MRT di berbagai negara
25.Mar.2019

8 MRT di Berbagai Negara yang Keren dan Canggih. Bikin Takjub!


Yeaay! Akhirnya proses pembangunan MRT di Jakarta sudah selesai! Siap beroperasi di bulan Maret, akhirnya warga Indonesia, khususnya Jakarta udah bisa menikmati MRT, lho! MRT (Moda Raya Terpadu) atau biasa juga dikenal Subway, merupakan rangkaian kereta panjang yang diperkirakan sanggup mengangkut 130.000 penumpang per hari. MRT dibangun karena desakan perkembangan global dan pastinya karena kemacetan di Jakarta yang makin hari makin nggak karuan.

0
0
0

Nah, MRT di berbagai negara maju ini jadi salah satu transportasi publik andalan. Gimana nggak, moda transportasi satu ini dikenal dengan kecepatan dan efesiensinya. Nah, sebelum Indonesia, negara-negara maju lainnya sudah mengoperasikan MRT terlebih dahulu, lho. Mau tahu negara mana saja? Berikut MRT di berbagai negara yang keren juga canggih. Yuk intip!

1. Jepang

Sumber gambar: Shutterstock

Ngomongin Jepang emang selalu gak ada habisnya ya, mulai dari kulinernya yang serba lezat hingga moda transportasinya yang dinilai sangat baik. Yup! Transportasi publik di Tokyo sangat menjunjung tinggi yang namanya kebersihan dan kenyamanan. Nggak akan ada deh orang-orang yang berdesak-desakan di dalam gerbong. Kalo kereta udah penuh, orang yang di depan pintu gak akan maksain dirinya buat masuk, mereka lebih memilih kereta berikutnya. Gak ada juga yang namanya sikut-sikutan untuk naik eskalator, semua orang berbaris rapi dan sadar diri untuk berdiri di belakang orang lain. Selain itu, gak ada orang yang berani buang sampah sembarangan, rel kereta pun sangat bersih sekali. Desain stasiunnya pun dibuat futuristik dan megah membuat pengunjung betah berlama-lama berada di stasiuin. Asyik banget gak tuh! Hehe.

2. Dubai

Sumber gambar: Shutterstock

Dubai emang gak ada hentinya membuat sesuatu yang memukau dan bikin takjub! Setelah membuat kereta yang dapat dikendalikan tanpa masinis. Dubai juga membuat stasiun MRT yang super keren! Stasiun Khalid Bin Al Waleed, di Dubai ini dipasangi lampu gantung yang berbentuk ubur-ubur untuk melengkapi desain stasiun yang bertema air. Lampu gantung ini bisa menebar cahaya berwarna biru. Lampu ini dipasang di bawah pusat perbelanjaan. Kerennya lagi, sistem Dubai Metro  sudah menjadi sistem transit terpanjang otomatis di dunia. Wagilaseh! Kebayang kan kerennya gimana?

3. Korea Selatan

Sumber gambar: Shutterstock

Gak cuma K-Pop dan drama-nya aja yang saat ini digandrungi oleh para remaja, asal kamu tahu, kalo sistem transportasi di kota Korea ini patut diacungi jempol!  Seoul Subway memiliki sejumlah fasilitas mewah, seperti kursi hangat, layar TV yang menampilkan pengumuman juga berita, dan tentunya banyak ruang untuk bersantai. Asyiknya lagi, selain harganya terjangkau, penumpang bisa menikmati pemandangan antara Hapjeong dan Dangsan yang berhenti di Jalur 2, di mana kereta perjalanan berada di atas tanah dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Nggak heran Seoul Subway ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

4. New York

Sumber gambar: Shutterstock

Terkenal dengan Patung Liberty, New York dianggap sebagai salah satu kota dengan transportasi umum terbaik di dunia. Meskipun banyak keluhan tentang MRT di New York, sistem transit New York City sebenarnya salah satu yang terbaik di dunia, lho! Berkat jangkauan yang luas dan fakta kalo kereta-nya berjalan 24 jam. Stasiun MRT New York juga biasanya terkenal seram dan gelap, tapi berbeda dengan Stasiun Fulton. Yup! Fulton Transit Center bisa mengubah semua pandangan suram dari stasiun MRT di New York jadi lebih keren. Stasiun ini menjadi pusat dari 9 jalur subway di Lower Manhattan. Terlebih lagi desain Oculus pada bagian atapnya menjadikan stasiun ini tampak lebih kece. Oculus di stasiun ini di desain dengan bentuk seperti saluran kerucut besar yang bisa menarik cahaya dari luar. MRT di New York punya jadwal rutin dan jarang banget mengalami keterlambatan. Kebersihan di sekitar stasiun dan di dalam keretanya pun begitu diperhatikan. Pastinya bikin nyaman banget, dong!

5. London

Sumber gambar: Shutterstock

Inggris merupakan negara superpower di dunia, oleh karena itu pemerintah Inggris sangat memperhatikan kenyamanan dari penduduknya.  Salah satunya sistem transportasi publik di negaranya yang dibuat senyaman mungkin. Yup! MRT di London sudah beroperasi lebih dari 150 tahun, dan jadi kereta api bawah tanah tertua di dunia! MRT ini menjadi idola para masyarakat London untuk bepergian, terutama kalo mereka dikejar oleh waktu. Mulai dioperasikannya pada tahun 1905, dan saat ini telah melalui 270 stasiun. Waw! Keren banget kan, dari zaman dulu udah ada MRT di London. Fakta menarik lainnya, London adalah pusatnya transportasi umum yang menghubungkan seluruh kota yang ada di United Kingdom.

6. Paris

Sumber gambar: Shutterstock

Selain London, MRT di Paris juga gak kalah kerennya, lho. Paris Metro ini merupakan salah satu sistem kereta bawah tanah terpadat di dunia, dengan lebih dari 132 mill rell dan trek melalui 245 stasiun dalam 40 mil persegi di kota Paris. MRT di Paris ini dibuka pertama kali pada Juli 1900, dan dirancang oleh Hector Guimard. Meski umurnya sudah lebih dari 100 tahun, tapi nggak membuat stasiun MRT di Paris ini kuno. Seperti Stasiun Arts et Metiers yang memiliki desain keren layaknya sebuah kapal selam. Dindingnya berwarna perunggu, dilapisi dengan lubang intip berbentuk bundar, dan roda gerigi di atapnya. MRT di Paris ini menjadi akomodasi favorit, setiap harinya, Metro de Paris ini bisa mengangkut kurang lebih 4,5 juta penumpang.

7. Hong Kong

Sumber gambar: Shutterstock

Bersih, murah, efisien dan WiFi gratis yang tersedia di semua stasiun membuat banyak kota iri sama Hong Kong Mass Transit Railway ini. Tentunya ini patut dicontoh oleh Indonesia dan Negara lain. Selain kelebihan tadi, para penumpang juga mengantri secara tertib saat membeli tiket. Sejak dibukanya MRT pada tahun 1979, jaringan ini telah berkembang menjajal 10 baris dan 87 stasiun. Gak heran MRT di Hong Kong ini jadi favorit masyarakat di sana termasuk para wisatawan yang sedang berlibur di Hong Kong.

8. Moskow

Sumber gambar: Shutterstock

Stasiun MRT di Moskow dibuka pertama kali pada tahun 1952, MRT di Moscow ini dibuat tentunya untuk mengurangi kepadatan arus transportasi di sana. Stasiun MRT di Moscow ini memiliki design yang unik. Jalur kereta bawah tanahnya berornamen neo-klasik yang terbentang sejauh 180 mil. Terus, bukan cuma ornamennya di stasiunnya aja yang unik, tapi keretanya pun di desain layaknya kereta kuno tapi tetap elegan. MRT di Moskow ini melayani perjalanan dari 177 stasiun yang tersebar di Moskow. Nah, stasiun yang paling unik tadi namanya stasiun Novoslobodskaya. Bangunan di stasiun ini sengaja dibuat dengan gaya kuno khas Rusia.Kalo lagi mampir ke stasiun ini, mata kamu pasti bakalan dimanjain sama puluhan kaca patri cantik yang tertata di dindingnya, layaknya sebuah gereja.  Stasiun ini juga salah satu yang paling indah di dunia.

Komentar