05.Nov.2018

6 Negara Asia yang Penduduknya Wajib Belajar Militer


Siapa yang suka sedih kalo Oppa-oppa atau bias kesayangannya harus wamil alias wajib militer? Hayo ngaku, hehehe. Buat yang belom tau, dikutip dari laman Wikipedia, wajib militer adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 - 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri.

0
0
0

Ternyata di dunia ini bukan cuma Korea Selatan aja lho, yang mewajibkan warga negaranya untuk wamil! Ada puluhan negara di dunia yang menerapkan hal serupa. Kali ini, Mister akan bahas negara-negara di Asia yang penduduknya wajib ikut wamil! Penasaran? Baca selengkapnya di bawah, ya!

1. Singapura

Sumber foto: oleh Mark Cheong diambil dari straitstimes.com/singapore/primary-mission-of-ns-to-teach-discipline-and-values-to-young-survey-findings-show

Pasti banyak yang belom tau kalo Singapur juga mewajibkan penduduknya untuk wamil. Setiap warga negara asli Singapur atau warga asing yang memiliki status pemukim tetap (permanent resident/PR) dan berusia 18 tahun ke atas, harus mengikuti wamil ini selama 22-24 bulan. Hal ini tentu jadi merepotkan bagi warga negara Indonesia yang kuliah maupun kerja di Singapur dan memiliki status pemukim tetap. Soalnya, mereka bisa kehilangan status WNI (warga negara Indonesia) mereka, lho! Tapi tetep ada aja WNI yang mau ikut wamil di Singapur, soalnya ada banyak kelebihan yang bisa mereka dapatkan, mulai dari bekerja tanpa perlu mengurus visa, menikmati potongan pajak, serta subsidi layanan pendidikan dan kesehatan.

2. Thailand

Sumber foto: twitter.com/tumbler_p/status/714766449190027264

Bisa dibilang, wamil di Thailand ini unik banget. Para pria di Thailand yang wajib mengikuti wamil yang berusia 21-27 tahun. Tapi jika sedang sekolah, boleh menunda keikutsertaan di wamil, jadi sekolah nggak bakal keputus dulu! Para pria ini dapat mengikuti wamil dengan 2 cara, yang pertama sukarela dan kedua adalah ambil undian. Buat yang daftar secara sukarela, justru diberi keringanan dengan hanya mengikuti wamil selama 6 bulan. Buat yang pilih ambil undian, kalo dapetnya kartu hitam, mereka bebas dari wamil. Tapi kalo dapetnya kartu merah, dia harus ikut wamil1 tahun! Pssstt, meskipun udah jadi transgender, tetep harus lapor untuk ikut wamil. Kalo mereka terbukti udah "berubah seutuhnya" jadi wanita, mereka diperbolehkan untuk bebas wamil lho!

3. Myanmar

Sumber foto: asia.nikkei.com/Politics/Divergent-strategies-behind-Myanmar-s-peace-process

Myanmar menerapkan wajib militer kepada warga negaranya. Nggak cuma pria, bahkan bagi wanita pun juga meskipun sukarela. Pria berusia 18 hingga 35 tahun yang diwajibkan wamil.

4. Iran

Sumber foto: oleh EPA/ABEDIN TAHERKENAREH diambil dari vosizneias.com/161972/2014/04/18/tehran-chanting-death-to-israel-iran-says-will-firmly-deter-any-attacks-as-military-displays-might/

Negara Timur Tengah ini mengukuhkan dirinya sebagai negara dengan angkatan bersenjata terbesar di kawasan Timur Tengah. Makanya pemerintah negara ini serius membangun kekuatan militernya dengan mewajibkan warga negaranya yang berusia 18 tahun ke atas untuk ikut wamil.

5. Uni Emirates Arab

Sumber foto: thenational.ae/uae/uae-national-service-recruits-screened-for-heart-conditions-in-drive-to-save-lives-1.712202

Negara Arab ini juga nggak mau ketinggalan memperkuat kekuatan militernya. Warga negara pria yang telah lulus SMA dan berusia 18 hingga 30 tahun, harus ikut wamil selama sembilan bulan. Buat yang nggak punya ijazah SMA harus mengabdi selama dua tahun. Wamil bagi wanita juga ada lho, bedanya bersifat sukarela.

6. Korea Utara

Sumber foto: viva.co.id/foto/berita/15409-parade-militer-korea-utara-peringati-berdirinya-ke-70-partai-pekerja

Terakhir, negara tetangga Korea Selatan ini juga mewajibkan warga negaranya untuk wamil. Kalo negara-negara lain memperbolehkan warga negara wanita ikut wamil secara sukarela, di Korea Utara justru wanita wajib ikut wamil. Nggak tanggung-tanggung, para wanita wajib ikut selama 7 tahun lho! Buat para pria, diwajibkan ikut wamil selama 10 tahun. Masa wamil bisa dikurangi jika memiliki prestasi di bidang musik atau olahraga. Aduh, ngeri ya?

Komentar