8 Fakta Mengejutkan Tentang Menara Eiffel yang Gak Diketahui Orang


Siapa, sih, orang di dunia ini yang gak kepengen sekali seumur hidup bisa mampir ke Paris, Prancis. Minum teh sambil ngeliat orang-orang Prancis yang kece badai, ngedenger alunan musik yang bikin hati pedih jadi ceria, dan berkunjung ke menara paling terkenal di dunia, Eiffel. Eh, tapi kamu tau gak kalau ternyata ada beberapa fakta menarik yang gak banyak orang tau tentang Menara Eiffel. Apa aja?

0
0
0

1. Warnanya pernah kuning

Sumber foto: history.com

Bukan karena karatan, Eiffel pernah dicat kuning supaya tetep ngikutin tren yang berlaku saat itu. Banyak yang gak tau kalau menara ini pernah dicat berbagai warna, supaya orang yang ngeliat gak bosen. Pertama dibuka tahun 1889, Eiffel warnanya cokelat kemerah-merahan. 10 tahun setelahnya, barulah menara ini dicat warna kuning. Abis itu dia sempat berubah warna jadi kuning kecokelat-cokelatan, cokelat chestnut, hingga akhirnya jadi warna cokelat perunggu kayak sekarang sejak tahun 1968. Setiap 7 tahun, menara ini juga menghabiskan sekitar 60 ton cat untuk pengecatan ulang, supaya warnanya gak pudar.

2. Dulu dibenci

Sumber foto: www.news-gate.org

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini cocok buat menggambarkan Menara Eiffel. Pertama kali dibangun, warga Paris termasuk para tokoh penting di kota ini pada protes. Kata mereka menara ini bakal ngerusak suasana kota dan bikin pemandangan Paris jadi kotor dan jelek. Waduh, padahal kalo diliat sekarang Menara Eiffel cantik banget, ya.

3. Niatnya temporer

Sumber foto: rarehistoricalphotos.com

Saat dibangun, Menara Eiffel awalnya gak diniatin buat jadi atraksi permanen kota ini. Emang iya, menara ini dibangun buat jadi dekorasi kota saat World Fair berlangsung di Paris tahun 1889 sebagai peringatan 100 tahun Revolusi Prancis. Rencananya 20 tahun setelah itu, Eiffel mau dirubuhin. Tapi entah gimana prosesnya, menara ini kemudian dipasang antena di puncaknya untuk menyebar sinyal siaran TV dan radio. Karena antena ini pula lah akhirnya Menara Eiffel masih berdiri sampai sekarang. Hingga saat ini, Menara Eiffel masih dipakai sebagai menara siar, lho.

4. Hampir dibongkar

Sumber foto: www.thoughtco.com

Saat Nazi lagi berkuasa di tahun 1944, Hitler pernah nyuruh gubernur militer Jerman yang saat itu menguasai Prancis buat ngebongkar kota, termasuk Menara Eiffel, supaya gak direbut sama tentara lawan. Sang gubernur protes dan menolak. Wah, untung banget, ya! Kalau beneran dibongkar, apalah Paris sekarang… bagaikan debu intan di tepi kuburan.

5. Liftnya bisa keliling dunia

Sumber foto: www.orangesmile.com

Bukan keliling dunia dalam arti sebenarnya, ya. Setelah dihitung-hitung, ternyata lift di Menara Eiffel dalam setahun menempuh jarak sekitar 103.000 kilometer. Panjang ini setara sama 2,5 kali diameter bumi!

6. Punya istri

Sumber foto: www.zoover.com

Yah, namanya juga manusia, ada aja kelakuannya. Erika Aya (atau lebih suka dipanggil Erika Eiffel) adalah wanita Amerika yang menikah sama menara ini di tahun 2007 lalu. Si Erika ini punya kelainan paraphilia yang menyebabkan dia bisa jatuh cinta sama benda mati. Duh, unik banget, ya?

7. 6 – 7 cm

Sumber foto: www.theverge.com

Nomor apaan, tuh? Jangan kaget, ya. Menara Eiffel ternyata bergoyang dan miring 6 – 7 cm saat diterpa angin! Kalau suatu saat kamu ke sini, naik ke atas menaranya dan berasa goyang, jangan khawatir. Itu bukan cuma bayangin kamu aja. Tapi tenang, walaupun bisa miring segitu jauh, tapi Eiffel aman-aman aja, kok. Buktinya sekarang masih baik-baik aja, kan?

8. Jadi ajang uji nyali

Sumber foto: dailymail.co.uk

Eiffel ternyata sering dijadiin ajang coba-coba buat para pilot yang pengen uji nyali atau emang kepo. Udah ada banyak dari mereka mencoba buat menerbangkan pesawat melewati kaki menara ini. Sayangnya di tahun 1926, ada satu pilot bernama Leon Collet yang gagal dan meninggal setelah mencoba buat ngelakuin hal tadi. Ada juga Franz Reichelt yang mencoba buat terjun dengan parasut dari lantai pertama Eiffel di tahun 1912. Berhasil? Gagal total! Nyawanya pun gak tertolong. Lagian ada-ada aja, ya!

Komentar

Tinggalkan Komentar: