26.Aug.2019

Berkirim Surat lewat 5 Kantor Pos Unik


Pak pos membawa berita dari yang kudambaSepucuk surat yang wangi, warnanya pun merah hati..... Ada yang masih berkirim surat lewat kantor pos? Rasanya udah jarang banget, ya, bahkan hampir nggak ada. Well, kali aja ada yang masih berkirim surat lewat kantor pos, kalian bisa coba mengirimnya lewat 5 kantor pos unik ini. Ada yang di bawah laut, ada yang di gunung, ada juga yang di "neraka".

0
0
0

1. Vanuatu Post Office

Sumber: https://www.outlookindia.com/outlooktraveller/photos/this-underwater-post-office-in-vanuatu-is-visited-by-snorkellers-and-scuba-divers/9167

Kalian yang hobi menyelam, kalian bisa coba datang ke kantor pos di Vanuatu. Sambil menyelam sambil berkirim kartu pos. Vanuatu adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik Selatan. Di sana, tepatnya di Pulau Hideway, ada  kantor pos yang terletak di bawah laut di kedalaman 50 meter. Kantor pos tersebut berupa tangki yang terbuat dari fiberglass.

Apa gak basah, tuh, kartu posnya? Enggak, dong. Kartu pos yang ada di sana adalah kartu pos yang tahan air alias waterproof. Ada atau tidaknya petugas di kantor pos bawah laut di Vanuatu bisa dilihat dari ada atau tidaknya bendera yang terpasang di kapal di permukaan laut.

Coba bayangin kalian pergi ke sana. Pasti asyik, ya, bisa ngirim kartu pos dari bawah laut. Kalau udah selesai ngirim, jangan langsung beranjak. Nikmati dulu keindahan bawah laut Pulau Hideaway. Ada terumbu karang dan ikan yang cantik-cantik!

2. China Post Office

Sumber: http://www.mountainsoftravelphotos.com/Everest%20Tibet/05%20Rong%20Pu%20Monastery/slides/00C%20Tibetan%20Village%20Post%20Office%20On%20The%20Way%20From%20Rongbuk%20Monastery%20To%20Mount%20Everest%20North%20Face%20Base%20Camp%20In%20Tibet.html

Kantor pos tertinggi di dunia? Ya kantor pos di China ini. Gimana nggak tertinggi, orang lokasinya di base camp pendakian Gunung Everest di Kota Xigaze. Kalian tahu, kan, bahwa Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia?

Kantor pos tersebut berada di ketinggian 5.200 m. Dari puncak Gunung Everest, jaraknya sekitar 19 km.  Sudah sejak 2001 kantor pos tersebut berdiri. Layaknya kantor pos pada umumnya, kantor pos tersebut menerima layanan pengiriman surat, kartu pos, dan barang. Jam operasionalnya adalah dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore. Ingat, kantor pos tersebut hanya buka pada April—Oktober.

3. Lockroy Port Post Office

Sumber: https://www.loveexploring.com/galleries/66084/port-lockroy?page=1

Lockroy port atau pelabuhan Lockroy terletak di Pulau Goudier, Antartika. Dulunya, pelabuhan tersebut adalah pangkalan penelitian. Mungkin, pegawai kantor pos pelabuhan Lockroy adalah pegawai kantor yang paling tersiksa hidupnya. Boro-boro internet, untuk dapat air aja susah. Iya, mandi adalah “barang mewah”di sana. Belum lagi, ada gangguan dari ribuan penguin. Idihh….

Setiap tahunnya, kantor pos tersebut menerima puluhan ribu surat yang dikirim oleh para penumpang kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Lockroy. Mata uang yang digunakan di sana ada tiga macam, yakni dolar sebagai mata uang utama, euro, dan poundsterling.

Kantor pos tersebut pernah membuka lowongan pekerjaan untuk posisi pengantar dan penyortir surat. Gajinya Rp20juta per bulan. Lumayan, kan? Tapi, ya, gitu, deh. Kalau jadi petugas kantor pos di sana, kalian harus siap menjalani hidup layaknya orang terasing bersama penguin sebagai teman sehari-hari.

4. Hell Post Office

Sumber: https://www.hoylen.com/photos/2011/caribbean/cayman-islands/pic3.html

Welcome to Hell and Hell’s Only Post Office. Begitulah bunyi tulisan pada papan merah-kuning yang akan menyambut kalian saat tiba di kantor pos Hell. Nama Hell diambil dari nama wilayah tempat kantor pos tersebut berada.

Hell adalah situs geologi di Pulau Grand Cayman, West Bay yang terkenal dengan batu kapur yang menghitam. Kawasan tersebut ramai dikunjungi para turis. Selain tertarik dengan batu kapur hitamnya, para turis juga nggak ingin melewatkan kesempatan untuk datang ke kantor posnya. Jarang-jarang, kan, bisa ngirim surat dari "neraka".

5. Post Office Bay

Jika lihat gambarnya di bawah, kesannya kantor pos tersebut berantakan, nggak terawat, dan terbelangkai gitu, ya. Namun demikian, sampai saat ini, kantor pos tersebut masih berfungsi. Keberadaan kantor pos tersebut bermula dari kru kapal penangkap paus.

Kantor pos Bay terletak di Pulau Floreana, Kepulauan Galapago. Pulau Floreana terkenal sebagai pulau tempatnya berburu paus. Kru-kru kapal yang sedang berburu paus di sana kesusahan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan sanak saudara. Kesusahan itu lantas berbuah ide.

Sumber: https://www.nationalgeographic.com/travel/destinations/south-america/ecuador/galapagos-post-office-bay/

Mereka meninggalkan surat di sebuah tempat di Pulau Floreana. Kapal-kapal lain yang melewati tempat tersebut mengambil surat-surat itu lalu mengantarkannya ke tempat tujuan. Pesan dari kru kapal penangkap paus pun bisa tersampaikan ke keluarga atau sanak saudara mereka. Tempat tersebut lantas dikenal sebagai kantor pos Bay.

Sampai sekarang, masih banyak pengunjung yang datang ke Kepulauan Galapago yang meninggalkan surat di kantor pos Bay. Pengunjung lain, yang kebetulan alamat rumahnya dekat dengan alamat tujuan surat, akan mengambil surat-surat tersebut dan mengantarkannya ke penerima surat.

Komentar