05.Dec.2018

7 Makanan Murah Indonesia Ini Jadi Mahal Banget di Luar Negeri!


Betapa indahnya hidup di Indonesia. Cuma dua belokan dari rumah, kita bisa nemuin beragam tukang jajanan, dari gado-gado sampai nasi goreng. Kita semua tahu kalau makanan murah Indonesia ini pastinya gak ngejebol kantong kita. Eits, tapi jangan salah. Begitu mereka udah “terbang” ke negara-negara lain, harganya jadi mahal banget, lho!

0
0
0

1. Gorengan

sumber foto: id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Fried_snacks.jpg

Comot tahu, pisang, dan tempe di tukang gorengan paling cuma Rp10 ribuan, tapi lain ceritanya kalau kamu makan gorengan di Belanda. Di sana, kamu harus rela bayar 5 euro buat makan satu gorengan. Kalau dirupiahin, itu sama aja setara Rp82 ribuan! Wadidaaaw~ kalau di sini udah dapet nasi, lauk lengkap, sama minum, tuh. Jangan sampai ngidam gorengan, ya, kalau lagi di sana.

2. Pecel Lele

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Pecel_Lele_1.JPG

Menu satu ini jadi andalan banyak warung tenda yang buka sore hari. Garingnya, sambelnya, sampai lalapannya, bikin banyak orang pengen nambah berkali-kali. Maklum, harganya juga bersahabat banget, paling cuma Rp10.000–Rp20.000an. Sayangnya, kamu gak bisa hambur-hambur uang sembarangan buat sepiring pecel lele kalau di Swiss. Untuk melahapnya, kamu harus bayar 15 euro atau sekitar Rp250.000an!

3. Nasi Goreng

sumber foto: pixabay.com/en/restaurant-chinese-cuisine-1762493/

Meskipun asal mulanya dari China, nasi goreng Indonesia udah melegenda. Gak heran menu ini jadi jawaban template para artis mancanegara pas ditanya, “Apa makanan Indonesia favorit kamu?”. Kebanyakan dari mereka pasti ngejawab “nasyi goyeng”.

Kalau nasi goreng gerobakan deket rumah kamu cuma dibanderol seharga Rp15-20.000an, di Amerika Serikat harganya jadi Rp110.000! Hih, mendingan bawa bahan-bahannya aja buat masak sendiri.

4. Sate Ayam

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Sate_ayam-1.JPG

Jepang punya yakitori, Indonesia punya sate. Seporsi sate ayam dengan lontong, bumbu kacang, acar, dan sedikit keringat (hasil kerja keras) abang penjual biasanya dihargain belasan ribu rupiah aja. Nah, kalau kamu pergi ke Jerman, harga makanan murah Indonesia ini mendadak lebih mahal 10 kali lipat atau sekitar Rp150.000! Entah apa penyebabnya, mungkin bumbu kacangnya diganti kacang mede dan ayamnya rutin dipijet sambil diputerin musik klasik.

5. Indomie

sumber foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Indomie_Mie_Goreng_Iga_Penyet_1.JPG

Penyelamat perut anak kos, obat bagi lidah yang kangen kampung halaman, sekaligus pemersatu bangsa. Itulah Indomie! Merk mi instan yang mendunia dan laris di Nigeria ini dijual di daerah Jabodetabek dan sekitarnya Rp2.500 per bungkus. Murah, meriah, bikin muka cerah! Nah, kalau kamu mau ke luar negeri, jangan harap bisa beli Indomie dengan harga yang sama murahnya. Di Jepang aja kamu harus ngeluarin 85 yen atau sekitar RP11.000 (kurs November 2018) untuk satu bungkusnya. Waow!

6. Tempe

sumber foto: id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Sliced_tempeh.jpg

Cari makanan murah Indonesia yang bener-bener bisa dijangkau siapa pun? Tempe jawabannya. Bayangin, dengan kandungan gizi segudang, makanan ini cuma seharga Rp2.000 per potong! Kalau beli tempe sepanjang 30 cm pun harganya masih sekitar Rp5.000-7.000 aja. Saking mengagumkannya tempe, ilmuwan Jepang berhasrat banget bisa bikin tempe sendiri. Makanya, kalau kamu main ke sana, ke Amerika Serikat, atau Eropa, harga tempe bisa melejit sampai Rp25.000 per potong. Gila, ya!

7. Gado-gado

sumber foto: flickr.com/photos/o_0/33106210633

Gado-gado adalah salad-nya orang Indonesia. Kalau salad pakai minyak zaitun atau mayonnaise, gado-gado pakai bumbu kacang & gula merah yang endes banget. Segala macem sayur mulai dari selada, tauge, kacang panjang, kentang, wortel, jagung, sampai bayam, semuanya ada dalam seporsi gado-gado. Di warung deket rumah, harga makanan ini paling cuma Rp10 – 15.000 (harga di hotel atau restoran gak termasuk, ya!). Begitu nyampe New York langsung jadi sekitar Rp110.000!

Komentar