07.Sep.2018

9 Gunung Ini Bisa Didaki Cuma Sehari!


Suka bingung nggak sih mau menghabiskan weekend ke mana? Buat kamu yang pecinta aktivitas outdoor, Mister kasih nih rekomendasi seru buat weekend! Yup, naik gunung aja! Tenang, gunung-gunung di bawah ini bisa di daki cuma sehari, kok. Jadi pas banget buat mengisi wekend kamu!

0
0
0

1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Sumber foto: cikasur.com/2018/04/serunya-berwisata-ke-gunung-api-purba-nglanggeran.html

Buat yang tinggal di Jogja dan sekitarnya, atau yang mau ke Jogja, cobain deh mendaki gunung ini! Dengan ketinggian 700 mdpl, kamu hanya butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di puncaknya. Akses untuk mendaki gunung api purbakala ini juga nggak sulit, kok! Udah ada tangga-tangga kayu dan tali untuk memudahkan para pendaki.

2. Gunung Parang, Purwakarta

Sumber foto: jazztinap.blogspot.com/2016/08/camping-via-ferrata-di-gunung-parang.html

Gunung setinggi 930 mdpl ini adalah gunung batu andesit tertinggi di Indonesia dan menjadi lokasi panjat tebing tertinggi kedua se-Asia. Makanya gunung ini sangat populer! Uniknya gunung ini, kamu bisa mendaki gunung dengan cara panjat tebing! Yup, gunakanlah jalur mendaki yang bernama via Ferrata. Kamu diwajibkan menggunakan helm, carabiner, seat harness, dan sarung tangan yang disediakan operator, selayaknya perlengkapan untuk panjat tebing. Melalui via Ferrata ini, kamu bisa mendaki gunung dengan berpijak pada anak tangga dari besi yang udah ditancapkan ke gunung. Keren, ya?

Sumber foto: rukmansantoso.com/pemandangan-indah-di-atas-ketinggian-badega-gunung-parang-purwakarta/

3. Gunung Pulosari, Banten

Sumber foto: mahendradhani.blogspot.com/2015/10/gunung-pulosari-gunung-kecil-dari-banten.html

Di Banten juga ada lho, gunung yang bisa didaki cuma sehari. Dengan ketinggian 1346 mdpl, kamu bisa mencapai puncaknya dalam waktu 1,5 – 2 jam. Meskipun jalur pendakiannya agak curam, tapi nggak bakal berasa kok! Soalnya pemandangannya indah, apalagi kalau mendaki bersama orang tersayang, hehehe. Gunung ini cocok buat kamu yang mau mulai serius jadi pendaki gunung.

4. Gunung Kelimutu, Flores

Sumber foto: eljohnnews.com

Pasti tau kan soal Danau Kelimutu yang punya 3 warna air? Untuk menikmati keindahan danau tersebut, kamu harus mendaki Gunung Kelimutu setinggi 1639 mdpl ini. Tenang aja, pengelola Taman Nasional Gunung Kelimutu merawat dengan baik jalur pendakian gunung ini, sehingga kamu bisa trekking santai dengan menempuh perjalanan sekitar setengah jam perjalanan aja!

5. Gunung Batur, Bali

Sumber foto: merbabu.com/gunung/gunung_batur.php

Kalau kamu bosen cuma ke pantai pas ke Bali, cobain deh naik Gunung Batur! Dengan ketinggian 1717 mdpl, gunung ini dapat didaki sekitar 2-3 jam. Pemandangan di gunung ini sangat cantik! Pasti kamu bakal terbius oleh keindahan Danau Batur dan Danau Kintamani.

6. Gunung Prau, Dieng

Sumber foto: wisataku.id/wisata/wisata-indonesia/wisata-jawa-tengah/menaklukan-puncak-gunung-prau-via-dieng-wisata-terbaik-jawa-tengah/

Udah nggak asing kan dengan gunung satu ini? Gunung setinggi 2565 mdpl ini memiliki puncak yang sangat luas, sehingga cocok banget buat dijadikan tempat berkemah. Makanya banyak banget pendaki yang menjadikan gunung ini sebagai favoritnya.

7. Gunung Bromo, Malang

Sumber foto: sportourism.id/explore/tahun-ini-salju-turun-di-gunung-bromo

Gunung setinggi 2392 mdpl ini jadi yang paling hits sebagai gunung yang bisa didaki cuma sehari. Karena kepopulerannya itulah, pendakian di gunung ini dibuat mudah dengan adanya tangga-tangga yang sudah disiapkan. Cuma perlu sekitar 30 menit aja lho, buat sampai di puncaknya!

8. Gunung Ijen, Banyuwangi

Sumber foto: hargatiketwisata.xyz/2016/08/harga-tiket-masuk-kawah-ijen-banyuwangi.html

Di ujung Jawa Timur, Gunung Ijen ini jadi salah satu primadona yang cocok untuk di jelajah. Dengan ketinggian 2443 mdpl, gunung ini bisa didaki sekitar 2-3 jam. Meskipun jalurnya lumayan ekstrem, kamu nggak perlu takut kecapekan karena ada jasa gerobak dorong yang bakal mengantarkan kamu naik dan turun gunung ini! Cukup bayar sekitar Rp700 ribu, kamu bisa naik ke gerobak kecil dan didorong oleh pendaki yang ahli.

9. Gunung Papandayan, Garut

Sumber foto: 1001wisata.com/belajar-mendaki-di-gunung-papandayan-garut/

Gunung ini juga menjadi salah satu gunung berapi aktif yang sering didaki oleh para traveler. Dengan ketinggian 2665 mdpl, kamu butuh waktu sekitar 6 jam untuk mendakinya karena topografi kawasan ini cukup curam dan terdapat banyak tebing terjal. Ada beberapa spot menarik yang bisa kamu kunjungi di sini, seperti kolam belerang dan hutan mati.

Komentar