27.Apr.2018

8 Museum Terunik di London yang Bikin Heran


Buat yang kenal sama London, pasti udah tau kalau kota ini punya banyak banget museum keren yang namanya udah terkenal ke seluruh dunia. Bukan cuma karena benda-benda yang dipamerinnya aja, tapi juga saking seringnya mereka jadi setting film-film box office. Misalnya aja British Museum, National Gallery, dan masih banyak lagi. Nah, kalau kamu kurang suka dateng ke museum atau nganggep benda bersejarah itu ngebosenin, coba deh mampir ke museum-museum unik di bawah ini. Dijamin bikin penasaran!

0
0
0

1. The Viktor Wynd Museum of Curiosities, Fine Art & Natural History

11 Mare Street, E8 4RP

Sumber foto:A�standard.co.uk

Noh, namanya aja panjang banget, apalagi koleksinya! Intinya, hampir segala benda yang dianggep unik bisa kamu temuin di sini. Random abis? Yak, Anda benar! Di museum ini, kamu bisa ngeliat beragam jenis benda, mulai dari sex toy era Victoria, benda-benda bersejarah dalam dunia sihir, hewan berkepala dua yang diawetin, organ tubuh manusia, mumi kucing, sampai kotoran-kotoran selebritis yang dipajang dalam toples. Gimana cara ngumpulinnya? Jangan tanya, Mister juga bingung.

2. Barts Pathology Museum

Robin Brook Centre, St Bartholomewa��s Hospital, EC1A 7BE

Sumber foto: londonist.com

patologi/paA�toA�loA�gi/A�nA�ilmu tentang penyakit

Udah kebayang apa aja yang dipamerin di museum ini? Dalam gedung seluas 3 lantai, ada lebih dari 5.000 spesimen yang dipamerin. Kenapa Mister bilang spesimen? Karena kasian juga kalau disebut a�?bendaa�?, soalnya sebagian besar yang ada di sini dulunya adalah bagian dari tubuh manusia yang kena beragam jenis penyakit. Ada hati yang bentuknya aneh karena kejepit korset, ada tulang belakang yang patah karena mati digantung, dan masih banyak lagi. Duh, serem juga, ya.

3. Old Operating Theatre Museum

91 St Thomas Street, SE1 9RY

Sumber foto:A�timeout.com

Cocok buat calon dokter atau kamu yang suka gore, museum ini juga merupakan ruangan operasi tertua se-Eropa. Di sini, kamu bisa cari tau tentang proses operasi manusia di zaman dulu, saat anestesi (pembiusan) belum ditemukan. Dengan kata lain, orang-orang yang dulunya jadi pasien di sini, dioperasi tanpa bius sambil diliatin satu geng dokter. Bikin perut mules gak, tuh? Selain ruangan operasi, museum ini juga mamerin benda-benda dan perlengkapan kedokteran yang dipakai pada era Victoria dulu.

4. Fan Museum

12 Crooms Hill, SE10 8ER

Sumber foto:A�www.theculturemap.com

Buat orang-orang tropis macam kita, kipas angin udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Mungkin gak berlaku kalau rumah kamu ber-AC. Nah, museum ini adalah satu-satunya museum di dunia yang berfokus buat mamerin kipas. Jumlah koleksinya gak tanggung-tanggung, ada lebih dari 4.000! Beragam macam kipas mulai dari 1.000 tahun lalu bisa kamu temuin di sini. Uniknya lagi, di Fan Museum juga ada taman gaya Jepang di mana kamu bisa nikmatin teh sore. Sumpah, random banget ini.

5. Grant Museum of Zoology and Comparative Anatomy

Rockefeller Building, 21 University Street, WC1E 6DE

Sumber foto:A�www.dailymail.co.uk

Sama kayak museum-museum di atas (kecuali Fan Museum), Grant Museum of Zoology and Comparative Anatomy kurang cocok didatengin sama orang-orang penakut dan lemah jantung. Museum yang berlokasi di University College London ini mamerin segala jenis hewan yang diawetkan atau udah tinggal tulangnya, mulai dari yang masih ada sampai hewan-hewan yang udah punah. Bukan cuma pameran regulernya aja yang lumayan bikin perut mules, museum ini juga punya acara-acara aneh kayak Dead Life Drawing di mana kamu bisa mengasah kemampuan menggambar dengan model hewan-hewan yang diawetin.

6. The Magic Circle

12 Stephenson Way, NW1 2HD

Sumber foto:A�www.londontown.com

Pernah punya cita-cita jadi pesulap, atau suka aja nonton acara sulap-sulapan? Kamu pasti girang banget kalau mampir ke sini! The Magic Circle adalah museum di mana kamu bisa nonton beragam penampilan sulap dan ilusi yang keren-keren. Namanya juga museum, selain punya event yang seru banget, museum ini juga mamerin banyak benda yang berhubungan sama dunia persulapan. Misalnya aja kayak borgol yang pernah dipake sama Harry Houdini, senjata apinya Maurice Fogel, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa belajar trik-trik sulap di sini, lho.

7. Foundling Museum

40 Brunswick Square, WC1N 1AZ

Sumber foto:A�foundlingmuseum.org.uk

Foundling Hospital adalah rumah sakit yang dibangun pada tahun 1739 untuk ngerawat anak-anak yang diterlantarkan sama orangtuanya. Biasanya karena ibu mereka hamil di luar nikah. Duh, kesian, ya. Sekarang rumah sakit ini udah jadi museum yang mamerin benda-benda peninggalan anak-anak yang dulunya tinggal di sini. Selain mainan, seragam, dan buku-buku, di sini juga ada lukisan, musik, dan hasil karya seni lainnya yang merupakan koleksi dari William Hogarth dan Gerald Coke Handel, dua pemberi sumbangan terbesar Foundling Hospital.

8. Museum of Brands, Packaging & Advertising

2 Colville Mews, W11 2AR

Sumber foto:A�www.educationalvisitsuk.com

Pernah gak kamu ngebayangin gimana logonya Coca Cola atau Kit Kat waktu mereka pertama kali diluncurin? Atau logo snack-snack lainnya di negara-negara yang berbeda? Di museum ini ada lebih dari 12.000 koleksi benda-benda umum, kayak minuman, sereal, mainan, sampai keripik kentang mulai dari tahun 1800-an. Ada juga pameran perubahan logo-logo brand terkenal mulai dari pertama kali mereka mulai dijual, hingga sekarang. Manfaatnya? Ya, gak ada. Biar gak kepo aja.

Komentar