03.Sep.2019

5 Tempat Asyik untuk Para Penggemar Sepak Bola


Go go go! Ale ale ale! Hobi bermain sepak bola? Suka nonton pertandingan sepak bola? Rajin update info klub sepak bola jagoan kalian? Buat yang demen banget dengan hal-hal berbau sepak bola, nih, Mister punya rekomendasi 5 tempat asyik di berbagai negara yang bisa kalian kunjungi.  Bukan cuma di Eropa, lho, di Asia juga ada.

0
0
0

1. Museum FIFA, Swiss

Sumber: http://www.fifamuseum.com/visit/visitor-information/take-the-tour/#take-the-tour-2610092

Ada yang masih belum tahu kepanjangan FIFA? Nih, Mister kasih tahu. FIFA adalah singkatan dari Fédération Internationale de Football Association. Itu adalah bahasa Perancis. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, FIFA adalah organisasi internasional yang mengatur persepakbolaan dunia. FIFA punya museum yang berlokasi di Kota Zurich, Swiss. Namanya FIFA World Football Museum. Museum tersebut diresmikan pada 2016.

Saat berkunjung ke Museum FIFA, kalian harus memasukkan barang bawaan kalian di loker. Ada yang istimewa dari loker itu, yakni nama-nama loker menggunakan nama-nama pesepak bola terkemuka, seperti Beckham, Ronaldo, dan Messi. Begitu masuk ke museum, kalian akan disambut layar-layar super besar yang menampilkan gambar orang dari berbagai belahan dunia tengah bermain sepak bola.

Sumber: https://www.foodandbaker.co.uk/2017/07/fifa-world-football-museum-stories-of.html

Pajangan yang paling menyita perhatian di museum tersebut adalah apalagi kalau bukan replika trofi emas Piala Dunia. Di sebelahnya, ada pajangan yang menampilkan berbagai kejadian menarik dari setiap perhelatan Piala Dunia, termasuk Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di Uruguay pada 1930.

Di Museum FIFA, kalian nggak cuma bisa melihat-lihat, melainkan bisa juga bermain game. Lantai dua museum tersebut tak ubahnya seperti Timezone. Beragam permainan seputar sepak bola menunggu untuk kalian coba. Untuk berkunjung ke museum ini, kalian harus merogoh kocek sebesar Fr 24 atau setara sekitar Rp350.000. Fr adalah simbol mata uang Swiss, Franc Swiss.

2. Allianz Arena, Jerman

Sumber: https://fcbayern.com/en/news/2018/08/new-bayern-themed-look-for-allianz-arena#module-overlay=data-overlay-3366d61d-251e-44d2-a336-7fea2d96c3b6/6

Allianz Arena adalah stadion yang menjadi markas klub sepak bola Bayern Munich. Lokasinya di Kota Munich, Jerman. Stadion berkapasitas 75.000 orang itu diresmikan pada 2005. Perusahaan yang menangani arsitekturnya adalah Herzog and de Meuron. Perusahaan tersebut sudah tidak perlu lagi diragukan kualitasnya dalam membangun berbagai gedung megah.

Pertandingan sepak bola pertama yang dihelat di Allianz Arena adalah final Liga Champion musim 2011—2012. Ketika Jerman jadi tuan rumah Piala Dunia pada 2006, Allianz Arena jadi tempat perhelatan babak semifinal.

Saat berkunjung ke sana, kalian bisa mencoba menguji keahlian kalian dalam menendang bola di area yang bernama kick hall. Di area tersebut, kalian ditantang mengegolkan bola ke dua lubang. Jika berhasil, kalian akan mendapat hadiah. Kalian bisa juga berwisata kuliner, lho. Ada area bernama arena bistro yang menyediakan beragam kudapan lezat, seperti piza, pasta, sandwich, cake, dan hot chocolate. Bikin ngiler, nih.

3. Santiago Bernabeu, Spanyol

Sumber: https://www.realmadrid.com/en/news/2018/09/the-santiago-bernabeu-of-the-21st-century

Hala Madrid! Ini dia stadion yang jadi markas klub Real Madrid. Stadion Santiago Bernabeu resmi berdiri pada 1947 dan mampu menampung lebih dari 80.000 penonton. Nama stadion tersebut diambil dari nama mantan pemain Real Madrid sekaligus mantan presiden klub tersebut. Di bawah kepemimpian Santiago Bernabeu, Real Madrid pernah mengalami masa jaya.

Jika ingin mengikuti tur di Stadion Santiago Bernabeu, kalian harus menyiapkan uang sebesar €30 atau setara sekitar Rp480.000. Bukan hanya berkeliling stadion, dalam tur tersebut, kalian juga diajak berkunjung ke museum. Die hard-fan Real Madrid pasti seneng banget saat berada di museum tersebut karena di sana, pengunjung bisa melihat berbagai pajangan yang menceritakan sejarah perjalanan Real Madrid. Ada pula video yang menampilkan best moment sepanjang karir Real Madrid.

4. Old Trafford, Inggris

Sumber: https://timesofindia.indiatimes.com/travel/things-to-do/old-trafford/as51683339.cms (diambil dari Sean MacEntee)

Penggemar berat sepak bola pasti tahu, dong, stadion yang satu ini merupakan kandang klub sepak bola apa? Yup, siapa lagi kalau bukan the red devil alias Manchester United. Stadion yang berlokasi di Kota Manchester, Inggris ini diresmikan pada 1910. Ketika Inggris jadi tuan rumah Piala Dunia pada 1966, Old Trafford jadi salah satu tempat penyelenggaraan pertandingan.

Old Trafford punya julukan sebagai the theatre of dream. Julukan tersebut mengarah pada perjuangan Manchester United dalam meraih sukses di dunia sepak bola. Klub tersebut mengalami banyak rintangan, akan tetapi tidak mau terpuruk dan terus berusaha meraih mimpi mereka. Gagal, bangkit, gagal lagi, bangkit lagi.

Saat berkunjung ke sana, kalian bisa mengikuti stadium tour. Dalam tur tersebut, kalian berkesempatan masuk ke ruang ganti pemain MU, berjalan melewati lorong pemain yang mengarah ke lapangan, masuk ke ruang media, dan menjajal ruang VIP. Di akhir tur, kalian akan mendapat sertifikat sebagai bukti bahwa kalian sudah pernah mengunjungi Old Trafford. Kalau kalian berminat ikut stadium tour, kalian harus merogoh kocek lumayan dalam, yakni sebesar £37 atau setara sekitar Rp650.000.

5. Museum Sepak Bola Jepang

Sumber: https://www.japanbyweb.com/japan-football-museum/

Let’s go back to Asia. Seteleh muter-muter di museum dan stadion di Benua Eropa, sekarang, saatnya kita berkunjung ke museum sepak bola di Asia, yakni Japan Football Museum. Lokasinya di Tokyo, satu kompleks dengan kantor pusat Japan Football Association.

HTM museum ini tentu tidak semahal HTM Museum FIFA. Kalian cukup membayar ¥500 atau setara sekitar Rp66.000. Berkunjung ke museum ini tak ubahnya mengenang Piala Dunia 2002 di mana saat itu Jepang jadi tuan rumah. Di sana, terpajang banyak foto yang menampilkan momen-momen terbaik selama perhelatan Piala Dunia 2002. Terpajang pula kostum yang dikenakan relawan dan rompi yang dikenakan wartawan.

Sumber: https://www.stroll-tips.com/en/japan-football-museum/

Kalian juga bisa “bertemu” dengan timnas Jepang, kerena museum tersebut memamerkan 11 patung pemain inti timnas Jepang yang berlaga pada Piala Dunia 2002. Kalau ingin kembali menyaksikan perhelatan Piala Dunia 2002, kalian bisa masuk ke ruang pemutaran film 3D. Rasanya seperti menonton langsung pertandingan dari tribun. Sangat real.

Di lantai paling atas museum, ada Hall of Fame yang memamerkan jersey-jersey terbaru dari timnas Jepang. Trofi-trofi yang diperoleh timnas Jepang juga terpajang di museum ini. Tiap tahun, pihak pengelola selalu memperbarui koleksi museum ini.

Baca juga: 5 Wisata Asyik Dalam dan Luar Negeri buat Penggemar Bulu Tangkis

Komentar