07.Apr.2020

Air Terjun Ngungun Saok, Oase di Tanah Minang


Keindahan Tanah Minang memang nggak ada habisnya untuk selalu kamu jelajahi. Ada begitu banyak keindahan alam yang masih tersembunyi dan belum terlalu terekspos oleh masyarakat. Salah satunya adalah Air Terjun Ngungun Saok. Air terjun dengan debit air yang kecil ini hampir luput dari jangkauan masyarakat. Padahal, Air Terjun Ngungun Saok begitu indah dengan kolam pemandian air terjun yang dikelilingi tebing.

0
0
0

 

Wisata Air Terjun Ngungun Saok, Surga Tersembunyi di Lumuk ...

Sumber: https://haluan.co/article/wisata-air-terjun-ngungun-saok-surga-tersembunyi-di-lumuk-minturun-padang

Lokasinya berada di sebuah bukit di Lubuk Minturun, tepatnya di perbatasan antara Lubuk Minturun dan Air Dingin. Kalau kamu dari Bandara Internasional Minangkabau, kamu akan menempuh jarak sekitar 25 kilometer dengan waktu kurang lebih 45 menit kalau naik kendaraan pribadi. Tapi sayangnya, kendaraan hanya bisa sampai di lahan parkir yang telah disediakan. Selanjutnya kamu harus berjalan melewati perbukitan untuk sampai ke Air Terjun Ngungun Saok. Kalau kamu mau datang ke Ngungun Saok, Mister sarankan agar gunakan mobil kecil atau motor, karena akses jalannya yang kurang begitu bagus.

Berada di lokasi yang tersembunyi membuat tempat ini begitu sepi dikunjungi wisatawan. Bahkan untuk sinyal telepon seluler pun, kamu akan sulit mendapatkannya. Bagi kamu yang punya jiwa petualang, pastinya akan sangat menyukai ini. Berjalan melewati perbukitan yang asri dan tenang, sangat jauh dari suasana panas kota Padang. Desiran suara air terjun akan semakin terasa saat kamu sudah menuruni tebing yang miringnya hampir 80 derajat. Agak sulit memang, dan tentunya kamu harus hati-hati. Tapi itu nggak jadi penghalang untuk menikmati indahnya Ngungun Saok.

 

Sumber: https://udaindra.blogspot.com/2018/07/ngungun-saok-sekeping-surga-yang.html

Sesampainya di sana, kamu nggak akan menemukan suara air terjun yang besar. Tapi kamu akan disambut pemandangan indah dengan tebing-tebing yang membentuk kolam. Airnya sangat jernih dan tenang. Kalau kamu mau lihat air terjunnya, kamu harus berjalan melawan arus air di balik celah-celah tebing. Itulah kenapa air terjun ini disebut Ngungun Saok. Karena Ngungun berarti desiran air, dan Saok berarti tertutup.

 

Image

Sumber: https://twitter.com/minangofficial/status/715166570213806081

Unik memang. Tempat wisata air terjun tapi kolamnya yang jadi daya tariknya. Dikelilingi tebing bebatuan, airnya sangat tenang dan berwarna kehijauan. Cocok banget untuk melepas penat dan beristirahat setelah perjalanan jauh ke lokasi ini. Ngungun Saok yang eksotis ini sangat pas dinikmati dengan berenang di kolamnya. Kalau kamu suka fotografi, tempat ini akan cocok kalau kamu berfoto di atas airbag swimming yang kamu bawa. Pasti jadi instagenic.

Komentar