Air Panas Tuti Adagae
10.Sep.2019

Air Panas Tuti Adagae, Spot Wisata Unik yang Airnya Keluar dari Celah Bebatuan


Pulau Alor yang berada di ujung timur Provinsi Nusa Tenggara Timur emang jadi magnet bagi wisatawan. Bukan cuma wisatawan lokal, beberapa wisatawan asing yang datang ke sana juga meluangkan waktu untuk merasakan sensasi keindahan Pulau Alor. Di sini, kamu akan menikmati eksotisme alam yang jauh dari keramaian. Rasa lelah pun dijamin terasa lepas.

0
0
0

Ngomong-ngomong soal melepas lelah, ada tempat wisata yang bakalan bikin kamu rileks, nih. Namanya air panas Tuti Adagae, sumber air panas unik di Pulau Alor. Air panas di sini berbeda dari lainnya, lho. Airnya menyembur dari bebatuan kristal yang tersusun rapi. Hal inilah yang jadi daya tarik tersendiri, karena jarang ada air panas alami yang memancur ke atas.

Semburan air mancur yang berpadu dengan cahaya matahari yang memendar di setiap susunan batu, ditambah kerikil, daun-daun, dan batu-batu di sekitarnya yang terlihat berwarna jingga pastinya bakalan memanjakan setiap mata yang melihat.

Air Panas Tuti Adagae yang Airnya Keluar dari Celah Bebatuan

Air Panas Tuti Adagae

Sumber foto: http://scopecorner.com/air-mancur-tuti-adagae-spot-wisata-romantis-unik-yang-ada-di-pulau-alor/

Air panas Tuti Adagae memiliki tiga titik sumber air panas. Titik pertama punya semburan air panas besar. Jangan kaget kalau terkadang suaranya menggelegar mirip suara knalpot motor gede. Semburan air panas ini melewati bebatuan bertumpuk menyerupai cerobong asap dengan ketinggian semburan sekitar 4 meter.

Nggak jauh dari titik pertama, kalian akan ketemu titik kedua yang bebatuannya menyemburkan tiga mata air mancur. Nah, untuk titik ketiga, semburannya lebih kecil. Lokasinya di aliran sungai yang nggak jauh dari jembatan penyeberangan yang terbuat dari kayu.

Air Panas Tuti Adagae

Sumber foto: http://edyraguapo.blogspot.com/2017/01/menikmati-semburan-air-panas-tuti-adagae.html

Air panas Tuti Adagae mengandung zat belerang. Tapi, bau belerangnya nggak terlalu menyengat. Masyarakat di sini percaya, barang siapa yang mandi atau membasuh tubuhnya di air panas Tut iAdagae, penyakit kulitnya bakal sembuh.

Kalau mau membasuh tubuh di sini, jangan lupa perhatiin suhu airnya, ya, sebab suhunya bisa sampai 90°C. Jadi, berhati-hatilah. Di sekitar lokasi, kalian juga akan disuguhi pemandangan yang nggak ada habisnya. Mulai dari savana, alang-alang yang setinggi dada orang dewasa, dedaunan berwarna hijau dan kecokelatan, hingga bunga-bunga berwarna keunguan.

Air Panas Tuti Adagae

Sumber foto: https://www.nusatrip.com/blog/gratis-wisata-ke-pulau-alor-dengan-nusatrip-com/

Spot wisata unik ini berlokasi di Pulau Alor di Desa Adagae, Kecamatan Lembur Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke lokasi wisata air panas Tuti Adagae, jarak tempuhnya sekitar 1 jam dari Kota Kalabahi dengan akses jalan melalui Desa Bukapiting. Wisata Air Panas Tuti Adagae ini emang keren abis. Setuju nggak? Saat ingin liburan nanti, mampir ke sini aja, yuk!

Komentar