05.Sep.2019

Awas Mimpi Buruk saat Lihat 5 Patung Seram Ini


Pernah lihat patung, kan? Kalau patung-patung di bawah ini, sudah pernah lihat belum? Hati-hati, bisa-bisa kalian mimpi buruk saat melihatnya. Kenapa begitu? Soalnya patung-patung di bawah ini serem! Keseraman itu bisa datang dari wujud patungnya, bisa juga dari cerita di baliknya. Ada patung yang bisa bergerak, ada juga yang bisa mengeluarkan suara tangisan, dan hal aneh lain. Sudah siap lihat?

0
0
0

1. Patung Menari di Manado

Sumber: https://www.facebook.com/mysteryhistorymdo/photos/a.1652126804834380/1652746068105787/?type=3&theater (diambil dari Tonny Rarung)

Lihat gambar di atas. Nggak ada serem-seremnya sama sekali, kan, patungnya? Wujudnya, sih, memang nggak serem, tapi, kata orang, patung tersebut bisa bergerak. Benda mati, tapi bergerak? Serem, sih.

Wujud patung tersebut adalah sepasang tole (laki-laki) dan keke (perempuan) yang bergaya memeragakan tari Maengket. Patung yang ada sejak 1980-an tersebut terletak di halaman kantor Unit Pelaksana Teknis daerah (UPTD) Taman Budaya Sulawesi Utara.

Menurut saksi mata, ketika lewat jam 12 malam, patung tersebut bergerak. Ya, keduanya benar-benar menari. Seakan itu belum cukup seram, saksi mata lain yang pernah merekam suasana di sekitar lokasi patung mengatakan bahwa dalam rekamannya, salah satu patung tersebut terlihat tidak punya kepala. Adudududu…..

2. Patung Bayi Raksasa di Gianyar

Sumber: https://thekencana.co/haunted-giant-baby-statue-in-bali/ (foto oleh TheKencana/AryaPutra)

Patung ini berada di pertigaan Jalan Raya Sakah, Desa Batuan Keler, Kabupaten Gianyar, Bali. Bayi raksasa yang jadi wujud patung ini merupakan simbol dari Sang Hyang Siwa Budha. Ide pembuatan patung tercetus pada 1989 dari mantan Bupati Gianyar, Cokorda Darana. Ia ingin membangun patung yang terletak di pertigaan. Setelah menggelar rapat, akhirnya diputuskan untuk membangun patung bayi raksasa.

Hal seram terkait patung ini adalah sering terdengar suara tangisan anak di sekitar patung. Ada juga cerita tentang kepala patung yang seolah-olah menoleh ke arah orang yang lewat. Kalau kebetulan lagi lewat pertigaan Jalan Raya Sekah, kalian mending tutup mata kali, ya, biar gak perlu menatap si patung bayi raksasa ini.

3. Patung tanpa Kepala di Legazpi

Sumber: https://philexaminer.com/?p=2311

Setuju, kan, bahwa patung di atas lumayan serem? Gimana nggak serem, orang nggak ada kepalanya. Patung itu terletak di Kota Legazpi, Filipina. Oke, mungkin, tingkat keseraman wujud patung itu gak seberapa. Tapi, cerita di balik pembuatan patung itu bener-bener serem.

Pada 1945, ada warga yang menemukan mayat tanpa kepala. Mayat tersebut adalah tentara Filipina yang gugur dalam Perang Dunia II. Bayangin cuy, mayat tanpa kepala. Ngeri banget! Lihat mayat aja udah ngeri setengah mati. Lha, ini, mayatnya gak punya kepala.

Kengerian itu masih berlanjut. Mayat tanpa kepala itu diarak keliling kota. Kalau lihat arak-arakan kesenian, sih, oke, ya. Lha, ini, lihat arak-arakan mayat. Siapa coba yang nggak bergidik ngeri? Penemuan mayat tanpa kepala inilah yang kemudian menginspirasi pembuatan patung tanpa kepala.

4. Fureai Sekibutsu no Sato di Toyama

Apa jadinya jika kalian hidup di tengah ratusan patung seperti patung di bawah? Pasti ngeri banget, kan? Ratusan patung itu ada di Desa Fureai Sekibutsu no Sato di Perfektur Toyama, Jepang. Dalam bahasa Indonesia, fureai sekibutsu no sato berarti desa di mana kalian bisa menemukan patung-patung Budha.

Desa Fureai Sekibutsu no Sato dikenal setelah fotografer Ken Ohki memublikasikan hasil jepretannya di blognya. Ohki mengatakan bahwa dia nggak seharusnya berada di desa itu. Dia tersesat dan tahu-tahu berada di Desa Fureai Sekibutsu no Sato.

Sumber: https://zetizen.jawapos.com/show/3704/ngeri-sebuah-desa-di-jepang-dihuni-lebih-dari-800-patung (diambil dari Yukison/Ken Ohki)

Desa dan seisi patungnya itu adalah milik Mutsuo Furukawa. Ia membayar seniman asal Tiongkok sebesar 6 milyar yen untuk membuatkannya patung-patung dewa Budha dan patung-patung orang terdekatnya. Furukawa sebenarnya berniat menjadikan desa itu sebagai destinasi wisata. Namun, karena kurangnya perawatan, desa dan patung-patung di dalamnya malah menimbulkan kesan horor.

Denger-denger, ketika matahari terbenam, patung-patung tersebut bergerak-gerak sendiri. Lagi, benda mati, tapi bisa bergerak. Kalau sudah begitu, siapa wisatawan yang berani berkunjung ke sana?

5. Victor's Way Park di Wicklow

Sumber: https://www.inmyireland.com/2018/09/10/amazing-places-in-ireland-victors-way-indian-sculpture-park-co-wicklow/

Patung-patung di Taman Victor’s Way, Wicklow, India ini punya beragam wujud dan itu menggambarkan fase kehidupan manusia, yakni lahir, hidup, lalu meninggal. Wujud patung-patung di sana sama sekali gak ada yang biasa. Semua bikin bulu kuduk merinding. Ada yang berwujud manusia dengan kepala terbelah, manusia dengan tulang-belulang yang nampak jelas, monster di danau, dan masih banyak lagi.

Kalau kalian cukup pemberani, kalian bisa pergi ke taman itu pada April—Oktober. Yup, Taman Victoria’s Way hanya buka pada 13 April—1 Oktober. Di luar tanggal itu, taman tersebut tutup karena sedang masuk musim dingin. HTM-nya ialah 5 euro atau hampir setara dengan Rp80.000.

Komentar