28.Aug.2015

7 Tips Penting untuk Perempuan yang Traveling Sendirian


 

0
0
2

Traveling sendirian bisa jadi hal yang menyenangkan, lho. Kamu bisa lebih bebas menentukan tujuan jalan-jalan tanpa tergantung orang lain. Tapi, traveling sendirian juga berarti harus bisa jaga diri sendiri tanpa bantuan orang lain.

Khusus untuk Aladiners yang perempuan, harus lebih hati-hati lagi, nih. Karena Mister peduli sama kamu, ini ada beberapa tips berguna untuk kamu para perempuan yang traveling sendirian. Laki-laki juga boleh nyimak, lho!

 

1. Bawa tongsis atau tripod

Sumber gambar: Shutterstock

Tiada traveling tanpa selfie. Pas ketemu pemandangan bagus, selfie, eh isinya muka kamu semua gara-gara jangkauan tangan kamu kurang jauh. Repot, kan?

Selain itu, kamu tidak bisa terus-terusan minta tolong orang lain untuk memfoto kamu. Belum lagi kalau kamu nggak puas dengan hasil jepretan mereka. Makanya, tongsis atau tripod bisa jadi benda yang berguna banget saat traveling sendirian.

 

2. Simpan semua soft file dokumen penting

Sumber gambar: Shutterstock

Selain dalam bentuk hard copy dan scan, jangan lupa juga menyimpan soft copy semua dokumen penting kamu di dropbox, google drive, atau situs sejenisnya. Mulai dari KTP/paspor, keterangan booking hotel dan transportasi, rencana perjalanan, dan sebagainya.

Jadi, kalau kamu kehilangan hard copy-nya, kamu masih bisa akses dari komputer mana saja.

 

3. Cari teman di tempat tujuan traveling

Sumber gambar: Shutterstock

Sekarang ini sudah banyak website dan forum traveler yang memungkinkan kamu untuk berkenalan dengan orang di banyak tempat, termasuk di daerah tujuan kamu. Selain bikin kamu lebih aman, lumayan, kan ada tour guide. Cara lainnya, akrabkan diri kamu dengan staf perempuan tempat kamu menginap.

 

4. Simpan semua nomor penting

Sumber gambar: Shutterstock

Catat nomor telepon penginapan, nomor kantor polisi, rumah sakit setempat, kedutaan Indonesia (kalau kamu traveling ke luar negeri), dan lain-lain.

Ingat, simpannya jangan cuma di handphone kamu. Tulis juga di buku catatan atau secarik kertas untuk kamu kantongi sepanjang waktu.

 

5. Jangan biarkan kedua telinga tersumpal earphone

Sumber gambar: Shutterstock

Kalau memang ingin mendengarkan musik, cukup pasang satu earphone. Ini supaya kamu tetap waspada dengan keadaan sekitar. Tapi, kalau ingin menghindari diajak ngobrol oleh orang asing, bolehlah sumpal kedua telinga, pura-pura mendengarkan musik.

 

6. Jangan tidur di kendaraan umum

Sumber gambar: Shutterstock

Capek banget setelah jalan-jalan seharian? Sabar, tidurnya setelah sampai penginapan aja, ya. Tidur di kendaraan umum bikin barang bawaan kamu rentan diambil orang. Selain itu, kamu akan kerepotan kalau sampai nyasar karena ketiduran. Tapi, kamu boleh tidur, kok saat naik kereta atau bus antarprovinsi/negara yang sudah jelas tempat turunnya. Tetap amankan barang bawaanmu. Kalau perlu, dipeluk aja! Hehe.

 

7. Percaya insting sendiri

Sumber gambar: Shutterstock

Jangan salah, insting perempuan termasuk instrumen penting, lho. Kamu pasti tahu kapan harus menolak tawaran orang asing, gimana memilih rute jalan yang benar, atau memilih teman selama di perjalanan. Jangan lupa untuk selalu berdoa, ya.

Itu saja tips dari Mister. Nikmati perjalanan kamu, ya. Ingat untuk tetap ekstra hati-hati.

Komentar

Terima kasih gan atas tipsnya, bagus sekali gan artikelnya, sukses terus gan 🙂

Thanks for the information. 😀

Tinggalkan Komentar: