pantai Peyuyon yang kerap menghantam tebing menimbulkan bunyi-bunyian khas pantai yang bakal susah dilupain. Pasir pantainya masih sangat bersih, airnya jernih kebiru-biruan, dan di dalamnya banyak sekali ikan kecil berenang.

Kamu juga bakal nemuin cukup banyak pohon pandan yang menghiasi Pantai Peyuyon. Dua tebing kokoh di kanan dan kirinya membuat suasana adem dan gak begitu panas ketika matahari bersinar. Di pantai ini, kamu gak akan banyak menemukan wisatawan, cuma beberapa nelayan yang menjaring ikan. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menitipkan kendaraan di gubug petani dan berjalan melewati ladang sejauh 20 menit. Pantai ini juga bisa untuk camping dan memancing, lho. Dijamin bikin liburanmu semakin tak terlupakan!

 

7. Pantai Cemara Sewu

Sumber gambar: https://www.pinterest.ca/pin/453948837435879983/

Dari namanya aja kamu udah bisa nebak dong, kalau di pantai tersembunyi di Jogja ini ada pohon cemaranya? Ya, emang bener, Pantai Cemara Sewu ini memiliki keunikan tersendiri sebagai pantai tersembunyi di antara pepohonan cemara yang indah dan cantik. Deretan pohon cemara ini seakan seperti pagar yang menunjukkan jalan buat kamu yang akan menuju ke tepian pantai. Ranting dan dahan pohon cemara saling bertautan menciptakan semacam lorong yang berujung pada pemandangan laut selatan yang eksotis.

Hamparan laut biru yang luas dengan pasir kecoklatan serta rindangnya pohon cemara di sini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Gak cuma itu, suasananya yang hening karena masih jarang dikunjungi wisatawan membuat kamu akan betah berlama-lama menikmati hembusan angin pantai di sini. Pantas rasanya kalau Pantai Cemara Sewu dimasukkan daftar pantai romantis di Jogja, karena pantai ini juga layak dijadikan tempat foto pre-wedding bareng orang terkasih.

 

8. Pantai Ngeden

Pantai Ngeden, surga tersembunyi di antara tebing karst Gunungkid

Sumber gambar: https://www.brilio.net/life/pantai-ngeden-surga-tersembunyi-di-antara-tebing-karst-gunungkidul-150727n.html#

Satu lagi pantai tersembunyi di Jogja yang gak kalah indah dibandingkan pantai-pantai di atas, yaitu Pantai Ngeden. Pantai ini terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambit Sawit, Gunung Kidul. Lebih tepatnya, pantai ini berada di sebelah Pantai Gesing. Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang bersih dan alami. Diapit oleh dua tebing kokoh membuat Pantai Ngeden atau yang sering disebut Ngedan ini jadi semakin eksotis. Seolah-olah seperti pantai pribadi yang mungil.

Garis pantainya yang gak begitu luas dan masih dipenuhi karang membuat kesan alami benar-benar terasa di sini. Kamu bisa menikmati kesunyian dan keindahan Pantai Ngeden sambil bermain air dan melihat ombak yang berdeburan. Di sini, kamu bisa melihat indahnya pemandangan laut lepas, merasakan angin yang sepoi-sepoi, dan menyaksikan aktivitas nelayan dari kejauhan. Pantai ini juga bisa jadi tempat memancing, karena berbatasan langsung dengan perairan laut dalam yang biasanya banyak ikannya.

Nah, itu tadi deretan pantai tersembunyi di Jogja yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Jogja dan sekitarnya. Pantai cantiknya bikin kamu ngiler pengin liburan, kan? Kalau mau ke Jogja, jangan lupa booking hotelnya di Mister Aladin, ya!

Komentar