01.Dec.2015

Berpetualang Mengelilingi Ribuan Candi dan Stupa di Bagan, Myanmar


Aladiners, liburan terakhir kamu pergi ke mana? Bandung? Puncak? Jogja? Ada rencana liburan ke luar negeri? Selain Malaysia dan Singapura, negara-negara lain di Asia Tenggara juga bagus-bagus, lho. Bukan cuma terjangkau, tapi tempat-tempat wisatanya juga tidak kalah kerennya, kok dibandingkan Eropa, Amerika, atau belahan Asia lainnya. Lagipula, apa kamu tidak bosan jalan-jalan ke tempat mainstream terus? Ada banyak banget permata tersembunyi di Asia Tenggara yang belum banyak dikenal oleh masyarakat kita. Bagan adalah salah satunya.

0
0
0

[caption id="attachment_36447" align="aligncenter" width="1050"]Berpetualang Mengelilingi Ribuan Candi dan Stupa di Bagan Myanmar Sumber: CNN Indonesia[/caption]

Bagan lokasinya ada di Myanmar, Aladiners. Kota kuno ini ibarat permata yang baru digali dan diasah. Cantik! Bayangin aja, di kota seluas 42 kilometer persegi ini ada sekitar 2.200 stupa dan candi, lho. Menurut cerita, ratusan tahu yang lalu jumlah candi dan stupanya mencapai 13.000. Tapi karena bencana alam dan serangan dari bangsa Mongol, banyak bangunannya yang runtuh.

[caption id="attachment_36448" align="aligncenter" width="1024"] Sumber: wikipedia[/caption]

Batu bata merah digunakan sebagai bahan bangunan candi dan stupa. Warnanya kontras dengan pasir, pepohonan, dan semak-semak di sekitarnya. Keren banget buat foto-foto. Lebih asyik lagi kalau kamu bisa naik ke salah satu candi terbesarnya dan melihat cantiknya Bagan dengan stupa-stupa yang berdekatan dari atas. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan ini dari atas balon udara, lho. Cantiknya Bagan dilihat dari atas balon udara saat matahari terbit, dijamin bisa bikin mata berkaca-kaca.

[caption id="attachment_36450" align="aligncenter" width="1024"] Sumber: Shutterstock[/caption]

Sarana transportasi yang paling banyak digunakan untuk berkeliling Bagan adalah dengan mengendarai sepeda atau e-bike (sepeda elektrik). Kendaraan ini dianggap paling nyaman karena kamu harus melewati jalan setapak menelusuri hutan untuk mengunjungi candi-candi dan stupa yang ada di sini. Berkeliling Bagan akan membuat kamu serasa berada di dalam film Indiana Jones atau National Treasure, Aladiners. Saking banyaknya candi dan stupa di kota ini, kamu bisa merasakan rasanya mengunjungi candi tanpa ada orang lain di sekitar kamu. Seru banget, deh!

[caption id="attachment_36449" align="aligncenter" width="1024"] Sumber: visitsoutheastasia.travel[/caption]

Komentar