30.Nov.2016

8 Tempat Wisata Ini Harus Kamu Datengin Pas Liburan Ke Manila, Filipina


"Kamusta ka?"

0
0
0

Jangan bingung gitu, dong, Aladiners. Kalimat di atas artinya "Apa kabar?" dalam bahasa Tagalog, bahasa yang dipakai di Filipina. Masih tetanggaan sama negara kita, rupanya Filipina punya banyak tempat menarik, mulai dari bangunan bersejarah, gunung berapi, hingga pantai super indah. Nggak usah jauh-jauh nyari ke pelosok, di Manila, Ibu Kotanya, ada 8 tempat keren yang harus kamu datengin.

1. Gereja Quiapo dan Pasar Sekitarnya

quiapo church

sumber foto: mass-schedules88.blogspot.co.id

Bangunan aslinya memang udah dilalap api, tapi gereja ini tetep jadi magnet jutaan wisatawan dari seluruh dunia. Daya tarik utama gereja ini adalah Black Nazarene, patung hitam Yesus Kristus yang rutin dipanggul umat Kristiani setiap tahunnya. Di sekitar gereja, ada pasar yang ngejual segala macam barang, termasuk aksesoris yang lucu-lucu banget! Tiap hari Jumat, tempat ini dipenuhi orang yang menyalakan lilin, tukang ramal, dan pastinya pedagang-pedagang palugada (apa lo mau, gua ada. Hehehe..)

2. Binondo: Kawasan Pecinan Pertama di Dunia

binondo

sumber foto: panoramio.com

Kawasan pecinan memang ada hampir di setiap negara di seluruh dunia. Nggak usah jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia juga banyak. Eh, tapi tunggu dulu, Manila punya Binondo, kawasan pecinan pertama di dunia! Dengan embel-embel "pertama di dunia"-nya, kunjungan kamu ke Binondo pasti terasa beda. Di sini, kamu bisa mengamati kehidupan warga sekitar dari dekat. Ada yang sibuk jualan, makan, sampai tidur terkantuk-kantuk di tepi jalan. Meriah dan berwarna-warni banget, deh.

3. Kota Tua Spanyol (Intramuros)

intramuros

sumber foto: lifeexplorateurs.com

Layaknya Indonesia dan Belanda, Filipina juga punya "ikatan yang erat" (baca: dijajah. *puter-puter bola mata*) dengan Spanyol. Nah, jejak-jejak peninggalan Spanyol masih terasa kental banget di Intramuros. Distrik yang punya arti nama "di balik dinding" ini jadi pusat sejarah kota Manila. Ada banyak gereja dan sekolah bergaya Spanyol yang bikin kamu susah percaya kalau kamu masih di Asia Tenggara. Kamu bisa pilih mau jalan kaki atau naik "delman" buat menjelajahi distrik ini. Selama keliling di sini, kamu bakal "terpisah" dari kepadatan lalu lintas di luar dinding distrik. Bikin hati tenang!

4. Seafood Dampa

seafood dampa

sumber foto: blog.aseankorea.org

Hai Aladiners, janganlah engkau melupakan agenda makan-makan enak di setiap liburanmu! Kalau kamu penggemar seafood, kamu pasti bakalan betah di tempat ini. Yap, pengalaman makan hidangan laut segar bakal terasa lebih unik di Seafood Dampa! Begitu nyampe, pilih dan beli dulu hewan-hewan laut dengan kualitas tersegar yang kamu suka.A�Abis itu, kamu bisa jalan ke restoran terdekat dan minta mereka buat masakin sesuai permintaan kamu. Kamu bisa melahap remis berkeju, udang goreng, kepiting pedas, ikan dengan jahe, dan masih banyak lagi. Nyam!

5. Luneta Park

luneta park

sumber foto: ayosaoi.files.wordpress.com

Abis keliling ke bangunan bersejarah dan makan enak, waktunya santai di taman! Luneta Park yang juga dikenal sebagai Rizal Park ini punya nilai sejarah yang nggak kalah berharga. Taman ini jadi tempat eksekusi banyak orang, termasuk Jose Rizal, tokoh penting pergerakan Filipina. Pantes aja ada monumen dengan tulisan "Mi Ultimo Adios" (Perpisahan Terakhirku)! Meskipun sejarahnya agak kelam, taman ini enak banget jadi tempat jalan-jalan santai. Kamu bisa mampir ke kebun dan observatoriumnya atau menikmati konser terbuka sambil foto-foto sepuasnya.

6. Manila Ocean Park

sumber foto: manilaoceanpark.com

Bukan cuma taman di daratan aja yang harus dikunjungi, taman bawah laut alias Manila Ocean Park juga super keren! Di sini ada pertunjukan "Trails to Antartica" yang diadain tiap hari, jadi kamu bisa ketemu langsung sama penguin lucu di sini. Selain itu, kamu juga bisa "berendam" bareng hewan-hewan laut yang unik di bawah pengawasan instruktur. Beragam toko dan restoran enak juga gampang banget ditemuin di tempat seluas 8000 meter persegi ini. Cocok banget, nih, buat jadi tempat liburan bareng keluarga.

7. Fort Santiago

fort santiago

sumber foto: theincoherentellipsis.files.wordpress.com

Nah ini dia tempat Jose Rizal ditahan sebelum akhirnya dieksekusi. Dibangun oleh tentara Spanyol, benteng ini berfungsi sebagai tameng kota di masa perang. Saking kuatnya kaitan benteng ini dengan Jose Rizal, di sini kamu bisa ngeliat jejak-jejaknya saat ditahan sampai akhirnya dihukum mati. Dengan arsitekturnya yang keren dan kisahnya yang panjang, benteng ini patut dijelajahi dan pastinya instagrammable juga! Abis puas foto-foto, kamu bisa duduk santai sambil menikmati pertunjukan teater terbuka yang sering diadain di sini, deh.

8. Manila Bay

manila bay

sumber foto: faq.ph/sunset-at-manila-bay

Capek jalan-jalan seharian, hari udah menjelang sore, sekarang waktunya santai menikmati matahari terbenam. Meskipun kamu lagi di Ibu Kota, sunset yang cantik tetep bisa kamu nikmati. Dengan lokasinya yang ada di pesisir timur, Manila punya pelabuhan alami bernama Manila Bay. Membentang sejauh 2 kilometer dari Kedutaan Amerika Serikat hingga ke Pusat Kebudayaan Filipina, di sini kamu bakal gampang banget nemuin banyak restoran dan kafe semi terbuka dan nikmatin live music yang rutin ada tiap Jumat dan Sabtu sore.

Komentar