28.Apr.2015

Air Terjun Madakaripura, Tercantik di Indonesia


Kalau dijumlah, ada ratusan air terjun yang tersebar di seluruh Indonesia. Tapi apakah kamu pernah dengar nama Air Terjun Madakaripura? Bukan cuma keindahannya yang bisa kamu nikmati di sini, tapi air terjun yang satu ini juga memiliki sejarah yang menarik untuk ditelusuri.

0
0
0

Katanya, Air Terjun Madakaripura adalah tempat di mana Gajah Mada moksa, atau dalam bahasa awamnya hilang secara fisik dan spiritual. Makanya, di sini kamu juga bisa menemukan patung Gajah Mada yang terlihat gagah. Selain itu, air terjun ini juga dianggap suci oleh masyarakat Tengger yang menggunakan air di sini dalam upacara Mendhak Tirta yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Madakaripura 2

sumber foto: aningasalnulis.files.wordpress.com

Cakepnya air terjun ini tidak usah ditanya lagi, deh! Bayangkan saja, bukan cuma satu aliran air yang ada di sini. Air Terjun Madakaripura memiliki aliran air yang melingkar melalui tebing-tebing yang ditutupi dedaunan dan lumut. Airnya pun tidak pernah kering walaupun sedang musim kemarau. Dengan tinggi 200 meter, air terjun ini juga merupakan yang kedua tertinggi di Indonesia. Makanya, kamu perlu bawa jas hujan atau payung kalau mau berkunjung ke sini. Karena airnya bukan cuma jatuh ke bawah, tapi juga menyebar ke area-area sekitar karena terbawa angin.

Berada di kaki Gunung Bromo, kamu bisa mampir ke Air Terjun Madakaripura dalam perjalanan kamu ke Gunung Bromo. Dari area tempat parkir wisata, kamu cukup berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilometer. Eits, tapi hati-hati! Jalan setapak di tengah hutan yang kamu lewati cukup rawan longsor, terutama saat musim hujan. Kalau kamu ke sini jangan lupa ajak Mister Aladin, ya! Hehehe.

Komentar