09.Jul.2015

7 Danau Berair Sebening Kaca di Indonesia


Memangnya cuma laut yang bisa punya air sebening kaca? Danau juga bisa! Saking kayanya wisata alam Indonesia, negara tercinta kita ini pun memiliki banyak danau berair bening yang bisa bikin kamu terpana dan tidak sabar buat berenang. Bahkan beberapa di antaranya punya pasir putih, persis seperti pantai, lho! Nah, kamu pengin tahu danau-danau berair jernih tercantik di Indonesia? Cekidot!

0
0
1

1. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Foto: danaubesar.blogspot.co.id

Berada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kalimantan Timur, Mister Aladin yakin kamu pasti pernah melihat salah satu foto Danau Labuan Cermin ini di internet. Beningnya itu, lho..... perahu bisa kelihatan seperti melayang! Dan yang unik dari danau ini adalah airnya yang memiliki 2 rasa, yaitu tawar dan asin. Kok bisa, ya? Soalnya permukaan air danau ini terbagi menjadi 2, tawar pada bagian atasnya, tapi asin pada bagian bawahnya.

2. Danau Kaco

Danau Kaco

Foto: bumimerangin.blogspot.co.id

Berlokasi di Taman Nasional Kerinci Seblat, danau super cantik ini memiliki air berwarna biru jernih. Saking beningnya danau ini, kamu bahkan bisa melihat cabang-cabang pohon yang ada di dalam air. Makanya, danau ini dinamakan Danau Kaco yang berarti Danau Kaca.

Walaupun luasnya cuma 30 x 30 meter, tapi belum ada satu pun orang yang tahu berapa kedalamannya. Dan katanya sih, danau ini juga memancarkan cahaya di malam hari, lho. Makanya, orang-orang yang datang untuk berkemah di sini jarang membawa lampu tambahan. Karena tanpa lampu pun sudah lumayan terang. Keren banget, ya!

3. Danau Weekuri

Foto: www.sukmadede.com

Dikelilingi tebing yang tertutup lumut, Danau Weekuri mungkin belum banyak didengar orang di sekitar Jakarta. Tapi kecantikannya itu lho,..... seperti surga! Bagi masyarakat Sumba di mana danau ini berada, Danau Weekuri sudah jadi primadona sejak lama.

Karena kejernihan air berwarna hijau tosca-nya, kamu bahkan bisa melihat pasir putih di dasarnya. Terus yang uniknya lagi, danau ini punya beberapa sumber mata air. Makanya, di beberapa tempat, kamu bisa melihat perbedaan warna dan merasakan perbedaan temperatur air dari dingin hingga hangat di sini.

4. Danau Segara Anakan

Foto: www.satujam.com

Kamu percaya tidak kalau danau sekeren ini ada di Malang, lho! Tepatnya di Pulau Sempu. Danau ini juga bisa disebut sebagai danau purba, karena telah terbentuk jutaan tahun lalu. Sekilas terlihat seperti pantai, ya? Ditambah lagi pasirnya yang berwarna putih dan airnya yang asin berwarna biru langit. Indah.....

Terdapat lubang di salah satu sisi danau ini tempat air laut masuk. Dari kejauhan nampak seperti air terjun. Paling asyik kalau sudah sampai di sini, ya pastinya berkemah di tepi danaunya, dong. Bayangkan pemandangan langit berbintang dengan danau cantik berair jernih di depan mata... aahhh!

5. Danau Kakaban

Foto: www.liburanwisata.com

Selain airnya yang jernih, danau ini juga menawarkan pengalaman berenang bersama ratusan ubur-ubur tanpa sengat. Asyik gak, tuh? Jutaan tahun lalu, Danau Kakaban tersambung ke laut hingga terjadi tekanan geologis yang terus mengangkat sebagian dasar laut ke atas dan membentuk tebing yang memerangkap sebagian perairan dengan kehidupan bawah airnya.

Karena dalam jutaan tahun spesies ubur-ubur di sini terlindungi dari predator, makanya mereka berevolusi hingga tidak memiliki sengat. Dan tahukah kamu kalau jumlah spesies ubur-ubur di Danau Kakaban melebihi spesies ubur-ubur yang bisa kamu temukan di danau ubur-ubur di negara Palau yang sudah terkenal di dunia, lho!

6. Danau Matano

Foto: www.kidnesia.com

Dengan kedalaman hingga 600 meter, Danau Matano di Luwu Timur, Sulawesi Selatan adalah danau terdalam di Asia Tenggara. Bukan cuma indah, danau ini juga memiliki banyak cerita sejarah dan sisi unik. Salah satunya adalah keberadaan gua bawah air dan ikan purba yang hanya berkembang biak di Danau Matano.

Ada total 6 gua yang bisa kamu telusuri di sini. Beberapa di antaranya berisi barang-barang peninggalan sejarah, seperti parang, tombak, hingga peralatan rumah dari besi kuningan. Dalam salah satu gua tersebut, kamu juga bisa menemukan tulang belulang manusia, lho. Ini dikarenakan dulunya, masyarakat sekitar tidak mengubur keluarganya yang meninggal, tapi dimasukkan ke liang batu di dalam gua. Hii!

7. Danau Biru

Foto: gambartidung.blogspot.com

Dilihat dari atas, bentuknya mirip  sumur raksasa berwarna biru bening yang dipisahkan dari laut oleh tebing . Buat yang kurang bisa berenang, sepertinya harus menahan diri di sini karena kedalamannya bisa sampai 7 meter. Walaupun tidak besar, tapi keindahan danau yang satu ini membuat kamu wajib untuk menyempatkan diri berkunjung, kalau suatu saat sedang berlibur ke Kolaka Utara. Katanya juga, di dalam danau ini tersimpan harta karun berbentuk batu giok dan emas, lho!

Komentar

Keren.
Dari daftar dsini, saya baru ke Danau Weekuri dan Danau Kakaban.
Yang lain mesti dcoba juga …
breathtaking semua!