29.Mar.2017

7 Makanan Aneh Wajib Dicoba di Jepang


Kalau ngomongin soal aneh-aneh, standar Jepang emang beda sama kita. Hal apa pun, mulai dari fashion, teknologi, sampai makanan, adaaa aja yang bikin kita ngangkat alis saking gak biasanya. Nah, kalau kamu berencana liburan ke Jepang dan pengin wisata kuliner yang antimainstream, cobain aja 7 makanan aneh ini. Siapa tau kamu suka!

0
0
1

1. Cumi-cumi berdansa atau ika no ikizukuri

sumber foto: www.pinterest.com

Sebenernya sih bukan cuma Jepang yang punya menu hewan bertentakel uget-uget begini. Di Korea Selatan, kita juga bisa nyobain gurita yang dipotong idup-idup dan dicelup ke saus. Bedanya, di Jepang yang jadi korban adalah cumi-cumi dan mereka udah almarhum duluan sebelum dikunyah. Terus, kenapa kakinya bisa ke sana kemari gitu? Rupanya si cumi-cumi bisa joget kalau kamu siram kecap asin. Otaknya emang udah mati, tapi sel-sel ototnya masih bisa ngasih gerak refleks kalau dikasih garam. Gimana rasanya? Jangan tanya Mister, karena Mister agak males ngerasain ada karet gelang gerak-gerak di dalem mulut.

2. Natto

sumber foto: www.toyokeizai.net

Udah berlendir, bau pula. Itulah natto, makanan tradisional yang ternyata bergizi banget. Natto terbuat dari biji kedelai yang difermentasi dan dicampur saus kedelai juga. Kalau dicari persamaannya, natto di Jepang bisa dibilang kayak duren di Indonesia. Kalau gak dicintai banget, ya dibenci banget! Orang Jepang sendiri juga terbagi jadi dua kelompok antara yang suka dan yang gak suka. Selain itu, sama kayak duren juga, kebanyakan turis asing yang dateng ke Jepang pasti disuruh (dijebak?) buat nyobain makanan ini. Hehe, mungkin karena orang Jepang penasaran ngeliat ekspresi muka si turis begitu nyobain natto, ya.

3. Shirako

sumber foto: www.koi-thailand.net

Sumpah, cicipin makanan yang ini butuh niat super besar. Sebagai info, shirako berasal dari kata shiroi (putih) dan ko (anak). He? Anak putih? Apanya yang aneh? Ternyata, anak-anaka ini adalah sperma beserta alat kelamin ikan jantan! Hadeeeh, kirain torpedo kambing di Indonesia udah paling aneh! Tapi tenang aja, katanya, sih, rasanya gak mengerikan banget, kok. Teksturnya lembut dan creamy banget, jadi berasa kayak mentega yang meleleh di dalem mulut. Kadang shirako dimakan mentah jadi sushi atau direbus dengan saus ponzu. Tertarik pengin makan? Carinya gampang, kok. Di kedai sushi seluruh Jepang pasti ada.

4. Fugu

sumber foto: www.studytub.com

Makan enak udah biasa. Gimana kalau nyobain makan enak tapi bertaruh nyawa? Mau? Naaah, cobain aja Fugu. Ikan buntal beracun ini bisa disajikan dengan beraneka ragam cara. Kalau ngeliat wujudnya, sih, bikin ngiler. Dagingnya bening dan ditata dengan cantik, tapi semuanya sama-sama beresiko kematian! Saking bahayanya ikannya ini, ada banyak peraturan yang harus ditaati. Koki yang pengin masak ikan ini harus magang minimal selama tiga tahun. Selain itu, calon koki fugu harus lulus banyak ujian sulit sebelum akhirnya berhak dapetin sertifikat. Mau tahu berapa persen koki yang lulus? Cuma 35%! Kalau kamu penasaran banget sama rasa ikannya, langsung aja ke Shimonoseki, Yamaguchi, ya.

5. Shirouo no odorigui

sumber foto: www.japan-trends.com

Berhubung ada kata odoria di dalem namanya, jangan heran kalau nanti kamu liat makanan ini menari-nari di piring kamu. Yap, Shirouo no odorigui adalah sekumpulan ikan gobi transparan yang harus dimakan idup-idup. Makanan ini cuma bisa dikonsumsi antara bulan Februari sampai April. Biasanya, orang Jepang makan makanan ini buat sarapan. Ikannya dibiarin berenang di antara telur mata sapi setengah mateng atau di atas daging. Selain bisa dimakan, ikan ini juga sering diminum, lho! Caranya, ikan shirouo dituang ke dalam segelas cuka terus langsung diteguk, deh. Hmm, ikan campur cuka? Pasti rasanya susah dilupain.

6. Horumon

sumber foto: www.youtube.com

Horumon adalah cara orang Jepang nyebut kata hormon. Kenapa makanan ini dinamain hormon? Soalnya mereka percaya gabungan kerongkongan, jantung, urat paru-paru, rahim, payudara, pancreas, usus, dan dubur sapi atau babi bisa nambah stamina. Waaah, ini, sih, namanya menu jeroan versi Jepang! Menu horumon pertama kali dibuat di Osaka di tahun 1940, tapi sekarang kamu bisa nemuin horumon di seluruh penjuru Jepang. Mungkin menu ini dibuat gara-gara para tukang daging ngerasa sayang ngebuang sisa organ. Daripada masuk keranjang sampah, mending dijual jadi makanan, deh! Tekstur kenyal dan gurihnya bisa jadi bakal bikin kamu ketagihan, deh. Mau?

7. Jibachi senbei

sumber foto: www.team-yellow.com

Tahu cracker, kan, Aladiners? Mister yakin kamu pasti udah pernah nyobain. Lagipula, nemuin biskuit atau kue kering bukan perkara susah di Indonesia. Mulai dari rasa abon, gandum, cokelat, tawar, semuanya ada. Eh, tapi tunggu dulu. Gimana kalau cracker berasnya dicampur tawon? Inilah jibachi senbei! Bentuknya bikin bergidik, tapi rasanya gurih-gurih manis, lho. Sayangnya, jibachi senbei gak populer di kalangan orang Jepang sendiri. Cuma generasi tua di daerah Nagano yang tahu cara membuatnya. Malahan, Nagano adalah satu-satunya tempat di Jepang yang bikin cracker ini! Wah, harus hunting ke sana, nih!

Komentar

wah ane udah mengerti sekarang artikel misteri terbelahnya bulan thanks gan!