30.Oct.2017

Awas Terjebak! Kenali 5 Jenis Travel Scam Berikut Ini


 

0
0
0

5 Jenis Travel Scam - Waktu berlibur, sudah jadi kewajiban bagi semua traveler untuk lebih awas dengan keadaan sekitar. Apalagi banyak modus penipuan atau scam di mana-mana. Makanya, penting banget untuk kamu mengetahui jenis-jenis scam yang saat ini umum dilakukan oleh orang-orang di daerah atau negara tertentu. Jangan sampai deh pengeluaran kamu jadi membengkak berkali-kali lipat karena kamu terjebak scam. Supaya kamu lebih awas akan modus-modus penipuan tersebut, yuk lihat tipe-tipe travel scam di bawah ini.

 

1. Taxi scam

Sumber gambar: Shutterstock

Mau naik taksi, tapi taksinya tidak ada tanpa pengenal atau argonya? Cari taksi lain! Kemungkinan besar taksi tersebut akan meminta bayaran lebih besar dari seharusnya. Untuk amannya, sebelum liburan, kamu cari tahu terlebih dulu kira-kira berapa harga taksi yang harus kamu bayar ke tempat yang ingin kamu datangi. Bisa dengan mencari tahu di blog-blog orang yang pernah ke sana, atau bertanya ke resepsionis hotel tempat kamu menginap. Selain itu, penting juga untuk kamu mempelajari rute perjalanannya. Soalnya bisa saja taksi yang kamu naiki membawa kamu berputar ke tempat yang jauh untuk menambah biaya argo.

 

2. Membawa kamu ke hotel yang berbeda

Sumber gambar: Shutterstock

Ini juga merupakan salah satu tipe scam yang sering dilakukan oleh para pengemudi taksi untuk mendapatkan komisi. Ada banyak hotel yang karena alasan tertentu tidak banyak didatangi, sehingga mereka akan memberikan komisi bagi sopir taksi yang dapat mendatangkan tamu untuk mereka. Hati-hati kalau pengemudi taksi bilang hotel yang ingin kamu datangi sudah penuh, tutup, atau ganti namanya. Bilang saja kalau kamu sudah booking online, dan jangan lupa perhatikan papan nama hotel dan alamatnya. Samakan dengan lembaran voucher yang sudah kamu pegang.

 

3. Rayuan dari orang setempat

Sumber gambar: Shutterstock

Ini nih yang banyak menimpa traveler pria. Kamu patut curiga kalau tiba-tiba ada wanita setempat yang mendekati kamu dan berperilaku sok akrab. Bisa-bisa kamu tidak sadar kalau dompet kamu sudah hilang atau tiba-tiba dapat tagihan dengan nilai yang WOW. Ada beberapa variasi juga untuk scam tipe yang ini. Di beberapa negara, terkadang ada juga yang pura-pura ingin belajar Bahasa Inggris atau penasaran dengan asal negara kamu.

 

4. Tempat wisata sedang ditutup

Sumber gambar: Shutterstock

Modus yang ini bakal sering banget kamu temukan, terutama kalau kamu lagi berlibur di Thailand. Kesasar, terus bertanya ke orang yang ada di pinggir jalan. Jangan langsung percaya kalau dia bilang tempat wisata yang mau kamu datangi sedang tutup atau direnovasi. Apalagi kalau dia tiba-tiba merekomendasikan tempat yang menurutnya lebih menarik dengan biaya yang murah. Wah, buru-buru mundur teratur aja, deh. Kalau kamu tidak yakin dengan arah jalan ke tempat yang mau kamu kunjungi, lebih baik tanya ke resepsionis hotel atau sewa kendaraan langsung di hotel.

 

5. Visa scam

Sumber gambar: Shutterstock

Nah, kalau yang ini sering terjadi ke banyak traveler yang melewati perbatasan darat antar dua negara. Hati-hati kalau ada orang asing atau bahkan pengemudi kendaraan yang sedang kamu naiki bilang bahwa kamu harus buat visa untuk masuk ke negara yang ingin kamu datangi. Jangan sampai kamu dibawa ke bangunan imigrasi palsu yang akan meminta biaya 2 atau 3 kali lipat dari harga sebenarnya. Kamu juga wajib untuk cari tahu sebelum berangkat berlibur, apakah kamu butuh visa atau tidak untuk memasuki negara yang ingin kamu kunjungi.

Komentar

Tinggalkan Komentar: