16.Apr.2015

Letusan Gunung Berapi Penyebab Kiamat?


Sudah pernah nonton film 2012? Pasti sudah, dong ya. Di film tersebut, digambarkan bahwa dunia "kiamat" setelah dilanda banyak bencana besar yang terjadi dalam waktu bersamaan. Tapi kalau di dunia nyata, mungkin tidak ya hal itu terjadi? Ada banyak penyebab yang bisa meluluh lantahkan seluruh kehidupan di muka bumi ini. Mulai dari serangan virus, gempa bumi, tsunami, radiasi nuklir, jatuhnya meteor, bahkan sampai serangan alien. Tapi apa, sih bencana yang paling mungkin menyebabkan kiamat dunia? Mister Aladin punya jawabannya.

0
0
0

Penelitian baru-baru ini berkesimpulan bahwa letusan gunung berapi lah yang kemungkinan besar akan melenyapkan seluruh kehidupan yang ada di muka bumi. Kenapa? Coba lihat kejadian-kejadian gunung meletus yang pernah terjadi di masa lampau. Misalnya, letusan Gunung Tambora yang terjadi di tahun 1815 dan membunuh setidaknya 100.000 orang. Kebayang kalau letusan dengan kekuatan yang sama terjadi saat ini, di mana jumlah penduduk sudah puluhan kali lipat jumlahnya. Hii, ngeri!

Lake Toba

sumber foto: www.shutterstock.com

Dan tahukah kamu kalau letusan gunung berapi terbesar sepanjang sejarah terjadi di Indonesia? 74.000 tahun yang lalu, gunung di Pulau Sumatera meletus dan membentuk sebuah danau kawah yang sekarang kita kenal dengan nama Danau Toba. Pada saat itu, setidaknya setengah kehidupan di bumi musnah karena musim dingin yang terjadi berkepanjangan di seluruh dunia selama 10 tahun. Suhu bumi juga turun drastis selama 1000 tahun lamanya.

Lalu, gunung apa yang bisa menyebabkan kiamat dunia saat ini? Pernah dengar Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat? Taman seluas 8.983 km2 ini berlokasi di atas supervolcano raksasa yang besarnya bahkan lebih besar dari taman itu sendiri! Nah, kalau gunung tersebut meletus, habis lah dunia.

Nah, satu lagi nih. Tahukah kamu kalau Indonesia memiliki jumlah gunung berapi aktif terbanyak di dunia? Yap, dengan 76 gunung berapi aktif, Indonesia juga memegang rekor letusan gunung terbanyak sepanjang sejarah dengan total 1.171 letusan hingga sekarang.

Komentar