11.May.2018

Antara China, Taiwan, Hong Kong, dan Macau. Apa Bedanya?


Aladiners, tau kan serial Meteor Garden? Berkisah tentang kisah persahabatan 4 pria tampan dengan julukan F4? Serial yang booming di awal 2000an itu berasal dari Taiwan. Tapi kok pemainnya seperti orang China ya? Sebenarnya beda gak sih, antara Taiwan dan China? Ada juga lho negara lain yang mirip-mirip, seperti Macau dan Hong Kong.

1
0
0

Daripada bingung, simak ulasannya berikut ini ya!

1. China (RRT)

sumber foto: gambarbendera.blogspot.co.id

Baik Taiwan, Hong Kong, dan Macau, menyebut negara ini sebagai mainland (tanah daratan). Memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia menjadikan China sebagai negara penganut ideologi komunis terbesar di dunia. China menganut sistem ekonomi sosialis dan memiliki mata uang bernama Yuan.

Negara yang ibu kotanya berada di Beijing ini memiliki nama lengkap People’s Republic of China namun mengubahnya menjadi People’s Republic of Tiongkok (Republik Rakyat Tionghoa/RRT) sejak 2014 lalu.

2. Taiwan

sumber foto: lngworldnews.com

Taiwan dan China berpisah semenjak perang saudara meletus di wilayah mainland (RRT). Hasil dari perang itu, Partai Komunis menang dan menguasai RRT. Sementara yang kalah, Partai Nasionalis atau yang biasa disebut Kuomintang, pergi ke Pulau Formosa (yang masih masuk ke dalam wilayah RRT) dan membentuk negara sendiri.

Taiwan sudah memiliki pemerintahan sendiri, memiliki bendera negara sendiri, memiliki ibu kota di Taipei, dan menganut sistem ekonomi kapitalis serta memiliki mata uang sendiri bernama Taiwan Dollar (TWD). Sayangnya, negara dengan nama lengkap  Republic of Tiongkok (RT) ini hanya diakui sebagai negara merdeka oleh 23 negara. Sehingga, Taiwan disebut sebagai negara dengan pengakuan terbatas.

3. Hong Kong

sumber foto: gambarbendera.blogspot.co.id

Kalo negara satu ini, menjadi negara yang semimerdeka, alias tidak merdeka seutuhnya. Soalnya, Hong Kong merupakan wilayah RRT yang dulunya dikuasai oleh Inggris. Di tahun 1997, Inggris mengembalikan Hong Kong kepada pemerintahan RRT lagi. Namun, Hong Kong sudah memiliki pemerintahannya sendiri, bendera negara sendiri, hingga menganut sistem ekonomi sendiri berupa kapitalis dengan mata uang Hong Kong Dollar (HKD). Karena itulah Hong Kong dan RRT menjadi satu negara dengan 2 sistem.

Berbeda dengan RRT yang membatasi arus informasi dari dunia luar, Hong Kong justru membuka diri kepada dunia. Gak heran jika Hong Kong disebut sebagai Asia’s World City dan disandingkan dengan Singapur sebagai negara kecil yang maju dengan pertumbuhan yang pesat.

4. Macau

sumber foto: washingtonexpressvisas.com

Negara satu ini memiliki status yang sama dengan Hong Kong karena dulunya negara ini dikuasai oleh Portugis, namun dikembalikan ke RRT dengan status satu negara dua sistem. Macau sendiri terkenal sebagai The Sin City of Asia karena menjadi pusat perjudian terbesar di dunia yang buka hingga 24 jam.

Meskipun berada di satu wilayah, keempat negara ini memiliki passport nya masing-masing. Jadi, bagi warga RRT yang ingin pergi ke Taiwan, Hong Kong, atau Macau, wajib menggunakan passport. Begitupun sebaliknya.

Komentar