04.May.2018

6 Tempat Terbaik Melihat Aurora!


Aladiners, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan Aurora? Aurora adalah fenomena langit berupa pancaran cahaya yang seperti menari pada lapisan ionosfer bumi sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki bumi dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh angin matahari.

0
0
0

Fenomena ini hanya bisa terjadi di pusat magnetik bumi yang berada di kutub utara dan selatan. Maka dari itu, fenomena ini bernama Northern Lights atau Aurora Borealis jika terjadi di kutub utara dan bernama Southern Lights atau Aurora Australis jika terjadi di kutub selatan. Lantas, di negara mana sajakah tempat terbaik untuk menyaksikannya? Mister sudah merangkumnya untuk kamu di bawah ini!

1. Islandia

sumber foto: icelandnaturally.com

Negara yang terletak di sebelah barat laut benua Eropa ini terkenal menjadi tujuan para wisatawan untuk menyaksikan Aurora Borealis. Kamu bisa melihat fenomena itu sekitar bulan Agustus hingga April. Spot terbaiknya ada di gunung Kirkjufell atau di wilayah sub-urban Reykjavik.

2. Finlandia

sumber foto: kontikifinland.com

Negara yang termasuk di wilayah Eropa Utara ini menjadi negara berikutnya yang bisa kamu tuju jika kamu ingin melihat Aurora. Jumlah penduduknya termasuk sedikit sehingga populasi cahayanya rendah, maka hampir di setiap kawasan di negara ini bisa menjadi spot menyaksikan Aurora. Seperti di Nellim, Muotka, dan Inari di kawasan Timur Laut Finlandia atau di kawasan barat seperti Harriniva, Jeris, dan Torassieppi. Waktu terbaik untuk berkunjung melihat Aurora sekitar bulan September hingga Maret.

3. Norwegia

sumber foto: fjordtravel.no

Negara yang menjadi tetangga Finlandia ini juga terkenal menjadi tujuan bagi kamu yang ingin melihat Aurora. Salah satu yang paling terkenal ialah Tromsø. Namun, buat kamu yang pengin anti-mainstream, bisa menuju Kota Alta dan menyaksikan Aurora sembari menginap di hotel berbentuk igloo! Waktu terbaik untuk melihat Aurora ialah pertengahan September hingga akhir Maret.

4. Kanada

sumber foto: thecanadianencyclopedia.ca

Negara yang paling utara di benua Amerika ini memiliki banyak spot cantik untuk menyaksikan Aurora, seperti di Kota Yukon, Danau Yellowknife, dan Wood Buffalo. Waktu terbaik untuk melihat Aurora sekitar akhir Agustus hingga awal April.

5. Alaska

sumber foto: smithsonianmag.com

Ingin pergi ke Amerika Serikat? Jangan lupa mampir ke Alaska! Salah satu negara bagian di Amerika Serikat ini memiliki spot terbaik untuk menyaksikan Aurora, seperti di Fairbanks. Waktu terbaik untuk menyaksikan Aurora ialah dari akhir Agustus hingga pertengahan April.

6. New Zealand

sumber foto: newzealand-indepth.co.uk

Aurora Australis tidak setenar Aurora Borealis karena lebih sedikit tempat kece untuk menyaksikannya. Namun, di negara yang terkenal sebagai lokasi syuting film The Hobbit ini, kamu memiliki kesempatan yang besar untuk menyaksikan Aurora Australis. Waktu terbaik untuk menyaksikan Aurora ialah saat ekuinoks (pusat matahari berada sebidang dengan garis khatulistiwa) yang jatuh pada tanggal 20 Maret dan 22 September.

Komentar