Air Panas Tuti Adagae
10.Sep.2019

Air Panas Tuti Adagae, Spot Wisata Unik yang Airnya Keluar dari Celah Bebatuan


Wisata Pulau Alor yang berada di ujung timur Provinsi Nusa Tenggara Timur, emang jadi magnet bagi wisatawan. Bukan cuma wisatawan lokal aja, beberapa wisatawan asing yang datang ke sana juga meluangkan waktu untuk merasakan sensasi keindahan Pulau Alor. Di sini, kamu akan menikmati eksotisme alam yang jauh dari keramaian. Rasa lelah pun dijamin terasa lepas.

0
0
0

Ngomong-ngomong soal melepas rasa lelah, ada tempat wisata yang bakalan bikin kamu rileks nih. Namanya Air Panas Tuti Adagae, sumber air panas yang unik di Pulau Alor. Air mancur di sini bukan berbeda dari lainnya, lho. Air panas di sini terpancar dari bebatuan kristal yang tersusun rapi. Hal inilah yang jadi daya tarik tersendiri karena jarang ada air panas alami yang memancur ke atas.

Pesona semburan air mancur yang berpadu dengan cahaya matahari, yang memendar di setiap susunan batu yang kerucut. Ditambah kerikil, daun-daun dan batu-batu di sekitarnya yang terlihat berwarna jingga pastinya bakalan memanjakan setiap mata yang melihat.

Air Panas Tuti Adagae yang Airnya Keluar dari Celah Bebatuan

Air Panas Tuti Adagae

Sumber foto: http://scopecorner.com/air-mancur-tuti-adagae-spot-wisata-romantis-unik-yang-ada-di-pulau-alor/

Air Panas Tuti Adagae ini memiliki tiga titik sumber air panas. Lokasi pertama dengan semburan air panas besar, jadi jangan kaget ya, kalau terkadang suaranya menggelegar mirip suara knalpot motor gede. Semburan air panas ini melewati bebatuan bertumpuk menyerupai cerobong asap dengan ketinggian semburan airnya sekitar 4 meter.

Nggak jauh dari lokasi tersebut, kalian akan ketemu titik kedua Air Panas Tuti Adagae. Ada tiga mata air mancur yang keluar dari permukaan bebatuannya. Nah, kalau semburan titik ketiga lebih kecil berada di aliran sungai yang nggak jauh dari jembatan penyebrangan yang terbuat dari kayu.

Air Panas Tuti Adagae

Sumber foto: http://edyraguapo.blogspot.com/2017/01/menikmati-semburan-air-panas-tuti-adagae.html

Air Panas Tuti Adagae ini diketahui mengandung Zat Belerang. Tapi, bau belerangnya nggak terlalu menyengat seperti di beberapa sumber mata air panas yang ada di Pulau Jawa. Masyarakat di sini juga percaya, kalau barangsiapa yang mandi atau membasuh bagian tubuhnya di Air Panas Tut Adagae, maka sakit kulit di bagian tubuhnya bakalan ilang.

Tapi perhatiin juga suhu air di sini. Kalau berdiri agak dekat dari lokasi semburan air mancur, air di sini bisa sampai 90°c, jadi hati-hati, ya, kalau mau membasuh badan di sini. Di sekitar lokasi, kalian juga akan disuguhkan pemandangan yang nggak ada habisnya. Mulai dari panorama seperti savana, rumput alang-alang yang setinggi dada orang dewasa, dedaunan berwarna hijau dan kecoklatan, hingga bunga yang hampir menyerupai warna ungu membuat suasana jadi semakin romantis.

Air Panas Tuti Adagae

 

Sumber foto: https://www.nusatrip.com/blog/gratis-wisata-ke-pulau-alor-dengan-nusatrip-com/

Spot wisata unik ini berlokasi di Pulau Alor di Desa Adagae, Kecamatan Lembur Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai ke lokasi wisata Air Panas Tuti Adagae ini memakan waktu sekitar 1 jam dari kota Kalabahi, dengan akses jalan melalui Desa Bukapiting.

Wisata Air Panas Tuti Adagae ini emang keren abis dan gak boleh dipandang sebelah mata. Setuju gak? Saat ingin liburan nanti, mampir ke sini aja, yuk!

 

Komentar