03.Jul.2018

6 Tradisi Pernikahan di Afrika yang Nyeleneh


Adat istiadat setiap negara emang berbeda-beda dan selalu menarik buat kita pelajari. Contohnya, adat istiadat di Afrika. Kepercayaan, sejarah, dan budaya khas Afrika memengaruhi ritual atau tradisi mereka dalam melakukan beragam kegiatan, termasuk pernikahan.

0
0
0

Kalau sebelumnya Mister nulis tentang 8 Tradisi Pernikahan Paling Aneh di Seluruh Dunia, sekarang saatnya Mister kasih tau kamu tentang tradisi pernikahan nyeleneh yang cuma ada di Afrika. Yuk, simak di bawah ini!

1. Makin Gendut, Makin Cantik

sumber foto: themindvoyager.com

Negara muslim yang menjadi negara terbesar ke-11 se-Afrika ini, punya tradisi aneh untuk para calon pengantin wanita. Soalnya, masyarakat setempat memercayai bahwa wanita bertubuh besar alias gendut, menjadi simbol dari kecantikan, kesejahteraan, dan status sosial yang tinggi. Jadi sebelum menikah, si calon pengantin wanita dipaksa makan makanan berminyak dan berlemak, serta minum semangkuk besar susu unta atau susu kambing.

2. Saling Memuji

sumber foto: independent.co.uk

Di Somalia, pernikahan dirayakan selama 7 hari berturut-turut! Di 4 hari pertama, pernikahan akan dirayakan di rumah si pengantin wanita, sedangkan 3 hari sisanya di rumah pengantin pria. Selama 7 hari itu, ada 1 hari yang dinamakan “Baraambur” atau saling memuji antar mempelai dan seluruh anggota keluarga. Biar makin akrab, saat saling memuji itu dihidangkan pula makanan tradisional Somalia.

3. Meludahi Kepala Kedua Pengantin

sumber foto: flickr.com

Suku Masai di Kenya punya cara tersendiri untuk menandai setuju atau tidaknya atas sebuah pernikahan. Para orang tua akan meludahi kepala sang anak dan pasangannya sebagai pertanda bahwa mereka merestui pernikahan anaknya. Meludahi kepala juga akan dilakukan saat memberi selamat atas kelahiran anak sang pasangan yang baru menikah.

4. Malam Pertama Diawasi

sumber foto: shalwadesign.blogspot.com

Suku Swahili memiliki ritual yang agak-agak gimana gitu, Aladiners! Soalnya, pasangan yang baru nikah melalui perjodohan, akan diawasi oleh “Somo” saat malam pertama. Somo ini bertindak sebagai guru alias mentor, untuk memastikan pasangan berbahagia itu melakukan malam pertama dengan baik dan benar. Haduh malah jadi malu kan, kalau ada yang nontonin?

5. Dibalut Lemak Sapi

sumber foto: somak.com

Lain lagi dengan Namibia. Negara Afrika bagian barat daya ini akan membalut kepala pengantin wanita dengan lemak mentega dari sapi. Hal itu dilakukan sebagai pertanda bahwa sang pengantin wanita telah menjadi bagian anggota keluarga sang pria.

6. Harus Buktiin Kalau Wanita Masih Perawan!

sumber foto: heyswaziland.blogspot.com

Di Afrika Selatan, ada Suku Zulu yang memiliki tradisi pernikahan nyeleneh. Di puncak acara pernikahan, sang pengantin wanita akan melakukan tarian dengan gerakan pamungkasnya menendang kaki setinggi-tingginya. Gerakan itu dilakukan untuk menunjukkan kepada keluarga dan sang pengantin pria kalau dia masih perawan. Ada-ada aja, ya?

Komentar