8 Surga Tersembunyi di Sulawesi yang Keindahannya Bikin Dunia Tercengang


Gak ada satu pun orang di dunia yang bisa menyangkal kalau keindahan alam Indonesia itu luar biasa. Sayangnya orang Indonesia pun masih lebih suka liburan ke luar negeri dibanding menjelajahi negerinya sendiri. Nah, untuk kamu yang baru pengin mengeksplor Indonesia di luar Pulau Jawa, coba mulai dari Sulawesi, deh. Selain Bunaken yang udah terkenal ke seluruh jagat raya, ternyata masih ada banyak banget, lho, surga tersembunyi yang dimiliki sama Sulawesi. Mau tau apa aja? Yuk, kita telusuri satu-satu.

0
0
0

1. Pulau Labengki

Sumber foto: butimag.com

Pulau Labengki dan sekitarnya akhir-akhir ini sering disebut sebagai miniaturnya Raja Ampat. Kalau terbang ke Raja Ampat kejauhan buat kamu, cobain ke Pulau Labengki, deh. Indahnya mirip-mirip! Apalagi di sini ada teluk berbentuk hati. Duh, romantis banget pastinya kalau bawa pasangan jala-jalan ke sini. Selain cantik di permukaan airnya, pulau ini juga punya kehidupan bawah laut yang luar biasa indah. Kalau beruntung, saat naik perahu pun kamu bisa kenalan sama sekawanan lumba-lumba yang berenang riang di sekitar kamu.

2. Pulau Sombori

Sumber foto: www.kitamuda.id

Selain Pulau Labengki, Sulawesi juga punya satu lagi kawasan kepulauan yang keindahannya mirip-mirip sama Raja Ampat. Yap, Pulau Sombori namanya. Sama kayak Raja Ampat dan Pulau Labengki, pulau satu ini juga dikelilingi sama tebing-tebing karst yang menjulang dari permukaan air. Selain keindahan alamnya, Pulau Sombori juga merupakan tempat tinggal dari Suku Bajo yang hidup di rumah-rumah mengapung. Terumbu karangnya juga masih cantik abis, Aladiners! Buat kamu yang suka banget pantai juga bakal dimanja sama pasir putihnya yang lembut bak tepung beras.

Dengan luas sekitar 147.000 hektar, ada beberapa pulau yang paling sering dikunjungi di sini, misalnya Pulau Koko dan Pulau Dua Laut. Di sini bahkan ada sebuah gua yang diisi sama ratusan tulang belulang manusia. Goa Tengkorak namanya. Sampai sekarang belum diketahui dari mana asal-usul tulang belulang tersebut. Duh, lengkap banget, deh, ini Pulau Sombori!

3. Danau Napabale

Sumber foto: www.digaleri.com

Kalau kebanyakan danau berisi air tawar, Danau Napabale justru airnya asin. Berlokasi di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, danau ini punya terowongan alam dengan panjang 30 meter dan lebar 9 meter yang menghubungkan Danau Napabale dengan pantai di Selat Buton. Uniknya, danau ini juga mengikuti pasang-surut air laut. Kalau air laut sedang surut, permukaan danau juga ikutan turun. Begitu juga sebaliknya. Di sini juga ada Gua Layang-Layang di mana kamu bisa ngeliat lukisan hasil karya manusia purba yang dulu hidup di Danau Napabale.

4. Rammang-Rammang Maros

Sumber foto: anekawisatanusantara.blogspot.com

Ngeliat foto di atas mungkin kamu akan teringat sama Tam Coc di Vietnam yang Mister pernah bahas sebelumnya. Tapi jangan salah, tempat super cantik satu ini ada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Daya tarik dari Rammang-Rammang Maros adalah keberadaan pegunungan karst di tepi sungai yang tertutup sama tumbuhan. Fenomana kayak gini ternyata satu-satunya di Indonesia, lho. Selain itu, pegunungan kapur di sini juga merupakan yang ketiga terbesar di dunia setelah Tiongkok dan Vietnam! Wah, makin bangga jadi orang Indonesia, ya.

5. Hutan Mangrove Desa Bontolebang

Sumber foto: www.jadagram.com

Baru-baru ini, hutan pohon bakau yang ada di Desa Bontolebang, Kepulauan Selayar ini makin jadi perhatian karena keindahannya. Walaupun sekarang hutan mangrove ini masih dalam tahap pembenahan untuk dijadikan destinasi wisata terbaru Sulawesi Selatan, tapi bukan berarti keindahan alamnya masih kurang cantik, Aladiners. Coba aja kamu liat sendiri gimana indahnya hutan bakau dengan pulau-pulau kecil yang membentuk labirin. Duh, mudah-mudahan proses pembenahannya cepat selesai, ya!

6. Danau Biru

Sumber foto: online-instagram.com

Bentuknya menyerupai sumur raksasa berwarna biru bening yang dipisahkan dari laut oleh tebing kalau dilihat dari atas. Buat yang kurang bisa berenang, kayaknya kamu harus menahan diri di sini karena kedalamannya bisa sampai 7 meter! Walaupun gak besar, tapi keindahan danau yang satu ini membuat kamu wajib untuk nyempetin diri mampir kalau suatu saat liburan ke Kolaka Utara. Katanya juga, di dalam danau ini tersimpan harta karun berbentuk batu giok dan emas, lho!

7. Sungai Tamborasi

Sumber foto: kolakacyber.info

Selain air yang beningnya bikin kamu khilaf pengen menceburkan diri selama-lamanya, Sungai Tamborasi juga ternyata adalah sungai terpendek di dunia! Dengan panjang 20 meter, sungai ini juga lokasinya unik banget, Aladiners. Tepat di tepi Pantai Tamborasi! Antara sungai dan pantai cuma terpisah sama jalur setapak berpasir putih. Kalau beruntung, kamu juga bisa ketemu sama hewan endemik Tamborasi, yaitu monyet berbulu emas dan burung laut. Buat kamu yang jomblo, ada juga mitos yang menyebutkan kalau kamu bisa mengikatkan tali pada akar pohon yang ada di pinggir sungai, jodoh kamu akan segera datang. Walah, buru-buru ke sana, yuk!

8. Pantai Meleura

Sumber foto: www.yourplaceabroad.com

Satu lagi, nih, destinasi wisata pantai yang wajib buat kamu datengin di Sulawesi. Pantai Meleura lokasinya ada di Pulau Muna. Masih lumayan deket lokasinya dari Danau Napabale. Pemandangan alamnya luar biasa keren! Beda sama pantai lainnya yang punya daratan landai berpasir, Pantai Meleura dikelilingi sama tebing karang. Airnya yang super bening bikin siapa pun jadi tergoda buat nyebur. Walaupun masih jarang yang tau, tapi fasilitas di sekitar Pantai Meleura udah lumayan memadai buat para wisatawan yang pengin nginep di pinggir pantainya. Di sini kamu juga bisa ngeliat langsung tambak rumput laut dan rumah-rumah tradisional masyarakat Pulau Muna.

Komentar

Tinggalkan Komentar: