24.Jun.2015

5 Ragam Kuliner Cirebon yang Menggugah Selera


Rasanya tidak lengkap jika berplesiran tanpa icip-icip kuliner khas daerah tersebut, khususnya bagi pecinta kuliner Nusantara. Salah satunya adalah Kota Cirebon dengan beraneka-ragam kuliner kaya rasa yang menggugah selera. Berikut 5 kuliner Kota Cirebon yang sayang untuk dilewatkan:

0
0
0

1. Sate Kambing Muda Mang Mul

Terdapat di Jalan Raya Plered, sesuai namanya daging yang digunakan adalah daging kambing muda. Walau tanpa direbus, daging akan terasa empuk dan gurih di lidah. Ada dua jenis bumbu yang dapat dipilih, yaitu bumbu kecap ditambah dengan potongan cabe rawit, tomat dan bawang merah, selain itu ada bumbu kacang yang sangat kental namun rasanya yahud. Banyak juga yang mengkombinasikan kedua bumbu kecap maupun kacang, semua tergantung selera.

2. Nasi Jamblang Mang Dul

Sega Jamblang atau dalam Bahasa Indonesia Nasi Jamblang adalah salah satu makanan khas Cirebon yang konon berasal dari sebuah nama desa di sebelah barat kota Cirebon (Desa Jamblang, Cirebon). Ciri khas panganan ini adalah menggunakan daun jati sebagai bungkus nasi dan cara penyajiannya prasmanan. Nasi Jamblang Mang Dul sangat ramai selain karena rasanya nikmat letaknya pun strategis. Nasi Mang Dul terdapat di Jl. Ciptomangunkusumo No. 4 Gunung Sari, Cirebon. Buka dari pukul 06.00 sampai habis dengan menu paru, sambal goreng, tahu-tempe goreng, sayur, pepes, perkedel, dan lain-lain

3. Empal Asem Amarta

Rumah Makan Amarta terkenal dengan menunya empal asem. Berbeda dengan empal gentong, empal asem disajikan dengan kuah bening dengan irisan daging, daun bawang, belimbing wuluh dan tomat. Aroma empal asem membuat perut keroncongan karena aroma yang sangat menggoda tersebut berasal dari daun salam, daun serai dan macam-macam rempah serta taburan bawang goreng. Rumah makan Amarta terdapat di Jalan H. Juanda atau yang lebih di kenal Jalan Raya Plered yang merupakan jalur utama transportasi dari Jakarta atau pun sebaliknya dan buka dari jam 08.00 sampai dengan 22.00 wib.

4. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H. Apud terletak tidak jauh dari Rumah Makan Amarta yang berada di Jalan Raya Plered. Daerah tersebut merupakan asal muasal kuliner empat berasal. Walaupun namanya empat gentong tetapi kuliner ini lebih mirip dengan masakan gulai daging. Biasanya pengunjung empal gentong H. Apud bisa memilih isian empal gentong berupa potongan daging atau jeroan berupa limpa, paru, hati, usus dan babat. Empal gentong nikmat disajikan dengan nasi hangat atau pun lontong ditemani dengan sate kambing muda.

5. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot berasal dari Ciledug, sebuah Kecamatan di Kabupaten Cirebon. Yang unik dari kuliner ini tidak hanya dari segi rasanya tapi dari segi penyajiannya juga. Piring tahu gejrot berasal dari tanah liat dan berwarna hitam kecoklatan lalu dimasukkan irisan tahu kemudian diberi bumbu cair serta irisan cabe ulek. Tahu Gejrot Adi adalah salah satu dari sekian banyak tahu gejrot lezat di kota Cirebon yang terdapat di Lemaheungkuk dekat Pasar Kanoman.

Photo source by Barry Kusuma

Komentar