7 Fenomena Misterius yang Belum Terpecahkan Ini Cuma Ada di Indonesia!


Layaknya pesona gebetan yang menarik buat dikulik, Indonesia juga menyimpan sejuta misteri di balik kecantikannya. Bahkan, saking misteriusnya, ada 7 hal yang masih belum terungkap sampai sekarang, dan semuanya nggak dipunyain negara lain! Hmmm, apa aja, tuh? Nih, Mister kasih tahu daftarnya.

0
0
0

1. Gunung Padang, Sumedang

gunung padang

sumber foto: upload.wikimedia.org

Situs yang berlokasi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ini katanya sih situs megalitikum yang paling besar se-Asia Tenggara. Luasnya 20 kali lebih besar dari Candi Borobudur dan tingginya mencapai 220 meter. Sejak awal ditemuin sampai sekarang, para peneliti belom bisa tahu kapan situs ini dibangun, siapa yang ngebangun, dan untuk apa dia dibangun. Denger-denger usianya lebih tua 4000 tahun daripada piramida di Mesir, lho! Saking misteriusnya, banyak orang yang dateng ke sini buat semedi atau cari wangsit. Ckckck…

2. Manusia bermata biru

mata biru

sumber foto: kendaripos.fajar.co.id

Bukan, mereka bermata biru bukan karena make soft lenses, melainkan bener-bener asli dari lahir. Suku Lingon di Halmahera dan penduduk Desa Kaimbulawa, Sulawesi Tenggara adalah contoh nyatanya. Suku-suku ini milih hidup terisolasi di hutan dan males banget berhubungan sama orang luar. Asal muasal mereka bisa bermata biru emang masih misterius, tapi banyak yang menduga kalau nenek moyang mereka dulunya emang dari Eropa. Hmmm… kalau Mister lihat fotonya, cuma warna mata mereka yang biru. Mukanya, sih, nggak ada bule-bulenya. Tapi justru hal ini yang bikin mereka makin unik, ya!

3. Dusun Karang Kenek

karang kenek

sumber foto: youtube.com

Apa sih misteriusnya dusun yang satu ini? Isinya kenek bis semua? Bukaaan… Di dusun daerah Situbondo ini, penduduknya cuma ada 26 kepala keluarga dan nggak pernah berkurang atau bertambah. Kalau jumlahnya lebih dari 26, bakal ada hal-hal aneh terjadi, mulai dari warga baru yang ngerasa nggak betah atau ada yang meninggal. Selain jumlah warganya yang dikit banget, dusun ini jadi keliatan makin sepi karena lokasinya yang terpencil dan dikepung banyak pohon besar. Sampai sekarang belum diketahui alasan ilmiah kenapa dusun ini terobsesi banget sama angka 26. Hmmm… kok bisa, ya?

4. Kapal hantu SS Ourang Medan

ourang medan

sumber foto: guzlint.blogspot.co.id

Kapal yang berlayar melewati perairan Malaka di tahun 1947 ini ngirim sinyal aneh ke kapal-kapal lain di daerah Sumatera. Isi pesannya mencekam banget, Aladiners! Intinya, awak kapal ini kedengeran kayak berusaha minta bantuan. Ada suara misterius yang ngasih tahu kalau semua kru dan kapten kapal itu udah meninggal dunia. Nggak lama setelah itu, si suara misterius itu juga bilang “aku mati”. Inilah pesan terakhir yang dateng dari kapal SS Ourang Medan. Saat ada kru kapal lain yang naik ke kapal ini, mereka menemukan semua orang udah dalam keadaan nggak bernyawa. Yang bikin merinding, pose jenazah di sana sama semua, seperti pengin ngeraih sesuatu di depan mereka. Sampai sekarang, nggak ada yang tahu apa penyebab semua kru kapal SS Ourang Medan tewas dengan pose yang sama.

5. Manusia Hobbit dari Flores

hobbit flores

sumber foto: images.techtimes.com

Rupanya hobbit bukan cuma ada dalam film, tapi juga hidup di Flores! Hal ini terbukti berkat penemuan para arkeolog tahun 2013 lalu. Mereka menemukan fosil perempuan yang berusia 18.000 tahun dengan ukuran tubuh yang jauh lebih kecil daripada manusia purba lainnya. Tingginya cuma 100 cm! Menurut dugaan para peneliti, bisa jadi makhluk ini mengalami isolasi yang mengakibatkan tubuhnya jadi mengerdil. Hmmm… dari mana, ya, asal muasal mereka?

6. Piramida Sadahurip di Garut

sadahurip

sumber foto: megame13.files.wordpress.com

Siapa bilang piramida cuma ada di Mesir? Indonesia juga punya Cici Piramida! (Oke, maafin Mister…) Tapi beneran, deh, di daerah Garut, Jawa Barat, ada piramida misterius bernama Gunung Sadahurip. Beda dengan kembarannya di Mesir yang cenderung gersang, piramida di sini ditumbuhi banyak tanaman. Udah banyak peneliti yang yakin banget kalau piramida ini emang buatan manusia, tapi siapa yang membangunnya belum ketahun sampai sekarang.

7. Benteng raksasa di laut Papua

benteng papua

sumber foto: youtube.com

Papua emang menyimpan sejuta misteri yang cantik, nggak terkecuali yang satu ini. Siapa yang nyangka kalau di pulau yang letaknya paling timur ini ada tembok raksasa mirip benteng di dasar lautnya? Tembok misterius ini punya panjang sekitar 110 km, lebar 2.700 meter, dan tinggi sekitar 1.860 meter. Dari mana orang-orang tahu? Ternyata dari mbah Google Maps! Sayangnya, sejak tahun 2012 lalu Google ngilangin gambar ini dari peta mereka. Entah apa sebabnya. Menurut dugaan, dulu ketika Papua dan Australia masih satu daratan, ada pihak ‘non-manusia’ yang membangun benteng ini untuk tujuan tertentu. Waduh, alien mana, nih, yang bikin?

 

Komentar

Tinggalkan Komentar: