8 Street Food di London yang Enaknya Menggetarkan Jiwa


Ngomongin soal jajanan pinggir jalan, Asia emang gak ada matinya! Somay, batagor, bakso, takoyaki, tteokbokki, mango sticky rice, bahkan sampe yang aneh-aneh kayak balut dan serangga goreng, semuanya ada. Tapi jangan keburu bangga dulu, Eropa juga gak mau kalah. Penampilan boleh beda, rasanya bisa bikin kamu terpana! Pokoknya kalau punya kesempatan buat liburan ke London, jangan lupa buat nyobain street food di bawah ini, ya.

0
0
0

1. Scotch Egg

Sumber foto: www.standard.co.uk

Ngeliat dari bentuknya, makanan satu ini bisa bikin orang bingung tentang gimana cara bikinnya. Dalam daging berbalur tepung roti yang rasanya gurih-gurih sedap, di dalamnya ada telur yang kalau dibelah langsung meleleh bak hati anak sekolah yang di-notice sama gebetan. Enak parah! Mungkin kalau buat kita lebih enak kalau ditambahin saus sambal, ya.

2. Fish & Chips

Sumber foto: www.standard.co.uk

Walaupun di Indonesia kita bisa nemuin makanan ini, tapi sekali-sekali nyoba fish & chips langsung di negara asalnya pasti lebih asik. Belum lagi kentang mereka dipotong lebih besar dibanding yang biasa kita temuin di sini. Ikan yang dipakai pun biasanya kod atau haddock yang punya tekstur lembut, tapi tetap berserat dan ngenyangin. Abis ditetesin lemon, terus dicolek ke saus tartar... yumm, surga dunia!

3. Grilled Cheese

Sumber foto: timeout.com

Makanan yang biasanya cuma kita liat di TV ini kurang cocok buat dikonsumsi orang yang lagi diet. Dari penampakannya aja udah keliatan, isinya keju semua. Bukan cuma satu jenis keju aja. Tergantung dari tempat jualannya, biasanya roti diisi sama paling enggak 3 jenis keju. Dipanggang sebentar terus ditekan-tekan, supaya kejunya masuk ke serat roti. Enak? Gak usah ditanya, deh!

4. Honeycomb Donut

Sumber foto: khoollect.com

Abis ngomongin yang gurih-gurih, kita melipir sebentar ke camilan yang manis. Ada satu tempat bernama Bread Ahead Bakery di Borough Market yang ngejual honeycomb donut terenak sejagat Inggris. Donat super lembut diisi sama krim custard yang creamy abis. Jangan khawatir isinya cuma sedikit. Donat di sini isinya sampe tumpah-tumpah! Belum selesai sampai di situ, donat ini juga dihias sama honeycomb manis yang bikin camilan ini makin enak di lidah.

5. Eggs Benedict

Sumber foto: www.simplyrecipes.com

Kalau kita biasa sarapan sama nasi uduk, bubur ayam, atau lontong sayur, orang-orang di sini makannya eggs benedict. Bentuknya cantik banget, ya. Rasanya juga gak kalah enak! Roti dipotong setengah, terus dipanggang sebentar sampai sedikit kecokelatan. Abis itu telur setengah matang yang direndam sebentar dalam air ditaruh di atasnya. Tambahin tomat dan bacon, lalu dituang saus hollandaise yang gurih dan creamy. Potong pake garpu... duh, lelehannya bikin ngiler!

6. Venison Puff

 

Sumber foto: www.thegooddenlife.co.uk

Diliat dari penampakannya, sih, kayak roti pada umumnya, ya. Tapi kalau udah dibelah... beuh, bikin lidah gak berhenti bergoyang! Dibalut sama roti bertekstur mirip croissant yang gurih dan flaky, sesuai dengan namanya venison puff diisi sama daging rusa yang lembut dan manis. Enak banget dimakan pas anget-anget.

7. Haggis Toastie

Sumber foto: timeout.com

Diliat sekilas bentuknya mirip sama grilled cheese. Tapi liat lebih seksama, deh, isinya bukan keju aja. Yap, haggis toastie ini adalah sandwich yang bahan isian utamanya adalah haggis. Buat kamu yang belum tau, haggis ini merupakan campuran dari jeroan kambing, kayak jantung, hati, dan paru-paru. Digiling sama rempah-rempah hingga bentuknya mirip daging cincang. Eits, jangan keburu geli dulu! Rasanya enak bangeeet!

8. Rib Meat Roll

Sumber foto: www.restup.co.uk

Bukan burger sembarang burger, burger yang satu ini diisi sama suwiran daging iga sapi yang dipanggang berjam-jam sampai rontok dari tulangnya. Abis itu disiram sama saus pedas yang bikin makanan ini makin “nendang”. Abangnya pun gak sayang-sayang ngasih isian. Dagingnya ditumpuk sampai tumpah-tumpah keluar dari rotinya.

Komentar

Tinggalkan Komentar: