Belum Kepikiran Traveling ke Irlandia? Ini 8 Alasan yang Dijamin Bikin Kamu Ngidam ke Sana!


Setiap negara punya daya tarik masing-masing yang ngebuat mereka jadi destinasi favorit wisatawan dunia. Gak terkecuali Irlandia. Setelah sebelumnya Mister ngasih beberapa alasan kenapa kamu harus liburan ke Yordania, gak ada salahnya kalau kamu juga masukin Irlandia ke jadwal liburan kamu taun depan. Eits, jangan ketuker sama Irlandia Utara yang tergabung di United Kingdom, ya. Walaupun Mister yakin gak kalah cantik, tapi kali ini kita bakal ngebahas tentang Republik Irlandianya. Pengen tau segimana menariknya negara ini? Kuy, kita lanjut!

0
0
0

1. Visanya GRATIS!

Sumber foto: abppensioen.info

Yap, kamu gak salah baca. Untuk warga negara Indonesia yang pengen ke Republik Irlandia, visanya gratis-tis-tis-tis! Beruntungnya, Indonesia adalah salah satu dari 16 negara di dunia yang dibebaskan dari biaya ini. Walaupun masih harus apply ke kedutaan, tapi seenggaknya kita gak dibebankan sama biaya visa. Lumayan, lho, negara-negara lain harus bayar €60 (Rp920.000) untuk single entry visa atau €100 (Rp1.540.000) untuk multi entry visa. Mungkin karena Irlandia sayang banget sama Indonesia kali, ya. Hehe.

2. Alamnya kelewat cantik

Sumber foto: wallpapercave.com

Kalau di tahun 90-an kamu sempet jadi penggemarnya Westlife, pasti udah gak awam sama pemandangan super cantik dari negara ini. Cliffs of Moher pernah jadi lokasi shooting video klip mereka yang berjudul My Love. Selain itu, Irlandia juga terkenal punya salah satu jalur road trip terindah di dunia, Wild Atlantic Way dan The Ring of Kerry. Demen Ed Sheeran? Pasti tau lagu Galway Girl, dong? Galway ini lokasinya juga di Republik Irlandia, lho. Di dekat Galway ada satu kepulauan bernama Aran Islands yang indahnya dahsyat mengguncang kalbu!

3. Sering jadi lokasi shooting film Hollywood

Sumber foto: www.claytonhotelgalway.ie

Karena keindahan alamnya yang cantik tadi, gak heran kalau negara ini jadi lokasi favorit buat film-film dan serial TV terkenal dunia. Kamu suka Star Wars? Pasti inget sama adegan di film Star Wars: The Last Jedi pas Luke Skywalker ditemuin di puncak gunung, dong ya? Nah, adegan itu diambil di Skellig Michael yang berlokasi di County Kerry. Selain jadi lokasi shooting video klip Westlife, Cliffs of Moher juga pernah masuk film Harry Potter & the Half Blood Prince, lho. Ada juga Ballintoy di serial Game of Thrones, Curragh Plains di film Braveheart, Curracloe Strand di film Saving Private Ryan, Lough Tay di serial Vikings, dan masih banyak lagi.

4. Punya pub tertua di dunia

Sumber foto: cis2016.aisnet.org

Sering ngeliat, kan, di Jakarta maupun luar negeri, yang namanya Irish Pub. Budaya pub atau bar itu emang asalnya dari negara ini. Beberapa pub yang ada di Irlandia bahkan usianya hampir 1.000 tahun, sodara-sodara! Contohnya Brazen Head Pub di Dublin yang udah ada sejak tahun 1198. Masih kurang jadul? Ada juga Sean’s Bar di Athlone yang udah berdiri sejak tahun 900-an. Kalau kamu pengen nyobain minum bir Guiness langsung di pabriknya, bisa juga di sini. Kamu gak minum? Gak perlu khawatir! Pub-pub di negara ini juga ngejual makanan-makanan khas Irlandia yang wajib kamu cobain.

5. Masyarakatnya percaya peri

Sumber foto: wikipedia.org

Dikira orang Indonesia aja yang bisa percaya sama makhluk-makhluk klenik? Orang-orang di Irlandia juga gak mau kalah. Sebagian besar masyarakat negara ini percaya kalau makhluk-makhluk gaib kayak peri, kurcaci, elf, dan leprechaun itu bener-bener ada. Kerennya juga ada banyak situs di Irlandia yang fungsi dan proses terbentuknya hingga sekarang belum bisa dijelasin secara keilmuan. Contohnya kayak Bullaun Stone yang dipercaya kalau disentuh bisa mewujudkan keinginan dan perkataan jadi nyata. Ada juga Fairy Ring atau Fairy Fort yang dipercaya sebagai tempat tinggal para peri. Bentuknya melingkar dan bisa terbuat dari batu, lumpur, rumput, sampai barisan jamur.

6. Kastil-kastilnya lebih “asli”

Sumber foto: inphotos.org

Ah, Inggris juga banyak kastilnya. Iya, sih, tapi menurut Mister kastil-kastil yang ada di Irlandia jauh lebih “original”. Beda, ya, sama gak diurus. Kastil-kastil yang ada di sini bentuknya masih bener-bener asli dan baru beberapa kali direnovasi semenjak pertama dibangun. Contohnya kayak Blarney Castle yang merupakan kastil paling banyak dikunjungi wisatawan di Republik Irlandia. Di sini, ada batu Blarney Stone yang menurut mitosnya kalau dicium bisa bikin kita jadi pinter ngomong. Terus masih ada lagi ratusan reruntuhan kastil lain yang gak kalah cakepnya. Lebih serunya lagi, kamu bisa nginep di beberapa kastil yang ada di sini, lho!

7. Punya situs-situs bersejarah yang lebih tua dibanding piramida

Sumber foto: www.tripsavvy.com

Di County Meath ada satu situs Neolitikum, Brú na Bóinne, yang usianya beberapa ratus tahun lebih tua dari Stonehenge di Inggris dan Piramida Giza di Mesir! Bahkan hingga sekarang, belum ada satu pun orang yang bisa menjelaskan gimana orang-orang pada masa itu bisa ngebangun makam bawah tanah cuma dengan menggunakan lumpur. Udah gitu masih awet lagi sampai sekarang. Situs ini paling banyak didatengin pas titik balik matahari di musim dingin. Di periode ini, sinar matahari masuk dari sela-sela makam dan bikin seluruh ruangan di Brú na Bóinne jadi terang untuk beberapa menit.

8. SIM Indonesia bisa dipakai!

Sumber foto: www.ireland.com

Ini beneran, lho! Kamu gak perlu repot ngabisin waktu dan biaya buat bikin SIM internasional buat nyetir di Irlandia. Saking sayangnya mereka sama Indonesia (cieee), negara ini mengizinkan warga negara Indonesia buat menyewa mobil cuma dengan SIM nasional kita. Lebih asiknya lagi, orang-orang di Irlandia juga nyetirnya di jalur kiri, sama kayak kita. Gak perlu belajar-belajar lagi, deh, supaya gak kagok.

Komentar

Tinggalkan Komentar: