03.Dec.2018

8 Destinasi Liburan yang Paling Ramah Penyandang Disabilitas


Traveling adalah hak setiap orang, nggak peduli berapa umurnya, apa jenis kelaminnya, gimana latar belakang sosial-ekonominya, atau seperti apa keadaan fisiknya. Sama seperti orang pada umumnya, temen-temen kita yang punya keterbatasan fisik juga berhak menjelajah dunia. Untungnya, sekarang dunia semakin ramah pada mereka. Tempat-tempat wisata yang ramah penyandang disabilitas mulai bermunculan. Kalau ngomong soal aksesibilitas, kelengkapan fasilitas, dan kenyamanan tempat, Mister yakin 8 destinasi liburan ini paling ramah penyandang disabilitas. Saking ramahnya, mereka yang duduk di kursi roda, tuli, atau sebagainya, bakal ngerasa gak ada bedanya dengan orang lainnya.

0
0
0

1. Playa del Carmen, Meksiko

meksiko

sumber foto: upload.wikimedia.org

Hah? Di mana, nih? Terpencil, ya? Ada apaan di sana? Tunggu dulu, justru tempat ini punya banyak tempat wisata keren yang bisa dikunjungi siapa pun. Berjarak satu jam perjalanan dari Bandara Internasional Cancun, kota kecil ini dipenuhi hotel dan pantai yang ramah bagi pengguna kursi roda. Buat kamu yang gak bisa berenang, ada peralatan khusus yang bikin kamu bisa tetep snorkeling buat menikmati terumbu karang dan main bareng penyu. Bukan cuma itu, pengguna kursi roda pun juga bisa dengan gampang mengekspolrasi Chichén Itzá dan Tulum, situs arkeologi reruntuhan kuno yang keren banget!

2. Barcelona, Spanyol

barcelona

sumber foto: www.travelocity.com

Pemerintah Spanyol emang lagi gencar-gencarnya bikin pariwisata mereka jadi ramah penyandang disabilitas, makanya banyak turis dengan keterbatasan fisik milih Barcelona jadi tujuan berlibur. Sebagian besar stasiun metro dan seluruh bus udah punya akses khusus kursi roda! Wah, Indonesia masih ketinggalan jauh banget, ya, soal ini. Selain itu, kota ini juga gak punya banyak tanjakan dan turunan, jadi para pengguna kursi roda bisa keliling dengan bebas di jalan-jalannya yang rata dan lebar. Selain itu, para penyandang disabilitas juga gak perlu repot antre untuk masuk tempat wisata. Bahkan, kalau mereka mau ke Sagrada Familia yang kece banget buat tempat foto itu, mereka bisa masuk dengan gratis! Orang-orang di sana pun juga nggak akan segan buat ngebantu kapan pun.

3. Sicilia, Italia

sicily

sumber foto: tripindulge.com

Jadi lokasi museum indera peraba dan satu-satunya taman botani sensorik di Eropa, Sicilia wajib banget dimasukin dalam daftar ini. Di kota ini, orang keterbatasan fisik jenis apa pun bakal bisa menikmati dunia layaknya orang-orang "normal". Para tunanetra, orang dengan keterbatasan visual dan gerak, dan penyandang disabilitas lainnya, bisa nyobain aktivitas-aktivitas ekstrem. Mau mencoba serunya scuba diving, off road 4WD, memancing dengan gaya tradisional Sicilia, sampai membuat minyak zaitun, semuanya bisa dilakuin. Gak heran rekor dunia menyelam paraplegic sedalam 59 meter dan wanita tunanetra pertama yang menyelam sedalam 41 meter dipecahkan di sini!

4. Manchester, Inggris

manchester

sumber foto: blog.nationalrail.co.uk

Kalau jalan-jalan di Manchester, siapa pun bakal ngerasa nyaman banget, termasuk para penyandang disabilitas. Jalur-jalur pejalan yang lebar, mulus, dan bebas tangga nggak akan menyusahkan siapa pun. Selain itu, para peyandang disabilitas pun gak akan menemukan toko, restoran, atau bar yang bertangga-tangga, jadi mereka bisa masuk dengan leluasa. Kalau kamu atau temen kamu yang berkusi roda butuh rekomendasi tempat-tempat menarik, dateng aja ke Museum of Science and Industri, Affleck's, atau Peak District National Park. Dengan fasilitas khusus penyandang disabilitasnya, kamu bebas bergerak ke mana pun kamu mau.

5. Melbourne, Australia

melbourne

sumber foto: mustseeplaces.eu

Australia memang udah sadar betapa mereka harus memanusiakan penyandang disabilitas. Pantes aja kalau Melbourne dinobatin jadi salah satu kota yang paling mudah diakses di dunia. Kota ini ngasih e-book gratis "Accessible Melbourne" buat memandu traveler dengan keterbatasan fisik yang berisi rekomendasi restoran-restoran paling ramah kursi roda, cara menikmati pemandangan keren di Great Ocean Road, seru-seruan di kebun binatang, sampai berkunjung ke taman-taman yang bikin penyandang disabilitas nyaman.

6. Singapura

singapura

sumber foto: travelonapp.com

Dari tadi tempat-tempatnya jauh semua, deh. Ada gak, sih, negara tetangga kita yang ramah penyandang disabilitas? Ada! Singapura jawabannya. Infrastruktur negara kota ini menjamin sebagian besar bangunannya bebas dari tangga terjal dan palang yang nggak bisa dilewati kursi roda. Selain itu, aksesibilitas MRT dan busnya juga udah keren banget, jadi buat mereka yang mengalami keterbatasan visual dan gerak bisa pergi ke mana-mana dengan mandiri. Udah bukan jamannya lagi penyandang disabilitas harus nunggu ditemenin dulu kalau mau jalan-jalan.

7. San Diego, Amerika Serikat

san diego

sumber foto: housesforsalesandiego.net

Amerika Serikat udah mendeklarasikan Undang-Undang Penyandang Disabilitas-nya sejak 25 tahun lalu, jadi hampir semua negara bagian di AS udah ramah penyandang disabilitas. Meskipun begitu, San Diego punya nilai tambah karena cuacanya yang enak banget buat liburan. Nggak terlalu panas atau dingin, 18-27 celsius aja! Selain udah nyediain transportasi umum dan Balboa Park yang ramah pengguna kursi roda, San Diego juga punya pantai-pantai yang gampang banget diakses pennyandang disabilitas. Gak percaya? Langsung aja dateng ke Mission Beach!

8. Wina, Austria

vienna

sumber foto: outofplaceadventures.com

Meskipun umur kota ini udah tua banget dan banyak hal jadul dipertahankan demi kelestarian budaya, hal-hal yang menyusahkan penyandang disabilitas udah diilangin. Jalan-jalan berbatu dan pinggiran jalan yang tajam bakal susah ditemuin, berganti jalan yang datar dan mulus. Sebagian besar toko dan kafe pun udah gampang banget dilewati kursi roda. Mau naik metro juga tinggal naik elevator, mau naik trem pun gampang karena lantainya udah rendah banget. Mau ke museum? Mampir, deh, ke Schloss Schonbrunn. Siapa pun gak akan menghadapi keterbatasan di sini!

Komentar