27.Jul.2016

7 Alasan Kenapa Harus Traveling Bareng Anak


Buat kamu para keluarga muda, pasti kangen banget pengin jalan-jalan lagi, kan? Setelah sekian lama fokus ngurus si kecil, waktunya kamu ngambil "break" sebentar. Terus, anak tercinta dititipin ke orangtua? Jangan dooong... ajak aja mereka traveling bareng kamu. Banyak manfaatnya, lho!

0
0
0

Nggak percaya? Baca dulu alasannya berikut ini.

1. Biar nggak terjebak rutinitas

mom and baby having fun

Mau bareng pasangan, temen, keluarga, atau sendirian, salah satu tujuan utama traveling memang untuk keluar dari rutinitas. Setelah selama ini kamu udah menguasai rutinitas ganti popok dan nyuapin makan di rumah, sekarang saatnya ganti setting tempat ke hotel, bandara, atau bahkan di dalem bus! Dijamin kamu dan si kecil sama-sama jadi lebih tangguh.

2. Mempererat hubungan keluarga

mempererat hubungan keluarga

Ada satu kesamaan antara traveling dan anak-anak: sama-sama nggak bisa diprediksi. Keadaan kayak gini bikin kemampuan memecahkan masalah kamu jadi makin terasah. Selain itu, ikatan antara kamu dan si kecil juga bisa makin kuat karena kalian harus bekerja sama sebaga tim. Si anak jadi lebih pengertian, orangtua pun belajar lebih sabar. Manfaatnya bisa dirasain sampe anak besar nanti, lho.

3. Keluar dari tren parenting

tren parenting

Selama di rumah, pasti cara mengasuh kita sedikit banyak dicampuri oleh orangtua, mertua, sampai tetangga. Kadang berguna, kadang bisa bikin stress banget. Nah, dengan traveling, kamu bisa ngeliat langsung cara orangtua di daerah/negara lain ngasuh anak-anak mereka. Kamu bisa ambil baiknya dan buang buruknya. Selamat jadi orangtua yang lebih open-minded!

4. Nggak selalu mahal, kok!

nggak selalu mahal

Siapa bilang traveling bareng anak lebih mahal? Selain anak di bawah 2 tahun nggak perlu bayar tiket transportasi, ada banyak tempat wisata yang bebas biaya untuk anak-anak, bahkan untuk semua orang. Ajak mereka main ke museum, monumen penting, atau taman. Tempat-tempat tersebut aman buat anak sehingga nggak butuh pengawasan ekstra. Orangtua rileks, dompet pun rileks.

5. Kita bisa mencontoh antusiasme mereka

antusiasme anak

Menjadi orangtua mengajarkan kita bahwa nggak selalu anak-anak yang belajar ke orangtua. Hal sebaliknya juga bisa terjadi, lho. Traveling bareng si kecil bikin kita belajar ngeliat dunia dari sudut pandang mereka. Hal-hal sepele kayak warna bangunan dan bentuk pohon bisa bikin mereka excited. Mau nggak mau kamu juga harus ikutan ngubah cara pandang supaya bisa ngejelasin hal-hal di sekitar yang masih asing menurut mereka.

6. Udah sering packing banyak tas, kenapa nggak sekalian traveling?

baby bag

sumber foto: lily-jade.com

Mau ke mall bawa 2 tas, mau ke rumah nenek bawa 3 tas. Sebagai orangtua bayi dan balita, pasti kamu udah jago banget packing. Kalo udah begini, mending sekalian aja pergi ke tempat-tempat yang kece. Mau ke mana pun tujuannya, tetep harus bawa popok, botol susu, baju ganti, sampai mainan si kecil, kan?

7. Udah pasti mendidik!

mendidik

Setuju, kan, kalau traveling selalu mengajarkan kita hal-hal baru? Daripada ngasih anak gadget dan ngebiarin mereka diem sepanjang hari di rumah, jauh lebih baik ajak mereka menjelajah dunia dengan traveling. Biarkan mereka nyentuh pasir pantai, tanah, atau main air sepuasnya. Efeknya bakalan bertahan sampe mereka dewasa nanti!

Komentar