11.Oct.2018

Aneh! “Mata Jahat” Justru Jadi Souvenir!


Setiap negara yang ada di dunia ini memiliki legenda turun-temurunnya masing-masing. Selayaknya Indonesia, negara-negara di Asia Barat, seperti Turki, Mesir, Saudi Arabia, Afghanistan, dan Meksiko juga memiliki legenda yang dilestarikan secara turun temurun.

0
0
0

Salah satu yang nggak banyak diketahui adalah tentang si “Mata Jahat”. Di Turki misalnya. Masyarakat setempat percaya jika seseorang yang mendapatkan keberuntungan secara terus menerus, biasanya akan menimbulkan sifat iri. Kemudian, orang tersebut akan menjadi sasaran dari kutukan yang diyakini dilemparkan oleh tatapan jahat, yang biasanya diarahkan saat orang yang beruntung itu tidak sadar. Karena itulah dibutuhkan penangkal agar keberuntungan atau kebahagiaan seseorang tidak dapat diambil.

Sumber foto: apakabardunia.com/2012/04/mata-biru-pengusir-setan.html

Masyarakat Turki menyebut jimat ini dengan nama Nazar Boncuğu. Nazar sendiri bermakna mantra, sedangkan Boncuğu memiliki arti manik. Bentuk jimat itu sendiri adalah satu mata yang digambarkan berwarna biru di atas material batu alami ataupun batu sintetis. Karena jimat ini memiliki gambar mata satu dan berwarna biru, banyak yang menyebutnya sebagai Evil Eye ataupun Blue Eye.

Sumber foto: radioglobo.globo.com/media/audio/23364/aprenda-simpatia-para-se-proteger-da-inveja-e-do-o.htm

Jimat ini bisa ditemukan dalam berbagai bentuk dan produk, mulai dari perhiasan, gantungan kunci mobil, magnet kulkas, dompet, kaos, dan lain-lain. Uniknya, di satu tempat di Cappadocia jimat ini justru digantungkan di sebuah pohon yang berdiri tegak di atas suatu puncak lembah yang bernama Pigeon Valley atau Lembah Merpati. Pigeon Valley inilah yang menjadi salah satu spot favorit wisatawan saat berkunjung ke Cappadocia.

Sumber foto: flickr.com/photos/lsarao/3388247769

Buat Aladiners yang mau ke Turki, khususnya ke Cappadocia, jangan lupa ya foto di bawah pohon ini! Jangan lupa juga beli jimat unik ini sebagai oleh-oleh buat teman-teman, keluarga, dan juga pacar kamu ya!

Sumber foto: worldadventuredivers.com/dive-history-amphorae-kas-turkey/

Komentar