12.Mar.2018

5 Tempat Gratis di London buat yang Mau Liburan Hemat


Terlepas dari image London sebagai salah satu kota termahal sedunia, ternyata ada banyak tempat wisata di sini yang bisa kamu datengin secara gratis, lho. Kalau kata istilah, "ada banyak jalan ke Roma", ada banyak juga jalan yang bisa kamu ambil buat bisa liburan murah ke London. Mau tau tempat seru apa aja yang bisa kamu datengin secara cuma-cuma di sini? Cekdisot!

0
0
0

1. Museum

Sumber foto: travelmarx.com

Percaya gak kalau Mister bilang hampir semua museum di London gratis? SERIUSAN GRATIS! Karena dapet subsidi yang besar dari pemerintah, museum-museum di sini gak butuh pemasukan lagi dari penjualan tiket. Udah gitu mereka juga berpandangan kalau museum bisa jadi sarana yang pas buat semua orang untuk dapet ilmu di luar institusi pendidikan.

Sumber foto: www.independent.co.uk

Belum lagi museum-museum di sini isinya gak main-main, Aladiners. Ada banyak banget benda bersejarah yang bisa kamu liat langsung di sini, kayak mumi, bog body, tulang dinosaurus, fosil hewan-hewan prasejarah, dan masih banyak lagi. Beberapa museum terbaik yang Mister rekomendasiin buat kamu datengin di antaranya adalah Natural History Museum, Museum of London, Science Museum, Victoria & Albert Museum, dan museum yang sering muncul di film-film Hollywood, British Museum.

2. Galeri Seni

Sumber foto: www.artfund.org

Sama kayak museum-museumnya, London juga punya banyak galeri seni gratis yang gak nagih biaya tiket buat para pengunjungnya. Tau Trafalgar Square? Di salah satu tempat wisata paling terkenal se-London ini ada satu galeri seni yang gak boleh kamu lewatin, yaitu National Gallery. Emang ada apaan aja, sih, di sana? Banyaaak! Di National Gallery kamu bisa nikmatin kerennya lebih dari 2.300 lukisan para seniman terkenal kayak Rembrandt, Raphael, Monet, sampai Vincent van Gogh.

Sumber foto: www.randolphcollege.edu

Selesai ke National Gallery, jangan lupa juga buat mampir ke Tate Modern. Kerennya hampir sama! Bedanya di sini yang dipamerkan adalah karya-karya seni dari tahun 1.900-an ke atas. Mau liat langsung karyanya Andy Warhol dan Pablo Picasso? Dateng ke sini aja. Selain dua galeri tadi, masih banyak juga galeri seni yang bisa kamu datengin secara gratis di London, seperti Whitechapel Gallery, Guildhall Art Gallery, Wallace Collection, dan masih banyak lagi.

3. Pemakaman

Sumber foto: theatlantic.com

Hah, liburan kok ke kuburan? Eits, kuburan yang Mister omongin bukan sembarang kuburan! Kamu tau gak kalau ada banyak tokoh dunia yang dimakamin di London? Yap, saat liburan di London gak ada salahnya kalau kamu juga "nyekar" ke makam-makam para tokoh ini. Beberapa di antaranya adalah Bram Stoker, Karl Marx, Sigmund Freud, Marc Bolan, dan Doris Lessing. Suka baca buku serial lima sekawan? Sang penulis Enid Blyton juga dimakamin di London, lho.

4. Taman

Sumber foto: www.theshaftesbury.com

Kota urban kayak London ternyata punya banyak taman yang disediakan buat para warganya. Jadi walaupun hidupnya hectic, tapi warga London bisa ngelepas stress dengan nyantai di taman-taman adem ini. Beberapa di antaranya bahkan juga punya ikonnya tersendiri, kayak Diana Memorial Playground dan patung Peter Pan di Kensington Gardens. Jangan lupa buat mampir ke Hyde Park yang ada di sebelahnya juga, ya, karena sering dijadiin lokasi festival-festival musik. Pengen dapet background terbaik pas selfie-an di depan Buckingham Palace? Dateng ke St. James' Park. Ada juga Greenwich Park yang jadi tempat terkeren buat foto-foto.

5. Pasar

Sumber foto: www.coventgarden.com

Jangan samakan pasar di London kayak pasar tradisional di Indonesia, ya. Sekali begaul di pasar sini, kamu bakal ngerasa bangga dipanggil "anak pasar". Gak perlu takut sama suasana riweuh dan becek kalau kamu mampir ke pasar-pasar di London. Bukannya takut baju kotor, kamu justru bakal takut pulang karena emang bikin betah banget. Ada beberapa jenis pasar di kota ini, tapi favoritnya Mister adalah pasar-pasar yang ngejual street food. Jadi sambil nongkrong, kamu bisa nyobain makanan-makanan dan camilan-camilan khas London. Gak percaya gimana asiknya pasar-pasar di sini? Coba dulu mampir ke Borough Market, Camden Market, Portobello Road Market, dan Covent Garden.

Komentar